Tuesday, January 28, 2014

FINALLY 24 TAHUN

Terima kasih untuk semua sahabat yang udah ngasih ucapan milad buat saya dan doa yang sama tercurah untuk kalian ya ^__^

Alhamdulillah sekaligus astaghfirullah karena hari ini usia saya lagi dan lagi berkurang satu menjadi 24 tahun. Kemarin di usia 23, alhamdulillah sebagian besar ujian telah terlewati dan tuntas dengan baik. Pun dengan beragam impian, mayoritas terkabul. 

Di usia 24 ini, kalo ditanya soal resolusi, banyak sih, tapi yang paling urgent biarlah menjadi kotak rahasia saya dengan Allah. Yang jelas di usia ini bisa lebih barokah lagi, ilmu yang diperoleh bisa diamalkan, bisa istiqamah di jalan-Nya dan diberi kesempatan untuk mencicipi amal shaleh lebih banyak lagi untuk bekal ke akhirat kelak. 

Oiya saya juga mohon doanya ya dari teman dan sahabat semua. Besok adik saya yang bungsu akan dioperasi karena usus buntu. Mohon doanya semoga dimudahkan.

Mungkin itu saja yang ingin saya tulis malam menjelang tidur ini.

Sukses selalu untuk kalian semua dan salam hangat dari saya.. mmuuach

GIVEAWAY CATATAN KRIUK+BIRTHDAY

Assalamu’alaikum kawan-kawan blogger se-tanah air … Jumpa lagi di kolom yang selalu ditunggu-tunggu para quiz hunter. Yap, apa lagi kalo bukan GIVEAWAY.


Sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih dan berhubung ini adalah hari ulang tahun saya (pas tanggal 28 ^__^), saya akan membagi-bagikan buku solo perdana saya “gratis”. Eh… tapi gratis yang bersyarat tentunya, namanya juga kuis. 

Monday, January 27, 2014

GANGGUAN ENURESIS

Kalian pasti udah kenal Nunung (pelawak yang maen di OVJ) kan???  Sudah gede tapi masih ngompolan.
Kok bisa ya? Langsung bahas aja ya. Jadi, perilaku ngompolan yang nggak wajar ini bisa menyerang siapa aja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tapi, biasanya lebih sering terjadi/kasusnya lebih banyak terdapat pada usia anak. Nama gangguannya adalah enuresis.

Wednesday, January 22, 2014

KABAR CETAR BUKU #CKUS

Alhamdulillahirabbil'alamin... Puji syukur for My Lord, Allah SWT. Barusan buka FB dan dapat kabar cetar dari editor tersayang. Katanya, buku #CKUS masuk peringkat 145 dari semua penerbit yang artinya penjualannya udah membumi padahal baru dua minggu dilepas ke pasaran.

Wah, saya sampe melotot dan awalnya gak ngerti bacanya. Kukirain peringkat 145 tuuuh jauuuh merosot (karena pengetahuan soal penerbitan emang masih minim sih hehe). Eh, ternyata itu sebaliknya. Udah masuk hitungan aja udah syukur.

Monday, January 20, 2014

WELCOME AT NEW HOME: MALANG CITY

Selamat datang di Malang (again)!! Selamat datang di rumah baru... rumah yang bener-bener baru. Saking barunya, masih banyak kayu-kayu dan tukang. Yang penting dalamnya udah ada tempat buat tidur, makan, nyuci dan mandi.

Friday, January 10, 2014

SEKOLAH INKLUSI (PART 5)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

1.      Kelebihan
Pendidikan Inklusi dalam penyelenggaraannya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pendidikan terpadu atau pendidikan khusus (segregasi) sehingga sangat tepat apabila pemerintah menyelenggarakan dan mengembangkan program ini.

Wednesday, January 8, 2014

SEKOLAH INKLUSI (PART 4)

 HAMBATAN

Dalam menangani anak berkelainan diperlukan keahlian tersendiri karena tidak semua aktivitas di sekolah dapat diikuti oleh anak berkebutuhan khusus (ABK), misalnya ABK dalam penglihatan tak mampu mengikuti pelajaran menggambar atau olah raga begitu pula ABK dalam pendengaran sulit mengikuti pelajaran seni suara dan ABK yang lain perlu penanganan khusus karena keterbatasannya. Maka sangat diperlukan guru pembimbing khusus yang mampu memahami sekaligus menangani keberadaan ABK termasuk di dalamnya memahami karakter dari masing-masing jenis kekurangannya.

