Thursday, December 26, 2013

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (SAD EDITION)

"Mau apa lagi?"
"Apa boleh buat?"
Kalimat-kalimat di atas sering diucapkan oleh mereka yang "masa bodoh" dan cenderung putus asa.

Jujur, semester ini, ada beberapa hal yang membuat saya sedih. Sedih, karena ada beberapa mahasiswa/i yang mengecewakan. Di kelas semester satu, ada seorang mahasiswa dan satu mahasiswi yang menyedihkan. Si mahasiswa sudah tak pernah masuk kelas lagi setelah mengikuti UTS. Dia sempat mengirimkan SMS, memohon untuk diberi izin. Tapi, saya sudah tak bisa menuliskan "izin" karena jumlah alphanya sudah melebihi ambang batas (hehehe lebai tapi serius nih). Akhirnya, dia terpaksa tak bisa ikut UAS.

Tuesday, December 24, 2013

LIMA MENIT DENGANNYA

by paresma elvigro

"Bion..." Matanya melongok tak percaya. Saraf-saraf kakinya sontak mati suri ketika memandangi pendaran cahaya di wajah sosok itu.

Seisi ruang kelas ini mendadak dilingkupi cahaya emas dengan bintang-bintang kecil jatuh berguguran bak salju. Kenya merasa sedang berada di sebuah tempat asing yang keindahannya tak mampu ia kemukakan dengan kata. Sebuah alat peraga anatomi manusia dan beberapa toples berisi organ-organ tubuh hewan yang sudah diawetkan di sebuah meja kuning panjang di sudut kiri Kenya sempat menghembuskan getaran kecil, seolah hidup. Ah, Kenya lagi-lagi berkhayal! Dikedipkan matanya berulang kali.

Monday, December 23, 2013

HIJAB SYAR'I (LAGI)

gantijilbab.com
Saya bersyukur dan sangat bahagia ketika melihat salah seorang teman kuliah saya (yang mana dia adalah seorang ibu rumah tangga plus sosialita) sekarang sudah beralih mengenakan jilbab syar'i, pakai gamis dan jilbab lebar. Subhanallah... semakin cantik saja dia, gumam saya kala melihat foto dia bersama anaknya di FB. 

Friday, December 20, 2013

PERTEMUAN MENDEBARKAN

rumahcurhat
1 Desember 2013 

Masih hujan. Siang jadi basah. Alis Nilon mengerucut, hampir menyambung. Dia masih terpekur dalam lautan kertas-kertas di meja belajarnya. Punggungnya disandarkan ke bantalan kursi. Kedua kakinya diangkat menyilang di atas meja, menjajah kertas-kertas yang sedari tadi menguras emosinya. Tangan kirinya menjepit pinggiran HVS bertuliskan materi kepribadian. Sementara itu, tangan kanannya memutar-mutar pulpen dengan kompulsif. Tulisan itu, dia sendiri yang membuatnya, dicetak dengan huruf besar dan warna-warni. Kepala plontos lonjongnya digoyangkan dari atas ke bawah seraya mengangguk, sekadar memberi pemahaman terhadap konsep Id dari teori psikoanalisa Freud.

Thursday, December 19, 2013

UNTUK MAS GAGAH, CALON PENGHUNI HATIKU


Assalamu'alaikum, Mas gagah...
Entah siapa namamu, tapi izinkan aku menyebutmu Mas gagah, seperti judul novel salah satu penulis favoritku
Mas gagah, apa kabarmu hari ini?
Di kursi ini, di bawah naungan bumi mendung ini, aku tengah merangkai aksara untukmu

Apa Mas gagah baik-baik saja?
Kuharap kabarmu lebih dari baik-baik saja
Semoga hari-harimu tak semendung langit di atas kepalaku ini

Wednesday, December 18, 2013

FIKSI MINI: CINTA GEE

pic by google

Biru, ada lebam di pinggir mata kanannya. Disapukannya dengan hati-hati kapas bermandikan alkohol ke daerah yang bengkak. "Auuugh!" jeritnya.


Jam tangan yang tergeletak miring di meja kecil, di seberang kanan tempat tidur ini berbunyi, mengingatkannya kalau ini sudah pukul enam pagi. Dia tak juga lekas berbenah untuk pulang. Usai mengobati memar di wajah dan leher, dia malah meringkuk lagi di bawah selimut cokelat yang sejak semalam membungkus tubuh kurusnya. 

Tuesday, December 17, 2013

SAAT TAKDIR MEMPERTEMUKAN KITA (LAGI)

Malang berubah sedingin salju. Padahal, hujan hanya turun satu-satu. Konyolnya, aku menghitung rintikan hujan itu dengan gumaman yang cukup cepat. Bodoh! Ya, terkadang aku melakukan hal-hal yang mungkin bagi orang tidaklah bermakna.

