Wednesday, March 13, 2013

12 PRINSIP MENENTUKAN TUJUAN HIDUP

 

semangat_back_to_college_by_rockability_dsg-d4azayq

Hari ini mau review isi bukunya Sang Motivator Muslim Dunia—> Dr. Ibrahim Elfiky.

Dalam menentukan tujuan, ada 12 prinsip yang diangkat oleh Dr. Ibrahim Elfiky. Di antaranya adalah sbb:

1. Tentukan keinginan Anda dengan baik

Kalo punya tujuan hidup, rancang tujuan itu dengan pengetahuan yang sempurna dan catatan yang jelas. Seperti halnya ketika kita ingin naik pesawat, tentu kita terlebih dahulu menentukan alur tujuan ke mana kita akan pergi dengan pesawat itu. Setelah itu memesan tiket penerbangan sesuai tujuan kemudian merencanakan hal lain berikutnya.

Jangan hanya karena harus melangkah, kita langsung bergerak kilat untuk sampai ke tujuan yang belum pasti. Sikap kayak gini nih, hanya akan menyia-nyiakan waktu dan perjalanan pun nggak akan berguna.

 

2. Realistislah

Bayangin deh bila ada seseorang yang kedinginan trus duduk di depan tungku api unggun sambil berkata, “Kasih aku kehangatan dong, ntar pasti bakal kukasih kayu bakar dan kunyalain dengan korek api ini.”

Hahahah absurd… Mana bisa tungku api unggun itu tiba-tiba nyala kalo nggak dimasukin kayu bakar dan dinyalakan lebih dulu.

Ucapan kayak di atas itu sangat nggak masuk akal,  nggak realistis. Meskipun tujuannya itu udah ditentukan dengan baik bahwa dia butuh kehangatan, tetapi langkah untuk memperoleh keinginannya itu salah dan tidak realistis.

3. Ambisi

Ambisi ibarat bensin yang menjadi bahan bakar penggerak motor kendaraan. Ambisi ibarat oksigen yang ngehidupin tujuan agar hidup di alam nyata. Tanpa ambisi, tujuan itu akan hampa dan mati. Jadi, Anda harus punya ambisi untuk mengejar apa yang menjadi tujuan itu. Ambisi yang gak bakal padam oleh tekanan orang lain bahkan oleh tekanan dari diri sendiri.

4. Hidupkan Tujuan itu

Bayangkanlah tujuan itu seolah nyata dan benar-benar terjadi. Proses membayangkan ini merupakan perpaduan antara pikiran dan nurani, Oleh karena itu, upayakanlah diri Anda agar senantiasa menghidupkan tujuan tsb dalam imajinasi. Hal ini akan membuat tujuan itu tertanam lebih kuat dalam akal batin serta memberikan kekuatan dan keberanian untuk mewujudkannya.

Dalam ilmu metafisika, akal itu kayak magnet. Ketika akal melihat pemiliknya berhasil mewujudkan tujuannya walau hanya khayalan, ia akan menarik segenap jiwa dan anggota tubuh agar membantunya untuk mewujudkan tujuan itu menjadi kenyataan.

5. Ambil keputusan

Buatlah keputusan untuk mewujudkan tujuan itu sedini mungkin, jangan ditunda. Katakan keputusan ini pada orang-orang terdekat Anda agar mereka juga mendukung dan membantu Anda.

6. Catat tujuan itu

Tujuan yang tidak tercatat itu memang indah namun hanya akan menjadi angan-angan. Sedangkan tujuan tertulis merupakan kenyataan. Brian Tracey mengatakan, “Dengan pena dan kertas sesuatu bermula.”

Secara sederhana, ketika menggenggam pena itu berarti Anda telah membuat diri untuk benar-benar bekerja. Hal ini adalah bagian dari kekuatan manusia. Kekuatan itu adalah kekuatan fisik di mana tangan mencoba merumuskan tujuan serinci mungkin dan kekuatan akal di mana pikiran Anda sibuk dengan tujuan itu. Dengan demikian, tujuan itu akan terus terngiang sampai benar-benar terwujud.

7. Tentukan deadline

Bayangin kalau pertandingan sepakbola tidak ada batas waktunya. Tentu nggak ada tujuan yang tidak punya deadline. Memberi batas waktu untuk tujuan sangat penting namun harus didasari dengan realistis dan sesuai kadar kemampuan Anda. Contoh: nggak mungkin kan kalo seseorang yang ingin membangun sebuah rumah harus selesai hanya dalam waktu satu minggu, begitu pula dengan memasak menu makanan hari ini nggak ada orang yang memasak makanan untuk hari ini tapi dikerjakan sampai tahun depan. Hahaha.

8. Sadari potensi diri

Pahami potensi yang Anda miliki dan apa yang dibutuhkan. Potensi itu ibarat perangkat yang akan membantu Anda untuk mewujudkan tujuan. Kenali apa yang menjadi passion Anda kemudian hadapi dan hindari dengan cermat segala sesuatu yang menghambat potensi tersebut.

9. Pelajari berbagai kendala

Ingin meraih sesuatu tentu akan selalu ada rintangannya. Kesuksesan itu nggak datang dengan mudah. Sukses hanya milik orang-orang yang punya kemampuan bertahan dan memiliki pandangan jauh ke depan. Ia nggak akan menyerah pada kesulitan yang meradang. Itulah gunanya kemampuan. Kemampuan diri digunakan untuk menyingkirkan dan memusnahkan berbagai hambatan tersebut.

10. Maju

Langkah pertama pasti selalu sulit. Semua orang pasti butuh pendorong yang kuat untuk memulai pekerjaan. Untuk mewujudkan tujuan itu, maka mulailah langkah pertama dan singkirkan segala keraguan. Langkah pertama yang Anda ambil akan menjadi bukti kekuatan demi meraih apa yang Anda inginkan.

11. Perbaiki rencana Anda

Sebelum Anda melakukan perjalanan, maka bekali diri Anda dengan segala informasi yang memadai agar tidak menghabiskan waktu dan tenaga sia-sia. Contoh: bila Anda ingin pergi ke kota Bali melalui kota Surabaya dengan segera, Anda tentunya akan memilih jalur perjalanan yang lebih cepat agar segera sampai di tempat tujuan. Anda harusnya memastikan dan menghitung waktu tempuh dari berbagai jalur terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi. Kalau Anda berangkat dengan jalur darat, Anda tentu akan menghabiskan waktu sekian hari baru tiba di Bali. Tentunya Anda sadar bahwa menggunakan jasa penerbangan tentu lebih menghemat waktu dan tenaga, bukan?

12. Konsistenlah

Zig Ziglar berkata, “Orang sering gagal bukan karena kurang mampu, tapi karena tidak konsisten.”

Thomas A.Edison nggak mungkin bisa menemukan lampu bila ia tidak konsisten dalam berusaha dan melewati berbagai percobaan. Disney Land, Kentucky dan sebagainya tentu tidak akan saat ini bila mereka tidak bangkit dari kegagalan yang berangsur-angsur terjadi.  Namun, dengan konsistensi mereka bisa meraih hasil yang membawa mereka menjadi luar biasa.

 

Sudahkah hari ini kita merancang kegiatan untuk meraih tujuan hidup kita?

Sudahkah Anda melakukan berbagai hal di atas untuk mewujudkan tujuan Anda?

Hari ini, aku sudah menyicilnya satu persatu. Bagaimana dengan Anda?? Smile

1 comment:

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.