Sunday, June 2, 2013

ATURAN BARU DALAM MEDITASI

"Meditasi mana boleh di tempat ramai apalagi di trotoar! Meditasi kan harus butuh tempat sepi. Zaman sekarang, tempat-tempat sepi yang adem ayem saja susah mencarinya."
Coba bayangkan saja bila seseorang yang tinggal di kota-kota besar seperti New York yang kita ketahui bahwa kota tersebut dijuluki kota yang tidak pernah tidur, penuh keramaian sepanjang hari sepanjang malam. Lalu, bagaimana bisa mereka yang tinggal di kota megapolitan seperti itu dapat melakukan meditasi dengan rileks dan tenang? Banyak orang mungkin berpikir bermeditasi memiliki aturan yang rumit, misalnya harus di tempat yang hening, di tempat yang khusus, waktu yang tepat, harus begini, harus begitu, dan banyak harus lagi. Namun Adjie Silarus menyederhanakan semua itu dengan menyesuaikannya dengan kehidupan modern. Seperti yang Anda ketahui, Adjie adalah seorang meditator muda dengan teknik yang bernama “Sejenak Hening”.

Gebrakan baru yang digarap oleh Adjie ini membuat orang-orang menjadi familiar dengan yang namanya meditasi. “Jika ada aturan yang mudah, kenapa harus mengikuti yang sulit?” tanya pria yang selalu tampak tenang ini ketika tengah mengobrol bersama Indscript Creative.
Kemudahan-kemudahan tersebut dibuat Adjie Silarus untuk menyebarkan gelombang damai yang dapat dirasakan setelah berlatih meditasi. Menurut Adjie, meditasi dapat dilakukan di mana pun Anda berada, tidak harus di tempat hening. Anda dapat melakukannya di keramaian sekali pun. Meditation on the street atau bermeditasi di jalan adalah salah satunya.
pic from we Adjie Silarus

pic from web Adjie Silarus
Selain itu, Adjie mengatakan, “Meditasi dapat dilakukan sambil duduk di lantai dengan posisi bersila, atau sambil duduk tegak di kursi, dengan punggung tidak bersandar, kedua kaki menyentuh lantai, dan kedua tangan di atas paha atau lutut, bahkan meditasi juga bisa dilakukan sambil berdiri.”

“Ketika Anda menunggu video yang sedang diunduh dari internet sedangkan sambungan internet sedang tidak bersahabat, maka lakukanlah meditasi saat itu juga agar pikiran Anda tetap tenang,” demikian Adjie menambahkan. Bahkan, meditasi dapat dilakukan walaupun dalam waktu yang sangat singkat, yaitu satu menit. Misalnya dengan latihan sejenak hening selama 1 menit setiap hari. Ketika berkumpul bersama keluarga untuk makan malam, sempatkanlah untuk bermeditasi bersama selama 1 menit di ruang makan sebelum atau sesudah makan malam.

Adjie menambahkan, “Fokuslah pada pernapasan. Bernapas adalah kebutuhan primer manusia. Dengan teknik bernapas, mengajak kita untuk menyadari proses menghirup dan menghembuskan napas agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita.” Aturan-aturan baru tersebut sangat mudah untuk diikuti. Lakukanlah sekarang juga di tempat Anda berada. Jangan ditunda-tunda lagi untuk bermeditasi.

“Jika Anda ingin menenangkan pikiran, jauh dari stres, selalu merasa damai, bermeditasilah dengan sejenak meluangkan waktu untuk hening. Ajaklah orang terdekat Anda untuk bermeditasi bersama agar semuanya merasakan kedamaian dalam dirinya. Dan perlu diingat bahwa dengan bermeditasi, secara tidak langsung Anda telah menyebarkan kedamaian untuk dunia ini,” ujar Adjie.

Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.