Monday, December 16, 2013

TEMAN YANG BAIK

Teman yang baik laksana mutiara terpendam dalam laut
--@de_Paresma--

Pagi ini saya mau bercerita tentang beberapa manusia alias teman saya. Teman yang istimewa bagi saya.

Saya punya sahabat masa SD, namanya Warda. Orangnya cantik, baik dan sejak bertemu lagi sepulang saya dari kuliah, dia terlihat bongsor dari yang dulu. Dulu, dia juga sangat populer layaknya artis. Waktu saya masih kuliah di Malang, dia masih sering menelepon, saya juga masih suka SMS dia.

Sunday, December 15, 2013

KARENA TUHAN INGIN KAMU KONSISTEN

Tidaklah penting berapa kali kamu gagal.
Yang penting adalah konsistensimu
untuk bangkit dari kegagalan
@de_Paresma

-----
Waktu kecil, saya masih terlalu introvert. Tidak punya teman, kecuali tetangga saya yang mana dia pun hanya memiliki saya sebagai satu-satunya sahabat hingga sekarang. Sejak kecil, saya sering di-bully, sering diejek, sering dijatuhkan. Saat duduk di bangku taman kanak-kanak, saya juga pernah dimusuhi teman tanpa sebab.

Saturday, December 14, 2013

KISAH DIANA DAN KIKAN

Bagi seorang anak, mainan mahal memang menyenangkan
tapi, kasih sayang orangtua lebih menentramkannya
@de_Paresma

----

Saat itu dia masih TK. Sebut saja Diana (nama disamarkan). Dia anak balita perempuan yang cerdas, heboh dan menggemaskan. Kakaknya justru kebalikannya, tidak secerdas dia. Dia memiliki orangtua yang super sibuk. Dari Senin hingga Sabtu, ibu dan ayahnya berangkat kerja tiap pukul setengah enam pagi. Ayahnya adalah seorang kontraktor dan ibunya karyawan sebuah pabrik tersohor.

Friday, December 13, 2013

KEBAHAGIAAN KLIEN-KONSELOR

Setelah sekian lama menjadi pendengar buat teman-teman, sahabat maupun klien kenalan baru, membuat saya bersyukur tiada henti. Bersyukur karena dari mereka, saya belajar banyak tentang seluk-beluk kehidupan. Dari masalah-masalah mereka, saya selalu ingat bahwa di atas langit masih ada langit.

Canda, tawa, jengkel, sedih, semua pernah saya alami selama konseling atau curhat dengan mereka. Misi kami adalah kebahagiaan klien, ya itulah tujuan utama sebuah konseling. Makanya, jangan sampe klien datang bawa masalah dengan wajah kusut tapi pulangnya malah makin tertekan. Alhamdulillah itu tak pernah terjadi dan mudah-mudahan saja tak pernah.

Thursday, December 12, 2013

CONTOH TEKNIK SAAT KONSELING

Bagi teman-teman psikologi yang bingung teknik-teknik yang digunakan saat konseling (khususnya face to face), berikut saya kasih lampiran tugas konseling saya waktu kuliah dulu beserta ilustrasi konselingnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya :)

Wednesday, December 11, 2013

LANJUT PROFESI PSIKOLOG ATAU NANTI

Lanjut tahun depan atau tahun berikutnya?????
Pertanyaan ini awal jawabannya sebenarnya sudah direncanakan sejak 2012, tapi Allah menunjukkan jalan lain. Gegara liat infotainment, si Alyssa Soebandono udah S2 di usia 21 tahun, hebat banget ya ( selain itu yaaa dia itu S2 masih bisa sambil syuting dan ngapa-ngapain, enaknya di situ ). But, how about me?

Sunday, December 8, 2013

COMING SOON-CATATAN KRIUK UNTUK SI SINGLE

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, finally, buku ini saya persembahkan bagi kamu-kamu (siapapun itu) yang ada di luar sana. Semoga dapat memberikan manfaat khususnya bagi para muda-mudi muslim yang tengah galau dan dahaga karena status single-nya. Semoga buku ini dapat memberikan kekuatan bagi para single fighter yang masih berjuang mencari dan menanti jodoh idaman, aamiin yaa rabbal'alamiin

----------


Saturday, December 7, 2013

CURHAT SI KRIUK DI MALAM MINGGU

Wait! What time is it?! Udah jam 9 malam waktu Indonesia tengah, tumben saya belum tidur. Iya, dari tadi buka lappy (lagi kangen sama si lappy Zy, udah lama teronggok berdebu). Meski butut dan udah komplikasi sana-sini, Zy tetap sahabatku, sahabat yang selama ini menemani, menjadi wadah torehan tinta elektronik saya.

Malam ini saya mau curhat. Ini bukanlah curhat seorang jomblo yang galau tiap malam minggu. Ini adalah curhat seorang perempuan yang sedari tadi mencari inspirasi untuk tambahan bahan buat nulis buku kedua. 

