Wednesday, July 31, 2013

SUMATRAN ELEPHANT: MY CUDDLY FRIEND

Malam ini senang sekali. Pas mau ngambil kapas buat ngobatin sariawan di kamar Mama, ahaa… saya menemukan harta karun yang teronggok di lemari bagian bawah. Pas saya ambil dan lihat bungkusnya eye catching cuma ada tulisan maskapai Garuda Indonesia-nya. Saya pikir, itu souvenir hadiah waktu Mama atau Bapak naik Garuda atau apalah saya juga tadi kurang dengar, ehehe… Open-mouthed smile

Taraaa…. ternyata isinya itu boneka imut dan menggemaskan… Ini penampakan bungkusnya.

Tuesday, July 30, 2013

RINDU N 2254 BR

DSC04838mio hitam ini adalah hadiah dari Bapak saat memasuki semester dua kuliah dulu, sekitar tahun 2008. Begitu banyak kenangan yang saya lalui bersama si Mio yang kadang saya sebut “Yomi” ini.

SI CEWEK BANTAL

Pagi ini lihat FTV di RCTI judulnya “Cowok Bantal”. Sebelumnya saya mau ketawa dulu, hehehe… Open-mouthed smileKira-kira di dunia nyata ada gitu cowok yang “mentil” seperti karakter yang dimainkan Esa Sigit pagi ini???

Eh tapi… ngomong-ngomong soal “bantal” nih, saya punya bantal baby warna ijo ukurannya memanjang kayak guling. Bantal itu kubeli waktu mau berangkat KKN Juli 2011 lalu. Belinya di swalayan murah “Sardo” di Malang, gak sampai 20 ribu. Sepulang KKN, saya selalu “manja-manjaan” sama tuh bantal, apalagi saat saya keluar dari rumah tante dan memilih untuk tinggal di kontrakan bareng temen-temen lain.

Sunday, July 28, 2013

MELIHAT WAJAH SAAT BERJABATAN TANGAN ITU PENTING

Tiga setengah tahun saya meninggalkan tanah kelahiran menuju Malang. Sepulangnya ke sini, saya seperti tidak punya teman bermain lagi seperti waktu kecil dulu. Ketika kecil dulu, kami semua selalu bermain bersama. Tapi, setelah satu per satu dari kami (anak-anak BSP) sudah ada yang bekerja bahkan ada pula yang bersuami, hubungan itu terasa hambar. Apalagi, saya sekarang sudah tak seperti dulu lagi alias jarang sekali keluar rumah, kecuali kerja atau hal penting lain.

PENTINGNYA KECERDASAN SPIRITUAL

Pagi ini baca buku dari Ustadzah Afifah Afra lagi yang berjudul "And The Star Is Me". Saya tertarik lagi dengan lembaran yang berisi kalimat berikut

Kecerdasan emosi yang berbasis pada otak, hanya akan membantu seseorang sukses di dnia, tetapi tidak di akhirat.

Saturday, July 27, 2013

BANNER GIVEAWAY


cek cek cek... tes.. tes... bentar lagi akan ada pengumuman giveaway kecil-kecilan dari saya, ditunggu yaa...

Friday, July 26, 2013

TOLONG JANGAN MEROKOK DI PEKARANGAN MASJID!

by cigarretsreporter.com
Saya tidak habis pikir, kenapa sih masih adaaa aja orang merokok di bulan puasa begini. Sudah beberapa hari tarwih di masjid kompleks dan tiap jeda khutbah, pasti saya selalu mengendus aroma tajam rokok dari beranda masjid. Kenapakah? Pelampiasan gitu ya? Apa gak ada tempat lain selain masjid? Kalau mau merokok ya jangan di teras masjid dong, mending di hutan aja sono. Benar-benar sangat mengganggu ketentraman lahir dan batin saya yang benci rokok.

Thursday, July 25, 2013

HARGA DAGING TINGGI, I DON'T CARE!!

