Wednesday, October 30, 2013

SUMPAH PEMUDA SEJATI, MESKI JOMBLO TETAP SYAR'I

Ini saya lagi share tulisan dari mantan murabbi kami sewaktu tutorial idealis di LISFA (rohis fakultas saat kuliah dulu) sekaligus mantan ketum LISFA, Abah Teguh Zudan Fathoni. Ini saya ambil dari status FB beliau yang kece habis. Ini diambil dari web dakwatuna.com juga.

"Pemuda Sejati, Meski Jomblo Tetap Syar’i "


Pemuda sejati, meski jomblo tetap syar’i…
Shalat lima waktu ditepati. Sedekah rutin tiap hari. Dengan orangtua sepenuh bakti. Membantu orang lain sepenuh hati. Meluaskan manfaat, ciri jati diri. Perannya sungguh berarti, selalu dinanti.


WANITA DAN MAHAR

"Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah (ringan)." HR Al-Hakim

Wanita yang shalihah adalah yang paling ringan maharnya. Namun, melihat potret masa kini, begitu banyak standarisasi mahar yang tidak jarang menjadi masalah bahkan penghalang bagi seorang pria untuk melamar. Contohnya saja di beberapa daerah di Indonesia yang masih kental akan adat istiadat soal pernikahan. Mereka tidak segan-segan mematok mahar yang melambung tinggi apalagi yang punya strata sosial yang tinggi di masyarakat. Bahkan, tidak jarang pula kita dengar celetukan bahwa mahar yang tinggi itu disamakan seperti transaksi jual-beli (karena anak perempuan yang menjadi istri sama saja 'dibeli' oleh seseorang yang akan menjadi suaminya). Heumm... saya amat tidak setuju dengan paradigma ini sekalipun itu adalah tradisi adat. 

KEPRIBADIAN ITU TAK MUDAH DIUBAH

ureport.news.viva.co.id
Judul ini saya peroleh saat membaca salah satu tweet teman. Kepribadian seseorang sangat sulit untuk diubah, bahkan setelah menikah

Berbicara mengenai kepribadian. Kepribadian itu terdiri dari komponen: Sifat, Sikap, dan Karakter. Jika ditanya, manakah komponen yang sulit untuk diubah? Jawabannya tentu saja sifat. Kenapa? Sifat itu adalah permanen atau menetap dalam kepribadian seseorang dan menjadi ciri khas yang jarang dimiliki oleh orang lain. Sifat inilah yang biasanya menjadi tolak ukur dalam skala atau alat-alat tes psikologi.

Tuesday, October 29, 2013

PROPOSAL SUCI

Kertas putih ini hendak diisi oleh apa?
Dan aku bingung memikirkan kata pertama yang tepat untuk memulai menulisnya
Kutatap sejenak dengan perasaan campur aduk
Kutatap hingga mataku lupa berkedip
Kutatap hingga tak sadar, waktu berlalu begitu cepat
Kutatap lagi... lagi dan lagi...
Dan, kini, aku tahu apa yang akan kutulis di atasnya

"Proposal Suci"

Inilah proposal suci
Mengisinya tak semudah menulis pengajuan beasiswa
Menulisnya tak semudah menulis CV lamaran kerja
Menulisnya tak semudah menulis puisi cinta

TERAPI UNTUK FOBIA SOSIAL

Postingan ini lanjutan dari Fobia Sosial, di sini dijelaskan mengenai terapi yang sesuai untuk mereka yang mengalami gangguan fobia sosial. Berikut penjelasannya :).

Terapi Fobia Sosial

GANGGUAN FOBIA SOSIAL

dontpaniconline.com
Ada yang sering merasa ketakutan berhadapan dengan orang banyak/berada di tengah-tengah keramaian? Ada yang takut dan was-was berlebihan saat berinteraksi dengan masyarakat di lingkungannya? Ada yang  takut bergaul sampai menarik diri dari lingkungan dan terus mendekam di dalam rumah seorang diri? Waspada gejala Fobia sosial ya... Berikut ini saya berikan ulasan mengenai Fobia Sosial dari salah satu jurnal yang saya baca. Silakan disimak ya :)

A. Definisi Fobia Sosial (Social Phobia)

Kata fobia berasal dari bahasa Yunani, phobos, yang berarti

Monday, October 28, 2013

DEPRESI PADA REMAJA

Dalam perkembangan normal pun seorang remaja mempunyai kecenderungan untuk mengalami depresi, Oleh karena itu sangatlah penting untuk membedakan secara jelas dan hati -hati antara depresi yang disebabkan oleh gejolak mood yang normal pada remaja dengan depresi yang patologik. Akibat sulitnya membedakan antara kedua kondisi diatas, membuat depresi pada remaja sering tidak terdiagnosis. Bila tidak ditangani dengan baik, gangguan psikiatrik pada remaja sering kali akan berlanjut sampai masa dewasa.

