Friday, August 24, 2012

Resep Pisang Ijo

Selama aku kuliah di Malang, kan kadang suka kangen sama makanan khas Sul-Sel tuh, jadinya kadang sampe hunting kuliner ke sana kemari. Nah lho pas lagi kepengen banget makan es pisang ijo, ternyata banyak juga PKL yang jualan makanan itu tuh di pinggir-pinggir jalan sekitar kampus Unibraw dan kampusku sendiri, UMM.

Daripada ntar aku nangis, maka mampir lah aku beli es pisang ijo di tempat yang biasanya temenku juga beli di situ. Kata temen sih lumayan enak rasanya ketimbang yang laen. Ya udah akhirnya aku nyoba mampir ke UMM bookstore, eh beli buku dulu ding, habis tuh, aku ke depan bookstore, ada si mbak dengan gerobaknya yang jualan es pisang ijo. Tet tooot..ya udah, beli seporsi harganya Rp.3500,-. Yaah lumayan lah rasanya. Aku juga sering beli di situ karena aku yakin dengan rasanya tapi kalo sekarang ini udah ditutup alias gak jualan lagi, entah mungkin karena gak dibolehin jualan di depan toko buku kampusku or other reason. Eiya, dan yang lebih penting lagi aku mah belinya gak pake sirup karena aku punya sirup khusus yang kubawa langsung dari Parepare, namanya sirup DHT pisang ambon dan hanya didistribusikan ke daerah sulawesi selatan aja. Kalo pake sirup laen sih boleh-boleh aja tapi bagi kamu-kamu yang sering makan pisang ijo di sul-sel pasti bakal ngerasain kualitas dan cita rasa yang aneh kan kalo sirupnya beda merk. Heum, selain itu, kalo di parepare khususnya, di sini tuh kalo orang bikin pisang ijo gak pake es tapi dibikin anget suam2 kuku gitu jadi pas dimakan, bubur kuahnya itu gak pecah dan masih fresh.

pic by google

Lebih parahnya lagi di Malang kok banyak banget variasi toping dan rasanya. Ada yang dikasih essence durian lah, coklat lah apa laah, trus ada yang kuahnya tuh kayak bubur pecah, jadi dikentalin banget trus kalo dimakan kecampur es jadinya pecah. Ckckck, so bad. Makanya kudu selektif bagi kamu-kamu, mahasiswa/i, bapak2, or ibu2 yang mau hunting es pisang ijo, jangan sekali-kali beli es pisang ijo yang dijajakan di kaki lima soalnya kalo salah beli bisa-bisa yang ada malah dapet rasa basi dan kecampur sama pewarna non pangan. Hiiih sereeem. Kalo bisa cari resto yang khusus menyediakan hidangan kuliner dari sul-sel (kalo kepengen masakan sul-sel).

Niih aku bagi resepnya deh, biar aman jadi lebih baik bikin sendiri aja ya di rumah masing-masing.

Bahan-Bahan utama (takaran bahan sesuai selera yaa) :

  • Tepung beras
  • Pisang raja yang udah tua yang udah dikukus terlebih dahulu (kalo pisang lain gak enak)
  • Garam
  • Air daun suji
  • Air 
  • Pasta pandan atau kalo mau tradisional pake daun pandan trus diblender dan disaring airnya

Bahan Saus:

  • Tepung terigu
  • Santan
  • Gula pasir
  • Daun pandan sebagai penambah aroma
  • Garam
Bahan pelengkap:
  • Sirup DHT Pisang Ambon (kalo pake sirup lainnya gak papa sih tapi sirup DHT ini memang pasangan asli resep pisang ijo)
  • Sagu mutiara yang udah direndam dan dicuci dan direbus (untuk toping)
Cara membuatnya:
  1. Pertama, siapkan pisang raja yang tua(jumlahnya sesuai selera), dikukus terlebih dahulu sampai matang.
  2. Buat bahan kulit dengan cara campurkan bahan-bahan utama di atas (tepung beras, air, air daun suji, garam dan pewarna). Diaduk hingga mendidih. Dinginkan terlebih dahulu.
  3. Setelah adonan dingin, olah hingga kalis (tidak menempel di tangan), lalu diambil sedikit2 kemudian ditipiskan dengan menggunakan roll silinder (biasanya dari kayu, atau bisa juga pake botol sirup yang berbentuk tabung kalo gak punya roll).
  4. Kemudian balutkan adonan kulit tersebut hingga menutupi seluruh bagian pisang.
  5. Setelah itu, kukus adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit.
  6. Buatlah bahan saus dengan mancampur semua bahan yang ada.
  7. Hidangkan di mangkuk dengan diberi toping (terserah sih as your pleasure, tapi biasanya pake sagu mutiara aja) lalu siramkan sirup DHT sebagai penambah rasa/pemanis secukupnya. Boleh pake es boleh juga dimakan pas lagi anget-angetnya.
Nah itulah resep pisang ijo-nya. Selamat memasak dan mencicipi^^

10 comments:

  1. Mantap pokoknya,jadi pingin nyobain

    ReplyDelete
  2. eh mbak dienda, hehe iyya mbak coba aja buat d rumah drpd beli blm tentu enak..ntar klo udah mateng, kirim nang omahku yo hehe

    ReplyDelete
  3. siip okeee capcusss to blogwalkin' waaah jadi ngiler nih ntar lihat resep marie ^_^ :D

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya pisang itu banyak manfaatnya, salah satu manfaat pisang untuk kecantikan yang bisa jadi alternatif kecintikan herbal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap RIGHT pisang juga bagus bagi yg lagi program diet sehat, gak cuma pisang aja sih, semua buah2an nice dan memiliki manfaat masing2 :) terima kasih sudah mengunjungi sobat KRIUKers :)

      Delete
  5. Mbak...bahan bubur nya pake tepung terigu?nggak pake tepung beras??aku pernah dibikinin sama orang makassar pake tepung beras bahan ..bahan kulit pisangnya dikasih tepung beras ketan mbak...trus disini ada syrup tjampolay rasa pisang susu warnanya merah...pas banget kalo buat pisang ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sesuai selera aja sih mbak ada yg bikin pake tepung terigu ada jg pake tepung beras tapi ada juga yg bikin pake tepung beras dan tepung terigu.

      sirup tjampolay? wah baru denger saya, hehe, biasanya kalo sirup emang enaknya pake sirup pisang, mungkin di tiap daerah beda kali ya namanya tapi klo di sini biasa pake DHT pisang ambon :)

      Delete
  6. Kalau yang d Manado, sirupnya asli nggak ya. Tapi makan es pisang ijo di Bandar Lampung (kota asal saya) n d Manado (tempat merantau sekarang) aja rasanya jauh beda. Klo di BDL banyak pake sirup cocopandan gitu, sementara di Manado sirupnya lebih wangi, rasanya lebih enak. Seger banget...

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.