(Maaf, biasanya saya suka pajang gambar, tapi karena temanya daging, maaaaf sekali, tak ada maksud melecehkan daging, tapi saya tidak suka, terima kasih :))

Dari tempo.co.id, saya membaca bahwa harga sapi saat ini turun hingga satu juta rupiah per ekornya. Sementara itu, harga dagingnya justru masih melonjak tinggi dikarenakan harga sapi-sapi itu sebenarnya masih fluktuatif, belum stabil sepenuhnya. Hal ini juga sempat memicu amarah di benak Presiden SBY beberapa pekan lalu.

Di lain hal, beberapa bulan belakangan marak terbongkar kasus impor daging yang melibatkan Fathanah dan "wanita-wanita cantik" yang menerima uang cucinya. Heuu, saya memang tidak begitu tahu banyak apalagi berminat dengan dunia perpolitikan. Namun, kalau nonton berita seringkali melihat tayangan yang ituuuu lagi... ituu saja... maka telinga saya mulai "panas".

Wednesday, July 24, 2013

POTRET ORANG PINGGIRAN DI TRANS 7

Tadi, saya sempat menyimak tayangan Orang Pinggiran di Trans 7. Dari sekian episode yang sering saya lihat, baru hari ini saya betul-betul memerhatikan tayangannya. Hal itu dikarenakan potret orang pinggiran yang diangkat tadi mempunyai seorang anak yang mengalami gangguan mental.

Nenek Entas, panggilannya, adalah seorang penjual daun pisang dan pemulung sayuran di kebun orang. Usianya sudah sangat renta namun masih rajin bekerja. Suaminya telah meninggal dan dia memiliki dua orang anak yang juga bernasib serupa dengannya. Salah satu anaknya, Parman, berusia 60 tahun. Kata Nek Entas, sejak kecil Parman mengalami gangguan mental namun dia sendiri tidak tahu apa jenis gangguan tersebut. Meski begitu, Parman telah menikah dan mempunyai anak. Parahnya, Parman kurang mampu untuk bekerja secara mandiri dan tidak pernah mau bicara sehingga hingga saat ini beliau masih tinggal dan merepotkan Nek Entas, sementara isterinya justru tinggal di kampung sebelah dan tidak bekerja. Biasanya, dia hanya membantu Nek Entas untuk memulung (memanen) sayuran milik warga yang meminta tolong pada Nek Entas.

Tuesday, July 23, 2013

IRONI HARI ANAK NASIONAL

Selamat HAN (Hari Anak Nasional) 23 Juli 2013!  
by republika.co.id

Hari ini Indonesia mengangkat tema "Indonesia yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai Dari Pengasuhan Keluarga". Tema tersebut masih ada hubungannya dengan psikologi karena ada kata pengasuhan.

Menanggapi tema tersebut, saya pribadi masih bertanya-tanya, apakah Indonesia bisa konsisten dengan tema itu? Mengingat sekarang makin banyak kasus "salah suai/asuh", kasus kriminalitas anak maupun berbagai problema kekerasan serta ketidakadilan anak yang terjadi. 

APA BEDANYA PSIKIATER DENGAN PSIKOLOG

Baru saja saya BW ke blog seorang psikiater. Beliau memposting tentang perbedaan antara psikiater dan psikolog. Benar apa yang dikemukakan beliau bahwa dewasa ini masih banyak masyarakat awam bahkan sarjana psikologi yang salah dalam mengartikan "psikiater" dan "psikolog".

Oke, langsung saja...

Siapa itu Psikiater?
Secara dasarnya, psikiater adalah seorang DOKTER. Psikiater adalah seseorang yang mengambil konsentrasi spesialis ilmu kejiwaan. Tentunya harus lulus pendidikan dokter umum dulu, lalu melanjutkan studinya dengan bekerja minimal 4 tahun di rumah sakit khususnya di poliklinik spesialis kedokteran maupun spesialis psikiatri. Nantinya, mereka akan diuji oleh Kolegium Psikiari tempat di mana mereka praktek. (sumber: http://infopsikiater.blogspot.com/2010/04/kemana-lebih-dulu-psikolog-atau.html )

Monday, July 22, 2013

PSIKOLOG DAN DOKTER?