I. Definisi 

Kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan berkonsentrasi, perubahan pola tidur yang parah, menurunnya energi, ketidaknyamanan fisik, mudah tersingung, serta perasaan sedih , kesal dan tidak berdaya yang ekstrim. 

DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP ANAK

Berikut ini saya lampirkan salah satu jurnal tentang dampak buruk yang diakibatkan oleh perceraian orangtua terhadap anak-anak mereka. Sebenarnya sih dalam Psikologi itu tidak mengenal kata "nakal" pada anak-anak. Tapi, kata nakal ini sudah menjadi kata umum yang sering dipakai. Makanya ada juga yang sering kita dengar seperti "kenakalan remaja" dan sebagainya. Kalau kami biasanya mengganti kata nakal dengan kata "berperilaku menyimpang", kedengarannya lebih formal gitu lah :D hehe.

Yuk, capcus disimak jurnalnya.
---

JURNAL JUVENILE DELINQUENCY (KENAKALAN REMAJA) PADA 

REMAJA PUTRA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUA

Sutji Prihatinningsih

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS GUNADARMA

ABSTRAK

90 HARI MENUJU NIKAH

25621_326879473566_283078173566_3468638_2001712_n

Jangan salah paham dulu ya! Judul ini bukan semacam target pribadi yang hendak saya lakukan, melainkan judul sebuah e-book yang baru saja saya download dari www.menujunikah.com by email.

Well, membaca email e-book bagian pertamanya, saya jadi tahu bentuk proposal menikah itu ternyata seperti itu toh Open-mouthed smile hehehe, semacam CV tapi lebih detil dan hendaknya diisi dengan akurat, ikhlas dan penuh kejujuran terkait segala aspek, baik itu terkait informasi diri pribadi, keluarga, pendidikan, status sosial, ekonomi, agama, budaya dan sebagainya. Haaah, banyak deh intinya.

Sunday, October 27, 2013

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (SPECIAL EDITION)

Alhamdulillah, hari ini, HMJ Komunida STAIN Parepare bersama mahasiswa prodi KPI (Komunikasi) dan BKI (bimbingan konseling) mengadakan PRAKTEK KONSELING sederhana. Yaaa semacam simulasi gitu lah. Hehehe, kesan pertama saya adalah, lucu juga ya praktek konseling bukannya di lab BK atau di kampus, malah di pinggir pantai daerah Suppa :D hehehe. Tapi, alhamdulillah seru banget.

Anak semester 1, 3, 5, 7 hingga semester atas yang belum selesai juga datang. Saya bertindak sebagai pemateri sekaligus dosen pendamping. Huaaa... ya okelah ya, kemarin sore sudah ngisi materi tahapan dan teknik konseling dengan suara yang masih lumayan kedengaran. Naah, tadi pagi sampai sore ini (setelah pulang), akhirnya saya minum jeruk nipis lalu yang keluar malah kayak suara bass (suara cowok). Ini gegara minum pake es batu dua hari yang lalu pas nemenin temen ke pasar itu pasti. Karena kehausan dan gak sempat beli ke tempat lain, akhirnya minum yang ber-es itu. Huhuhu... pagi hari pas bangun ya udah begini.

Saturday, October 26, 2013

PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

Psikologi kepribadian merupakan sebuah cabang ilmu psikologi yang membahas tentang pola-pola, pemikiran, perasaan dan perilaku yang membuat seseroang terlihat unik dari lainnya.

Di Indonesia, psikologi kerpibadian merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang watak dan karakteristik seseorang.

