Saturday, November 2, 2013

GANGGUAN KESEHATAN MENDADAK

Baru pertama kali ini mengalami masa menstruasi lebih dari 10 hari. Sebenarnya, Kamis kemarin sudah bersih dan shalat, tapi pagi tadi entah kenapa keluar lagi. Kalau untuk siklusnya, alhamdulillah untuk bulan ini tepat waktu sama dengan waktu mens sebelumnya. Tapi nntuk bulan ini (akhir Oktober kemarin), tidak biasanya keluar sedikit-sedikit dan memakan waktu sampai 14 hari. Akhirnya, setelah melewati 10 hari itu, saya terus mandi besar dan tetap shalat. Sore tadi, saya mandi besar lagi lalu shalat lagi. Semoga saja besok, darahnya tidak keluar.
Saya sampai cemas. Ini baru pertama kalinya begini. Sempat googling juga penyebabnya apa, yang muncul malah artikel menakutkan terkait gangguan haid. Dari artikel tersebut, gangguan haid bisa disebabkan karena faktor hormonal, di mana hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang. Nah, di artikel yang lain menyebutkan ada gangguan yang lebih "nakutin" lagi. Semoga saja, saya tidak mengalaminya.

Kemungkinan besar, ini karena kecapaian. Minggu-minggu kemarin, sibuk UTS. Kemudian pasca Mama ikut Bapak ke Malang (Mama pengen jenguk ayahnya yang sakit), jadi saya yang meng-handle semua pekerjaan rumah, ngepel, nyuci, masak dan sebagainya. Ditambah lagi ada kegiatan eksternal kampus (praktek konseling) minggu lalu yang lainnya. Akhirnya, saya melihat wajah saya yang benar-benar pucat, gusi saya warnanya pucat karena kekurangan banyak darah. Anemia, bisa dibilang begitu. Karena darah mens yang keluar lebih dari 3oml (ukuran biasanya), jadinya seperti ini. Tapi, anehnya, saya tidak merasa terlalu pusing kemarin-kemarin itu dan masih ceria dan baik-baik saja. Hari inilah yang menjadi puncaknya. Kepala sangat pusing karena tidak tidur siang, soalnya tadi ikut mengantarkan jenazah tetangga ke TPU dan banyak kegiatan yang dilakukan, belum lagi tidak sengaja menghirup udara polusi (asap rokok) yang terakumulasi dari para pelayat yang datang memenuhi kompleks ini (mana rumah tetangga saya itu di deretan depan rumah dan cukup dekat dengan rumah saya).

Saya berharap, semoga besok-besok, saya bisa total aktif lagi dan cepat sembuh dari anemia akut ini. Sudah mencoba konsumsi obat penambah darah juga, tetap menjaga makan, yaaa... semoga saja bisa lekas sembuh. Semoga saya tidak mengalami gangguan haid yang parah, semoga rahim saya baik-baik saja, semoga ini tidak terjadi lagi untuk bulan-bulan menstruasi berikutnya.
---



No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.