Sunday, July 7, 2013

PSIKOLOG JUGA....

Psikolog bukanlah dukun paranormal yang bisa kau datangi untuk melihat masa depanmu
Psikolog bukanlah heroik yang selalu ada saat kamu butuh dan selalu bisa mengatasi segala kesusahanmu
Psikolog bukanlah tong sampah yang bisa kau tumpahi dengan berbagai macam barang tanpa memfilternya terlebih dahulu
Psikolog bukanlah penyihir yang bisa menyihir hidupmu menjadi lebih baik atau lebih susah sekehendakmu


Psikolog juga manusia biasa yang kebetulan dititipkan secuil kemampuan berbeda denganmu
Kemampuan untuk menjadi pendengar yang paling baik dari lainnya
Kemampuan untuk menjadi pendengar yang paling sabar dari lainnya
Kemampuan untuk menjadi pendengar yang paling tangguh dari lainnya
Kemampuan untuk berempati pada apa yang dirasakan oleh orang lain
Kemampuan untuk melakukan training analisis perusahaan dengan lebih cermat, detil dan terstruktur
Kemampuan untuk menjadi ahli klinis setara dengan psikiater
Kemampuan untuk memahami anak-anak didik yang memiliki kebutuhan khusus
Kemampuan untuk menganalisa dan mengobservasi dalam dan luar dirimu
Kemampuan untuk melakukan interpretasi secara hati-hati dan bijaksana
Kemampuan untuk menegakkan perlindungan atas hak asasi kemanusiaan
Kemampuan untuk memahami bahwa kau adalah seorang pria yang sangat rasionalistis
Kemampuan untuk memahami bahwa kau adalah seorang wanita yang sangat sensitif
Kemampuan untuk memahami bahwa kau adalah seorang anak kecil yang butuh perhatian lebih besar
Kemampuan untuk memahami bahwa kau adalah seorang anak remaja yang labil dan butuh diarahkan
Kemampuan untuk memahami bahwa kau adalah seorang dewasa yang hendak memulai menjajaki berbagai tantangan hidup yang lebih nyata

Tapi, psikolog juga manusia
Bisa marah, tapi tak boleh diluapkan
Bisa menangis, bila kau menyakitinya
Bisa tertawa, bila kau menghiburnya
Bisa tersenyum, bila kau menghargainya
Bisa bersedih, bila kau membencinya
Dan bisa-bisa yang lain...

Tapi, psikolog juga manusia
Bisa jadi dia baik atau harus berpura-pura baik demi orang lain
Bisa jadi dia jahat atau harus berpura-pura jahat demi orang lain
dan lainnya

Tapi, psikolog juga manusia
Bisa berkata benar juga bisa salah
Bisa bertindak benar juga bisa salah

Tapi yang jelas, psikolog juga manusia
Sama-sama punya dosa, tidak luput dari kesalahan dan mungkin juga berasal dari belantara masa lalu yang kelam

Ya, psikolog juga manusia
Hanya saja, dia diberikan kelebihan dan juga perlu menciptakan standarisasi kelebihan

Psikolog harus menguasai empathy, authentic dan regard/respect

Tapi, meski begitu, psikolog juga manusia....

And, I wanna be a nice clinical psychologist... aku ingin menjadi psikolog klinis yang baik
Entah kapan terwujud, tapi insyaallah impian itu akan terus menyala dalam dada ini
-----

4 comments:

  1. hooo...
    Psikolog ya?

    kalau seorang psikolog pun punya masalah jangan lupa untuk dibicarakan dengan psikolog lain. hohoho

    Semoga terwujud ya Amin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) kalo saya baru lulus S1 psikologi jd blm resmi dipanggil psikolog insyaallah pengen lanjut hehehe

      yaa kalo kami sesama org psikologi cm manusia biasa, klo ad mslh jg kdg curhat sm tmn yg lain kok

      aamiin

      Delete
  2. heey mbaa, harus panggil mba paresma atau mba yanuarti atau apa nih? :)
    salam kenal mba, saya pembaca baru mba yang benar-benar suka dengan tulisan mba, dan suka dengan dunia psikologi. :)
    so, keep write tentang psikologi ya mba, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay juga :D

      call me Emma aja.

      alhamdulillah kalo suka hehe jadi terharu saya

      insyaallah mohon doanya bisa istiqomah ^^

      Delete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.