TEORI PSIKOANALISA MENURUT SIGMUND FREUD

Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran yaitu:

a. Conscious (sadar): tingkat kesadaran yang berisi semua hal yang kita cermati pada saat tertentu. Isi dari daerah sadar ini merupakan hasil dari proses penyaringan yang diatur oleh stimulus dan hanya bertahan dalam waktu yang singkat serta segera tertekan ke daerah preconscious dan unconscious begitu seseorang memindahkan perhatiannya pada faktor eksternal yang lain.

DOA KETIKA PUNYA HAJAT

"Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia lahir dan batinku, maka terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui kebutuhanku, maka perkenankanlah permintaanku. Dan, Engkau mengetahui apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah, sungguh aku meminta iman yang selalu mengisi hatiku dan keyakinan yang benar (yang tulus kepadaMu), sehingga aku menyadari bahwa tidak akan ada yang menimpaku selain apa-apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku, dan buatlah diriku rela atas apa yang Engkau tetapkan kepadaku. Wahai Alah, Yang Memiliki Segala Keagungan dan Kemuliaan." (HR Ibnu Asakir dan Thabrani dari Aisyah ra.)

Friday, October 25, 2013

WHAT'S YOUR PASSION?

Passion is when you put more energy into something than is required to do it. It is more than just enthusiasm or excitement, passion is ambition that is materialized into action to put as much heart, mind body and soul into something as is possible.

Everything in the room was a mess, as if a typhoon came through, but her face had the expression of bliss and his of exhaustion and bliss, their sweaty bodies lying twisted together, he heard her wishper, "that was passion!"

Thursday, October 24, 2013

BERHIJAB SYAR'I DENGAN DOBEL PARIS



Assalamu'alaikum... ^___^ 
Berjilbab adalah kewajiban bagi setiap muslimah sebagaimana yang termaktub dalam salah satu surat Alquran yaitu di surat Al-Ahzab ayat 59. Berjilbab akan mempermudah  muslimah untuk dikenali (sebagai identitas para muslimah), untuk melindungi aurat seorang wanita (karena wanita adalah perhiasan), dapat mejadi pelindung diri dari 'godaan' internal maupun eksternal dan jilbab juga dapat menjaga aura kecantikan seseorang. Masih banyak lagi manfaat dari berjilbab itu sendiri.

Wednesday, October 23, 2013

SURAT CINTA DARI EDITOR

Alhamdulillah, terima kasih atas segala nikmat dan karunia-Nya, ya Allah! Kemarin pagi, saat baru ngisi pulsa modem dan baru buka email, rupanya udah ada balasa dari editor tempat saya menawarkan naskah. Di situ tertanggal 29 September, saya "nekad" menawarkan naskah yang sudah tertolak berkali-kali. Hanya saya revisi sinopsisnya serta mengedit EYD lagi. Di luar dugaan, editor mengirimkan balasan lebih cepat, 7 Oktober kemarin. Dan, saya baru membukanya setelah dua minggu sengaja offline lantaran harus mengejar deadline yang dibuat sendiri untuk merevisi total naskah novel yang dulu juga ditolak.

Saturday, October 19, 2013

KEBIASAAN MEMINJAM UANG

Meminjam uang? Rasa-rasanya hampir tidak pernah saya melakukannya. Dipinjami uang? Pernah, malah sampai ditipu dan nggak balik uangnya.

Thursday, October 3, 2013

BABY SITTER DAN INSECURE ATTACHMENT PADA ANAK

Indonesia adalah negara yang sedang berkembang. Perkembangan ini meliputi segala aspek kehidupan. Semakin berkembang, maka tuntutan akan kehidupan pun semakin mendesak untuk segera dipenuhi. Untuk memenuhi segala tuntutan itu, manusia pun menciptakan sarana, prasarana, infrastruktur, jasa, dan ‘ala-alat bantu’ lainnya yang lebih memadai, juga lebih memudahkan. Sehingga, waktu yang banyak tersita untuk dua atau lebih urusan dapat terselesaikan dalam waktu cepat, praktis dan efisien (menurut mereka).

Wednesday, October 2, 2013

PEMENANG GIVEAWAY PSIKOLOGI

ik

Nah sekarang, perhatikan baik-baik ya postingan ini biar gak nyesel. Open-mouthed smileSaatnya mengumumkan pemenang Psychology Giveaway kemarin.

Berikut ini saya posting ulang artikel-artikel yang sudah terdaftar sepanjang agustus-september kemarin.