Thursday, November 28, 2013

LEMBAR KEHIDUPAN



Waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, aku masih ingat hari ulang tahun itu, aku dibelikan sepeda sama Bapak.
Bapak yang ngajarin aku belajar sepeda. Saat itu siang-siang bolong di kompleks depan rumah, beliau ngajarin aku belajar.
Mulai pakai 4 roda, 3 roda hingga sisa 2 roda.

LEBIH PANAS SURABAYA ATAU PAREPARE?

Parepare


Banyak para perantau atau pendatang yang tinggal di Surabaya--khususnya para mahasiswa/pelajar--mengatakan bahwa Surabaya itu hawanya seperti di neraka. Coba sih saya buktikan panasnya kayak gimana? Saya juga sering ke Surabaya dulu. Iya, sering ngelewatin aja maksudnya, hehe... Bolak-balik Sby-Mlg... Pernah juga sih ke Surabaya. Waktu itu saya lagi ikut wisata walisongo bareng sama keluarga Budhe dari Malang. Kami bertiga juga sempat ngunjungin Sunan Ampel dan beberapa tempat perbelanjaan di Surabaya. 

Wednesday, November 27, 2013

TERAPI SAKIT HATI

“Lupakan saja dia!”
“Aku harus ngelupain dia. Aku nggak mau ingat-ingat dia lagi!”
Pernah sakit hati karena suatu masalah? Seringkali, kalau curhat, teman-teman pasti nyaranin kayak kalimat di atas. Iya, apa iya? :D 
Di sinetron-sinetron atau film-film apalagi, sering banget kita temuin kalimat kayak gitu. Tapi, tahukah kita? Melupakan memang merupakan cara untuk menghindari sakit hati. Tapi, cara ini justru berbahaya karena melupakan sama dengan melarikan diri dari masalah yang dihadapi cuma caranya lebih halus (Smedes, 1984).

Sunday, November 24, 2013

ANAK ARTIS VS SI PENGACARA, SIAPA YANG SALAH?

google
Mengamati kasus baru yang lagi heboh di Infotainment membuat otak saya jadi gatal pengen ngomentarin juga. Berawal dari kasus yang sebenarnya sudah lama, di mana Farhat seringkali memaki Ahmad Dhani. Bahkan, waktu itu, rumah tangga keluarga artis tersebut sedang di ujung tanduk. Al yang masih belum paham banget, memilih untuk diam.
Lama-kelamaan, kekesalan Al yang tadinya direpresi bertahun-tahun (sejak 2009) mulai meledak bak bom atom. Hingga akhirnya saling meledek. 

Siapakah yang salah?

Friday, November 22, 2013

CATATAN "KRIUK"

"KRIUK"

Kata-kata ini pertama kali muncul di otak saya sejak akhir 2012 lalu, tepat saat menulis buku debut pertama nonfiksi saya (identitas masih dirahasiakan hehehe).

Karena saya dulunya doyan buangeeet ngemil, akhirnya tercetuslah ide untuk mengganti deskripsi blog jadi ikut-ikutan KRIUK. Absurd banget ya.

Kriuk itu semacam "suara" yang berbunyi dari makanan crispy dan crunchy yang saya (dan kamu) makan, ibaratnya makan snack gitu lah. Oh iya... saya hampir lupa. Di iklan Mie Sed** juga

Thursday, November 21, 2013

KEMATIAN TRAGIS TAHUN INI DI BSP

khotbahjumat.com
1 November lalu, lagi-lagi kejadian tragis menimpa kompleks BTN Soreang Permai. Sore itu, saya lagi duduk manis sambil blog walking. Gak tahunya di luar ramai banget. Hehee... sore itu saya rada antisosial gitu, lagi malas keluar-keluar apalagi waktu seminggu full itu saya bed rest karena terserang anemia berat gegara siklus mens yang gak teratur akibat kelelahan di minggu sebelumnya, 

Nah, bukannya keramaian itu mereda, malah makin ramai. Malah ada yang nangis kencaaaang banget. Saya sempat panik sendiri soalnya saat itu Mama masih di Malang dan adek bungsu lagi keluar futsal. Saya tengok dari balkon atas, laaaah.... kok satu BTN pada ngumpul semua di rumah tetangga yang gak jauh di blok depan rumah saya sebelah kiri.

SURAT CINTA DARI EDITOR (NEW)



Setelah beberapa minggu nggak kontak dengan pihak BIP, alhamdulillah tadi malam surat cinta datang lagi. Saat membuka email, nongol nama baru. Kubaca perlahan, oh Mbak-nya ternyata yang ngedit buku saya. Saya pikir editor saya yang kemarin ngasih surat cinta pertama. Rupanya beda job mereka.