Tuesday, January 7, 2014

PERAHUKU MASIH BERLAYAR

"Kapan kamu menikah?"
"Sudah punya calon belum?

Pertanyaan-pertanyaan itu masih terus bercokol dan menghantui sejak lulus kuliah S1 2012 lalu. Saat itu, saya pernah menargetkan bisa menikah tahun 2013 kemarin. Namun, hingga pengujung 2013 kemarin, tampaknya memang belum diperkenankan. Apalagi, ditambah dengan ucapan salah satu pamanku (adik dari Mama). Ketika paman menelepon, beliau berpesan, "Jangan nikah dulu. Ntar aja. Sukses dulu baru nikah ya. Inget loh!" Kalimat itu membuat hatiku retak. Sukses itu banyak definisinya. Tapi, bagiku, sukses itu bukanlah semata-mata memperoleh uang yang banyak seperti persepsi yang kebanyakan orang bangun. Eum... mungkin, aku masih harus berbuat sesuatu agar melihat orangtuaku bangga, once again...

Monday, January 6, 2014

SEKOLAH INKLUSI (PART 3)

 KURIKULUM (KHAS)

Sekolah inklusi merupakan sekolah reguler yang menyatukan antara anak-anak dengan dan tanpa berkebutuhan khusus untuk mengikuti proses belajar mengajar bersama-sama. Saat ini sekolah inklusi telah ada mulai dari tingkat TK hingga SMA, bahkan pemerintah mulai memarakkan dan memilih salah satu sekolah negeri untuk dijadikan sekolah inklusi.

Sunday, January 5, 2014

SEKOLAH INKLUSI (PART 2)

   TUJUAN DAN MANFAAT SEKOLAH INKLUSI

Untuk memudahkan layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) yang keberadaannya menyebar di berbagai daerah pedesaaan atau pelosok yang tidak berkesempatan sekolah di SLB. Memberi kesempatan kepada ABK untuk berintegrasi dengan anak normal baik  dalam mengikuti pendidikan maupun adaptasi dengan lingkungannya sangat diperlukan.

Saturday, January 4, 2014

SEKOLAH INKLUSI (PART 1)

Apa itu inklusi?
Pendidikan Inklusi  merupakan model Penyelenggaraan Program Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dimana penyelenggaraannya dipadukan bersama anak normal dan tempatnya di sekolah umum dengan menggunakan kurikulum yang berlaku di lembaga bersangkutan. 

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (EDISI RESIGN)

Alhamdulillah, selesai juga kewajiban sebagai dosen. Saya memilih resign (nggak perpanjang kontrak) karena mau pindahan ke Malang. Tapi... bukan itu yang mau saya ceritakan.

Kamis kemarin, pagi-pagi saya ke kampus, ngumpulin nilai dua kelas yang saya ajar. Ketika lagi nyatet nilai untuk yang belum disetor, datang seorang Bapak (orangtua mahasiswa) bertamu ke kantor jurusan.

FIKSI: KAMU??

Aku masih termenung di depan layar komputer jinjing, di meja persegi tepat di seberang tempat tidurku.  Jemariku sibuk meremas-remas gamis warna salem yang kukenakan pagi ini. Mataku dibanjiri ketegangan dan rasa penasaran. Kuselidiki baik-baik paragraf yang tertera di kotak email. Tak ada gombalan yang bersumber dari nafsu. Tapi, entah mengapa begitu manis bagiku.

"Aina, apa kamu udah baca?" Seorang perempuan bergamis hijau pupus datang sambil membawa dua gelas cokelat panas. Satu gelas untukku dan satu lagi untuknya.
'Terima kasih," ucapku sambil meletakkan gelas itu ke mejaku lalu buru-buru kututup laptopku. "Eum, baca apa, Mia?" tanyaku tak paham.