Jangan heran jika saya juga suka banget baca artikel atau apapun seputar "kedokteran". Dulu, saya memang bercita-cita jadi dokter tapi malah disasarin Allah ke psikologi, hehe :D.

Dulu, saya pikir psikologi itu hanya kumpulan ilmu sosial. Eh... ternyata, tidak hanya itu. Saya malah senang sekali saat ada mata kuliah klinis, abnormal, patologi anak dan patologi dewasa. Ya, saya lebih condong (baca: suka) dunia psikologi klinis. Sebab, psikologi klinis itu juga ada hubungannya dengan kedokteran (kedokteran jiwa/psikiatri tentunya). 

DRAFT NOVEL KEDUA FINISHED

Alhamdulillah, puji syukur pada Allah yang masih memberikan kesehatan dan pemikiran yang jernih, hehe.
Alhamdulillah minggu lalu, tanggal 15, draft novel kedua sudah selesai. Sekarang, masih didiamkan dulu di memori Fujitsu. Kemarin dan tadi pagi sudah nyoba untuk mengeditnya. Insyaallah, setelah teman-teman pambaca draft saya sudah selesai bacanya, akan segera saya tawarkan ke penerbit.

Draft novel kedua ini, menurut saya jauh lebih keren daripada draft novel pertama saya yang ngambil 70% kisah nyata tentang roman. Draft novel kedua ini menurut saya insyaallah lebih berbobot karena banyak pengetahuan terkait industri gula, perkebunan tebu di Indonesia, mengenai cara dalam menyikapi masa lalu yang pahit dan beberapa suntikan rohani keislaman.

Sunday, July 21, 2013

JANGAN TAKUT MENGHADAPI RASA TAKUT

"RASA TAKUT BUKAN UNTUK DINIKMATI, MELAINKAN UNTUK DIHADAPI"

QUOTES TODAY

by google
Kebanyakan klien yang datang saat konseling, pada awalnya akan mengatakan bahwa mereka sudah mencoba untuk mengungkapkan apa permasalahan mereka, apa yang mereka pikirkan dan rasakan terhadap orang-orang terdekat mereka. Namun, sering terjadi, saat konseling, klien mengatakan bahwa semua orang yang mereka tempati curhat dapat "mendengar" namun tak ada yang "mengerti".

Thursday, July 18, 2013

UNHAS BUKA JURUSAN PSIKOLOGI

Saya baru tahu kalau UNHAS sudah membuka fakultas Psikologi. Jurusan tersebut baru dibuka pada tahun 2012 lalu. Walaupun terbilang baru, namun jurusan ini masuk dalam 10 besar jurusan dengan peminat terbanyak di Unhas. Namun, berbeda dengan kampus lain, fakultas Psikologi di Unhas ini masih berada di bawah fakultas Kedokteran. Sayangnya, pada saat berdiri, fakultas Psikologi Unhas hanya menerima 65 MABA melalui semua jalur SNMPTN 2012.

Tuesday, July 16, 2013

STOP BULLYING!

pic by news.detik.com
Bullying?? Apakah teman-teman blogger pernah di-bully atau bahkan mem-bully??

Percaya atau tidak, saya pernah merasakannya. Pahit, sakit hati, kesal, emosi dan seluruh perasaan negatif berkelindan menjadi satu. 

Bullying, sebenarnya apa sih artinya? Kalau secara harfiah, bully berarti menggertak atau mengganggu dan menyakiti orang lain yang lebih lemah. Sedangkan, kata bullying kemudian dipakai untuk menunjukkan perilaku agresif seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan berulang kali guna menyakiti, menindas seseorang atau sekelompok orang yang lebih lemah, baik secara fisik maupun batin, di kehidupan nyata bahkan di dunia elektronik seperti dunia maya dan alat telekomunikasi. Target bullying itu biasanya cenderung menembak sasaran yang lebih lemah dari orang yang mem-bully. Dan, yang paling sering terjadi adalah, bullying disebabkan oleh adanya penyalahgunaan terhadap kekuasan atau kekuatan yang dimiliki dan adanya ketidakseimbangan antara kekuatan para pelaku dan korban.

