Friday, January 4, 2013

AFEKSI, EMOSI ATAU MOOD?

Apa bedanya Afeksi, Emosi, dan Mood?

Nah, terkadang masih banyak individu yang keliru mengartikannya.


Berikut ini secuil uraian perbedaan dari ketiganya yang pernah aku peroleh dari dosen favoritku (waktu kuliah dulu):


Afeksi: nada perasaan (bagaimana kita merasakan sesuatu), hanya dirasakan di 'dalam' namun tidak melibatkan aspek biologis. Akan tetapi dapat menimbulkan ingconruency (ketidaksebidangan).


Emosi: suasana hati (respon yang terjadi setelah merasakan sesuatu), melibatkan aspek biologis dan durasi kemunculannya pendek/singkat.


Mood: ini juga sama merupakan suasana hati (respon yang terjadi setelah merasakan), melibatkan aspek biologis dan durasi terjadinya biasanya panjang/lama, bisa dalam hitungan hari, bulan hingga tahun).


Nah, berikut ini contoh ilustrasinya:



Dalam afeksi, ada yang namanya flat affect (afek datar). Yang begini biasanya adalah kategori "orang palsu" atau "orang represi (suka menekan/memendam sesuatu)" sebab afeknya berfungsi namun emosinya tidak berfungsi. Misal: temannya meninggal tapi dia tidak mau menangis, bisa jadi menutup-nutupi kesedihannya dan bisa juga karena tidak respect pada temannya sehingga tidak ikut merasa sedih.


Kalau emosi itu, kenapa dikatakan melibatkan aspek biologis? Maksudnya seperti ini, contoh: orang yang marah, wajahnya berubah merah. Atau contoh lainnya seperti empati (bisa merasakan) atau simpati (larut dalam perasaannya).


Kalau mood, biasanya ini seringkali timbul tenggelam, kadang mereda kadang pula memuncak dan bila sudah di tingkat gangguan (disorders), ada yang namanya Mood Disorder. Gangguan mood itu ada berbagai macam, antara lain Episode Depresi Mayor, Manic Episode, Hypomanic Episode, dan Manic Depressive. Biasanya ini onset-nya sekitar 2 minggu-an bahkan bisa terjadi hingga bertahun-tahun (kalau sudah parah).


Nah, sekarang sudah bisa ngebedain kan?


Jangan keliru lagi ya! ^_^


Sumber: Diagnostic Criteria From DSM IV ( Pubushed by Amercan Psychiatric Association (APA) ) Washington. DC.

4 comments:

  1. Mbbaaak, keren nih, bagi ilmu banget. btw, kapan-kapan posting ttg mcm2 mood disorder dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh hehe,,makasih mbak Aya :) insyaAllah kapan2 posting lg tp mgkn nggak minggu ni dulu hehe..

      Delete
  2. mbak, blognya bagus, penyampaiannya juga sederhana dan pake bahasa 'manusia' yang mudah dicerna. kebetulan saya mhs yg lagi belajar psikologi. sy rasa blog seperti ini akan mempermudah saya mencerna teori2 pikologi. hehehe tetap berkarya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih :)

      iya lah masa pake bahasa tumbuhan :D

      sip ^^ semoga sukses ya kuliahnya

      Delete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.