Tadi malam, saya bersyukur sekali melihat desain cover buku saya. Ini kali ya yang namanya euforia penulis

Wednesday, November 20, 2013

YUK SAMA-SAMA BERHEMAT!

"elk dubbeltje tweemaal omkeren" (putar koin dua kali sebelum membelanjakannya.

Lagi bingung mau nulis apa di rumah kedua saya ini. Jadi, pagi ini, saya mau curhat aja seputar berhemat. :)

Pagi ini, saya lanjutin lagi revisian novel Spinoza. Sebelumnya, matur nuwun sanget buat Bunda Sari Widiarti yang udah mau ngasih kritikan dan masukan buat draft kemarin. Penolakan terhadap draft yang sebenarnya udah lama kukirim itu membuatku jadi bersemangat untuk belajar lebih giat dan merombaknya menjadi lebih baik lagi.

Karena ada selipan nuansa Belanda-nya, jadi ingat kalau sekarang-sekarang ini adalah musim berhemat bagi saya dan keluarga. Seperti peribahasa Belanda di atas.

Tuesday, November 19, 2013

PRIA ITU...

Dulu, saat pertama kali menyukai seorang teman (teman sekolah beda kelas), sepertinya saya tahu, saya menyukai orang dengan tipe cerdas, punya banyak prestasi, cool dan misterius. :p

Tapi, lambat laun, sejak mulai menemukan Allah, kriteria itu sudah berubah. Tapi, malah dikejar-kejar sama pria "aneh". Mungkin, dia begitu karena penasaran ingin menaklukkan orang yang tidak ingin pacaran seperti saya (Yaaa... karena bukan saya saja targetnya). Ternyata, pria yang lebih dini mengumbar perhatian dan kepedulian itu membuat saya Zzzzz..... ilfil. Ternyata punya secret admirer itu tidak enak, apalagi yang perilakunya suka ngejar-ngejar begitu.

Monday, November 18, 2013

TIPE APAKAH KAMU: INTROVERT VS EKSTROVERT

varinalicious
Dua aspek kepribadian yang berfungsi pada tingkat sadar dan tak sadar yaitu attitude (introversion-ekstraversion) dan function (thinking, feeling, sensing dan intuiting).

Let's to discuss abour attitude. Tunggu! Pasti ada yang bertanya, kok introvert sama ekstrovert masuk dalam kategori ATTITUDE? Jawabannya, emang gitu teorinya, hehe. Ini saya ambil dari teori Carl Gustav Jung ya!

Introvert itu adalah sikap yang mengarahkan pribadi ke pengalaman subjektif, memusatkan diri pada dunia dalam dan privat, di mana realita hadir dalam bentuk hasil amatan, cenderung menyendiri, pendiam (Jung ngartiin pendiam ini sama dengan sikap tidak ramah) serta cenderung antisosial. Umumnya, orang introvert itu senang introspeksi dan sibuk dengan kehidupan internal mereka sendiri. Mereka juga mengamati dunia luar, tapi mereka melakukannya secara selektif dan memakai pandangan subjektif mereka sendiri.

Sedangkan,

Friday, November 15, 2013

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (13)

Ini sebenarnya seri ke-14 tapi, karena salah tulis jadi ya udahlah ini biar seri ke 13 saja. 

kabar24.com
Oh ya, kemarin, saat mengajar di semester satu, ada mahasiswa yang nahan saya saat pulang. Karena di semester satu saya ngajar matkul Bimbingan Konseling, jadi apa lagi niat mereka nahan saya kalau bukan untuk "curhat". 

Sebelumnya juga ada beberapa mahasiswa, baik itu semester satu ataupun semester tiga yang sering konsultasi sama saya. Tapi, masalah mereka standar-standar saja. Dan, kemarin sore, usai kelas dibubarkan, saya dan dua orang mahasiswa (1 cewek 1 cowok) ngetem di koridor depan kelas buat dengerin mereka curhat. Yang cowok cuma nanya saja terkait satu masalah yang belum jelas benang merahnya. Jadi, soal itu gak ada masalah, hanya perlu konfirmasi ke orangnya saja. Lalu, yang cewek ini, ceritanya cukup menyeramkan.

Thursday, November 14, 2013

AKU BELAJAR....


Saat menghadapi klien 
Aku belajar menjadi pendengar yang baik
Aku belajar menjadi penasehat yang bijak
Aku belajar berbagai hikmah dari setiap ujian
Aku belajar bersyukur