Thursday, December 20, 2012

AYO KUDU RAPI

Masih inget postingan tentang 10 Kriteria Pribadi Muslim???

Nah ini nih salah satunya: Muslim/Muslimah itu urusannya kudu rapi.

E eh ini terlepas dari "otak kanan-kiri" lho ya, biasanya orang otak kanan itu langsung ACTION dan orang yang dominan otak kiri itu biasanya TER-SCHEDULE. Nah, baiknya kudu BALANCE. "Kanan-kiri" kudu seimbang.

Kenapa urusan seorang muslim/muslimah kudu rapi??


Nih ya, di ilmu psikologi bilang bahwa kemampuan konsentrasi manusia itu hanya mampu bertahan dalam waktu maksimal 15 MENIT. Catet ya, LIMA BELAS MENIT. Nah, ketika seseorang dituntut untuk mengerjakan DUA HAL atau lebih dalam waktu berjam-jam dalam satu waktu sementara daya konsentrasi normal hanya 15 menit, jadi penting untuk membuat SCHEDULE agar segala urusan yang bejibun dan kudu diselesaiin dalam waktu sehari itu bisa terkendali.

Bagi orang yang mudah lupa, wajib bikin semacam BUKU AGENDA. Semua urusan/kepentingan/tugas baiknya dicatet aja di buku AGENDA-nya biar kalo lupa, AGENDA-nya lah yang ngingetin.

Kalau untuk orang yang memang mempunyai daya ingat yang kuat dan sudah terbiasa mengerjakan tugas multi dalam satu waktu, apalagi yang jam terbangnya tinggi tetep kudu bikin AGENDA juga. Tidak menutup kemungkinan, suatu waktu dia bisa saja kelupaan walau itu hanya hal-hal sepele.

Nah, kalau ngerjain sesuatu juga jangan asal SERUDUK :D hehe. Kalau dalam penyelesaian tugas ini banyak macamnya juga sih. Nih:
-Selesaikan dulu mulai dari yang paling mudah diselesaikan hingga yang paling berat.
-Selesaikan mulai dari yang paling urgent/priority namun jangan sampai hal-hal sepele juga ikut diabaikan sebab bisa jadi justru hal-hal sepele itu yang sebenarnya paling urgent, contoh kecilnya "menali sepatu", itu kan hal yang sepele toh? Kalo sampe lupa ditali, waaah 'kan bisa bahaya juga kalo tahu-tahu pas lagi jalan keinjek terus kesandung, jatuh, lecet deh!

Nah, ini juga nih: kalo dapet tugas kelompok yaa kudu diselesaikan secara berkelompok bukan sendiri, kecuali kalo memang tugas itu sifatnya individual. Banyak yang suka ngeluh, Ah aku 'kan orangnya individualisme banget. Iiiih SOMBONG BANGET YAAA!!! Gak boleh gitu ya. Ini jugamenyangkut profesionalisme dan performance saat bekerja/,mengerjakan sesuatu. Udah berkali-kali dikasih tahu bahwa manusia itu adalah MAKHLUK SOSIAL, masih juga berkelit pengen jadi orang ter-INDEPENDENT yang gak butuh orang lain. No, No, No! Bedakan antara apa saja yang butuh TEAM dan apa-apa yang INDIVIDUAL, jangan sampe kebalik!


Dan, untuk yang skala besar, selesaikanlah lebih dulu tugas yang menyangkut kepentingan ORANG BANYAK (dengan catatan, tugas itu memang menyangkut kepentingan khalayak).

Nah, udah jelas kan. Jadi rapi itu gak cuma di BADAN (alias pake pakaian/dandan). Soal URUSAN juga sebaiknya DIRAPIKAN agar gak membingungkan diri sendiri serta orang lain.

Bagi yang udah terbiasa rapi, pasti tahu manfaatnya, dijamin insyaAllah urusannya gak bakalan kusut.

Itu ya.

Ada masukan lain? Silahkan berkomentar. InsyaAllah, kita sama-sama belajar.

Ngaku muslim/muslimah? SUDAHKAH  MERAPIKAN  URUSANNYA??

^___^


No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.