REZEKI HARI PERTAMA RAMADAN

Posting telat, baru beli pulsa modem ^_^
Well, alhamdulillah... ramadan itu memang membawa berkah. Tepat Zuhur, saya dapat telepon dari kajur kampus, disuruh segera ke kampus untuk terima honor dan SK ngajar semester depan.

Tuesday, July 9, 2013

GALAU RAMADHAN

Ini adalah ramadhan pertama tanpa Bapak. Eh... bukan kenapa-kenapa. Hanya saja Bapak kan sudah pindah duluan ke Malang, jadi ini kali pertamanya (setelah dua tahun yang lalu juga saya puasa sendiri) dengan anggota tidak lengkap begini. Mana Wulan minggu ini udah mau balik ke Malang lagi, mau kuliah, diantar lagi sama Mama (aku tidak jadi mengantar sekaligus nyusul ke sana, karena masih ada tanggungan sama kampus di sini). Jadi, untuk beberapa hari ke depan, puasa sendiri di rumah, sepi, apalagi kalau adekku Yugo ikut sama Mama, hadeuuuh ya sendirianlah saya seperti ngekos saja.

Sunday, July 7, 2013

PSIKOLOG JUGA....

Psikolog bukanlah dukun paranormal yang bisa kau datangi untuk melihat masa depanmu
Psikolog bukanlah heroik yang selalu ada saat kamu butuh dan selalu bisa mengatasi segala kesusahanmu
Psikolog bukanlah tong sampah yang bisa kau tumpahi dengan berbagai macam barang tanpa memfilternya terlebih dahulu
Psikolog bukanlah penyihir yang bisa menyihir hidupmu menjadi lebih baik atau lebih susah sekehendakmu

Saturday, July 6, 2013

MY DREAMS CAME TRUE

Hidup saya seperti tengah berada di belantara mimpi. Sebagian besar mimpi yang pernah datang dalam tidur saya, hampir seluruhnya kenyataan. In my entire life, I never expected that all my dreams comes true.

Sulit dipercaya??? Saya pun merasakan demikian. Tapi itulah kenyataannya. Apa saja mimpi saya yang kenyataan itu? Banyak. Yang paling berkesan dan membekas ada beberapa, antara lain:

HADIAH NOVEL BANG IWAN SAMPAI

pic from owncollection

Alhamdulillah... Maaf baru posting sekarang. Alhamdulillah udah nyampe hadiahnya dari hari Senin sore kemarin, tepat saat saya mau keluar sama adek ke swalayan. Pak JNE datang bawain hadiah ini.

Wednesday, July 3, 2013

DELIVERY CINTA

By: Paresma Elvigro

credit from 123rf.com

“Nenek, hati-hati ya kalau menyeberang. Di sini ramai sekali,” ujar seorang gadis bertopi sembari menuntun nenek pemulung ke tepi trotoar.

Lengkingan klakson yang dijulurkan pada dua insan penyeberang jalan semakin mengudara seolah membangunkan pepohonan yang masih terbuai dalam hawa dingin. Mentari seperti malu menyapa daratan semests padahal waktu telah menunjukkan pukul 09.25 WIB. 

Monday, July 1, 2013

SEMUA DITANGGUNG TUHAN

By: Paresma Elvigro

pic.by: bisniskeuangan.kompas.com


“Maaf, Pak. Apakah sudah diurus, Pak?”

“Belum, Dik.”

“Lalu, kapan bisa diambil?”

“Masih harus diurus ke Dewan. Jadi, belum bisa dipastikan.”

Matanya lesu, berair. Kakinya terasa berat saat meninggalkan ruang bertuliskan ‘Kepala Jurusan’. Laki-laki bertubuh jangkung itu mulai terasa sesak ketika menuruni anak tangga yang terhubung menuju ruang guru dan kelas-kelas di lantai bawah.