#19 ANTOLOGI: THE MIRACLE OF HIJAB

Alhamdulillah
Telah terbit antologi yang lamaaaa ditunggu-tunggu dari tahun lalu hehehe



Judul : The Miracle of Hijab

Friday, December 6, 2013

KASUS PEMBUNUHAN AKIBAT GANGGUAN JIWA

Sejak lulus kuliah, saya semakin suka nonton berita di beberapa stasiun TV kayak Metro, TV One atau di Trans dll. Apalagi kalau berkaitan dengan masalah psikologis/kejiwaan. Sekarang pun semakin banyak bermunculan psikolog-psikolog baru yang nampang di TV buat ngasih argumen atau konsep analisa dan solusi (Hmm... saya juga pengen kayak mereka :D hehehe, jadi psikolog terus mejeng di TV hihihi). 

Kalau sore sekitar jam setengah 5, saya biasanya udah makan lagi dan seringkali sambil nonton TV, ngecek ada berita atau tayangan menarik apa nggak. Kemarin sore, saya nonton Menyingkap Tabir di TV One, menguak kasus pembunuhan seorang anak terhadap ibu kandungnya.

Thursday, December 5, 2013

MINTA DIAJARIN BACA PIKIRAN ORANG?

anneahira
Pagi ini, baru-baru saja, saya di-sms sama sepupu yang ada di Malang. 

"Mbak, sampeyan kan psikolog, bisa baca karakter orang, kan?" 

Saya jawab, "Kenapa?"

"Aduh, gak jadi deh, ntar aja, belum siap."


Saya tertawa dalam hati karena lucu, "Membaca karakter seseorang itu gak bisa lewat sms. Tapi harus ketemu orangnya, ngobrol sama orangnya, lihat bagaimana perubahan sikap, perilaku, gaya bicara, kontak mata, dari tulisan tangan dan lainnya. Gak bisa instan dan statis, ntar jatuhnya jadi paranormal."

Monday, December 2, 2013

(FIKSI) SENYUMAN ITU

Aku menuliskan ini bukan karena ingin mengingatmu lebih dalam lagi. Bukan! Saat itu, masih dalam pusaran waktu 2011, tepat saat KKN berlangsung. Walau perasaan ini tak kupendam lagi, walau perasaan ini sudah lama kubuang dari dinding kalbuku, tapi, aku tetap menghormati waktu yang telah sering mempertemukan kita. Pertemuan yang sebenarnya tidak kuinginkan, mungkin kau pun demikian halnya.

Ini adalah jadwal piket pertama di hari pertama tugas KKN. Aku terpilih sebagai orang pertama. Para panitia yang telah menyusun jadwal itu, menyandingkan namaku dengan seorang teman laki-laki bernama Try. Ya. Semua teman laki-laki tak ada yang kukenal, kecuali sosok Randi.

Sunday, December 1, 2013

SINETRON DIAM-DIAM SUKA INGETIN SAMA SAHABAT KECIL

Hehehe... katanya nggak boleh nonton sinetron ya? :D Bisa bikin tua atau bikin cepat galau.... (kata dokter Bram sih). Tapi, saya juga gak sering-sering nonton. Biasanya, saya milih-milih sinetron mana yang kiranya bagus dan gak bikin mellow. Selain itu, saya juga nonton sinetron atau film apapun, biasanya untuk nyari inspirasi buat nulis.
Lihat sinetron DIAM-DIAM SUKA, saya jadi teringat dengan sahabat kecil saya waktu SD. Namanya Sutomo. Anaknya manis, punya lesung pipi, rapi, wangi dan ramah banget.

LEBAI DAN SUKA TEBAR PESONA, WASPADA HISTRIONIC DISORDER

kaskus.co.id
Ada yang merasa suka heboh? Suka tebar pesona? Ada yang lebai maksimal? Ada yang dijuluki “drama queen”? Ada yang suka nyari perhatian atau selalu ingin diperhatikan lebih dari biasanya? Hati-hati gangguan histrionik!
Gangguan histrionik adalah salah satu klasifikasi gangguan kepribadian yang berada dalam golongan Cluster II yaitu ditandai dengan ciri-ciri dramatik, emosional, neurotik, impulsif, erratic (perilaku yang tidak menentu) dan sering melibatkan tindakan antisosial.

SOMATOFORM DISORDER

Adakah yang sering ngeluh merasa punya penyakit berbahaya atau mematikan padahal sudah didiagnosa ternyata nggak ada abnormalitas dari segi medis? Atau, adakah yang sering bolak-balik ke rumah sakit lantaran punya sikap yang terlalu peduli pada kondisi tubuhnya? Waspada gejala somatoform disorder ya!

Apa itu somatoform disorder atau gangguan somatisasi? Gangguan somatisasi adalah gangguan yang bersifat psikologis, tapi tampil dalam bentuk gangguan fisik yang melibatkan pola neurotik atau didasari oleh anxiety (kecemasan).