Tuesday, April 30, 2013

GET WELL SOON FOR ME

Sebenarnya mulai Minggu sampai Selasa ini sedang kurang enak badan. Tidur malam nggak berkualitas, kaki cenat-cenut, kepala pusing dan badan rada error. Awalnya dipicu oleh munculnya sariawan tepat di ujung kiri belakang lidah. Rasanya sakiiiit banget, nggak bisa ngomong, makan minum pun tak enak. Selang sehari setelahnya, badan panas dingin. Kemarin saja, tidur tiga kali. Pagi habis dhuha tidur dan siangnya juga tidur. Malam tadi makin tak enak. Karena nggak bisa pewe lagi tidurnya jadi dipake shalat malam. Pas nunggu subuh, badan makin nggak keruan, udah mau pingsan rasanya waktu shalat subuh tadi.

Paginya, jam lima tadi habis shalat di kamar Mama (karena disuruh tidur di kamar Mama selama Bapak pindah ke Malang) langsung naik ke lantai dua (ke kamarku). Di kamar, kunyalakan bantalan heat physiotherapy dan kutempelkan ke seluruh area yang sakit, terutama perut dan kaki. Emang nggak boleh tidur habis subuh kan ya, tapi berhubung benar-benar nggak enak badan ditambah merasakan sensasi terapi panas, jadinya kebawa tidur satu jam. Karena hari ini ada jadwal ngajar, makanya kusempatin tidur sebentar untuk memulihkan badan. Alhamdulillah, tadi pagi bisa berangkat ke kampus meski cuaca sedang kurang kondusif di luar (panas dan angin kencang).

Jadi ingat sama dokter. Kalo tanda-tanda mau sakit, mau flu atau pas lagi sakit, usahakan untuk makan lebih dari porsi yang biasanya, minum air mineralnya juga dilebihkan dan tidurnya juga usahakan minimal 8 jam sehari. Cara-cara ini sudah kupraktekkan. Makan, mau sebanyak apapun porsinya, toh badanku emang susah untuk "besar". Kalo dokter sih bilangnya "bakat kurus". Itu disebabkan karena orang yang bakat kurus, makan sebanyak apapun nggak bakal gemuk karena proses metabolismenya lah yang sangat cepat, pemakaian energi dari makanan yang dikonsumsi pun sangat cepat. Yaa, hasilnya seperti aku. Mau makan dua atau lima piring dalam sehari pun nggak bakal ngaruh. Mungkin karena posturku juga yang cenderung tinggi makanya aku masih saja dibilang kurus. Paling, kalo lagi sakit gini, berat badan ada di kisaran angka 54 atau 53. Kalo sakitnya berminggu-minggu, bisa turun jadi 52 (nah bener dah kayak batang pohon kering penampakanku haha). Tapi, BB normal biasanya kalo nggak 56 ya 55, paling mentok tuh 58 atau 59. Sedangkan tinggiku 165cm. Tapi, orang-orang masiiiiiih aja bilang kurus. Susah yaah, jadi orang tinggi plus metabolisme cepet itu.


Semoga hari ini bisa sembuh. Makan yang banyak, istirahat yang cukup dan tetap ngerjain tugas kampus. Habisnya paling males nunda kalo masih bisa dikerjain.

Semoga temen-temen diberikan kesehatan ya. Jaga pola makan dan tidurnya. Ubah gaya hidup dari yang gak sehat menjadi sehat. Emang bener loh, kesehatan itu MAHAL HARGANYA. Kesehatan itu adalah nikmat yang sangat besar. Kalo sehat, kita bisa beraktivitas, bisa jemput rezeki, bisa beramal shaleh. Kalo sakit, biayanya itu loh yang repot.

3 comments:

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.