Wednesday, July 31, 2013

SUMATRAN ELEPHANT: MY CUDDLY FRIEND

Malam ini senang sekali. Pas mau ngambil kapas buat ngobatin sariawan di kamar Mama, ahaa… saya menemukan harta karun yang teronggok di lemari bagian bawah. Pas saya ambil dan lihat bungkusnya eye catching cuma ada tulisan maskapai Garuda Indonesia-nya. Saya pikir, itu souvenir hadiah waktu Mama atau Bapak naik Garuda atau apalah saya juga tadi kurang dengar, ehehe… Open-mouthed smile

Taraaa…. ternyata isinya itu boneka imut dan menggemaskan… Ini penampakan bungkusnya.

 

PIC062

Sumatran Elephant. Pas saya bolak-balik kardusnya, di situ tertera tulisan “Cute Cuddly Friend”. Oooh, saya baru ngeh, jadi ini toh yang namanya boneka adopsian kek yang pernah saya lihat di TV.

PIC063

Saya baca biodata si Sumatran Elephant nih. Nama latinnya Elephas maximus sumatranus. Salah satu subspesies dari Gajah Asia dan merupakan binatang asli Sumatera, Indonesia. Sejak 1986, hewan ini termasuk sebagai hewan yang terancam punah karena populasinya turun hingga 50% selama tiga generasi terakhir. Nah, Survei terakhir menunjukkan populasi Gajah Sumatra ini hanya sekitar 498 ekor, sementara di Taman Nasional Way Kambas hanya sekitar 180 ekor. Pada tahun 2004, Taman Nasional Tesso Nilo yang cukup luas diresmikan di Riau untuk melindungi dan melestarikan Gajah Sumatra ini.

Kasihan juga ya. Sad smile Begitu banyak keanekaragaman Indonesia yang terancam punah. Salah satu penyebabnya adalah ulah tangan oknum yang tidak bertanggung jawab. Ada saja Gajah yang kemudian diburu, ditembak mati kemudian diambil gadingnya. Beberapa bulan lalu, saya juga melihat berita di TV, ada seekor Gajah yang tersesat masuk ke desa orang sampai disiksa, lalu ada pula Gajah yang dibiarkan mati membusuk terendap lumpur dan baru dievakuasi setelah berminggu-minggu. Sad smile

Mungkin, dengan adanya boneka adopsi ini bisa dibilang sebagai simbol untuk membantu pelestarian si Gajah Sumatra yang hampir punah. Kalau yang pernah saya lihat di TV, ada toko-toko souvenir tertentu yang memajang cuddle friend seperti ini di sebuah keranjang. Bagi pengunjung yang bisa berbelanja dengan nominal tertentu, maka dia juga akan mendapatkan boneka adopsi ini. Satu boneka adopsi ini sama nilainya dengan sekian jumlah uang yang nantinya akan ditukarkan oleh si pemilik toko untuk disalurkan ke event yang memang untuk membantu suatu program tertentu. Ada juga sih yang menjual cuddle friend, kemudian uang hasil penjualannya langsung disalurkan untuk membantu program-program tersebut.

Lucu ya ^^. Si Elephant ini sekarang sudah jadi boneka adopsi saya Smile dan insyaAllah akan saya rawat seperti boneka saya atau bantal ijo saya, hehehehe Rolling on the floor laughing.

Mari selamatkan Gajah Sumatra ^^, selamatkan keanekaragaman fauna dan flora Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.