Saturday, June 21, 2014

WAHAI WANITA, SELIDIKI SIAPA YANG AKAN MELAMARMU

Minggu lalu, saya sempat menghapus postingan yang baru saya publish. Ya, postingan puisi tentang saya yang hampir saja "dilamar".

Apa yang saya tulis tersebut, setelah saya renungi, bukanlah diri saya yang sesungguhnya. Setelah saya bermunajat pada Allah pasca insiden itu, saya akhirnya sadar. Emma, wake up! Dia bukanlah yang terbaik untukmu. Beruntunglah kau mampu menolaknya dengan keraguanmu!

Ini mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran untuk para perempuan. Sungguh, saya membagikan kisah ini hanya untuk bahan introspeksi dan kewaspadaan bagi teman-teman. Selebihnya, tak ada maksud apapun. Selagi masih bisa menolong diri, kenapa nggak sekalian sharing ke orang lain?


Well, belum lama ini, salah satu kerabat keluarga kami datang silaturahmi ke rumah. Ternyata istri beliau (yang saya panggil Mbah tapi aslinya masih muda), kemudian memperkenalkan saya dengan seorang laki-laki, kenalannya lewat forum BBM. Dari fotonya, saya jamin 1000% bahkan lebih, para perempuan bakal klepek-klepek liatnya. Tapi, saya sudah tak lagi mempersoalkan aapalagi mengelu-elukan masalah fisik. Mau dia setampan apapun, saya tak peduli.

Saat itu, memang saya hanya melihat fotonya. Kedua orangtua juga telah diceritakan oleh kerabat kami itu. Dan, ada sebuah sinyal dari ortu bahwa mereka semacam mulai memberikan izin atau pintu hijau untuk memiliki pendamping hidup (menikah). Ya, saya akui, memang tak pernah didekati oleh laki-laki lagi. Bukan karena kuper atau faktor lain, tapi saya cenderung membatasinya sendiri. 

Bapak saya pun semacam setuju jika saja pria yang mengaku bekerja sebagai pilot itu melamar saya (jika memang saat perkenalan nanti kami cocok). Lalu, saya coba saja bertukar nomor ponsel melalui perantara Mbah muda saya itu. Oke, pria itupun mulai mengontak saya. Berkenalan biasa. Ya, saya jawab. Saya sadar bahwa cara ini kurang baik. Kurang ahsan, meski memang ada Mbah muda saya yang jadi perantara dalam setiap komunikasi kami.

Saya memang belum memasukkan pria itu ke dalam pintu hati. Hanya saya letakkan jauh beberapa meter dari "pintu" hati itu. Saya pun juga tipe perempuan yang amat sulit untuk menyukai, mengagumi apalagi sampai mencintai seorang pria. Akhirnya, saya putuskan untuk menyelidiki sekaligus mengujinya. Ya, sang pilot terdengar sangat serius dan yakin. Dia bahkan ingin melamar dan menikahi saya tahun ini juga jika memang perkenalan kami berjalan lancar. Sebelumnya, saya memang menawarkannya untuk ta'aruf tapi nanti. Namun, karena dia ingin mengajukan cuti untuk bertemu segera, saya jadi sangsi. Semudah itukah seorang pilot mengajukan cuti? Lalu, dia pun menjelaskan syarat cutinya. Ya Rabb, sulit. Tapi, lagi-lagi saya merasa banyak meragu dengan semua hal tentang dirinya, profilnya dan salah satu insiden yang tidak bisa saya ceritakan di sini. Itulah yang menghalangi niat kami untuk bertemu.

Saya pun meminta bantuan pada teman-teman terdekat, curhat kepada mereka tentang masalah ini. Akhirnya, petunjuk Allah pun tampaknya datang. Saya memang bukannya su'udzan, tapi karena keraguan semakin membesar, maka saya sangat yakin, harus waspada terhadap dirinya dan beberapa hal mengenai dirinya yang tampak simpang siur serta tak logis.

Lalu, setelah pembicaraan saya, dia dan Mbah muda saya di telepon berujung kerumitan dan ketidaklogisan dari pihak pria itu. Finally, saya putuskan untuk tidak melanjutkan niat untuk ta'aruf dengannya. Lalu, seorang kakak tingkat yang saya mintai saran untuk menjadi murabbi saya pun menolak. Ya, mungkin inilah pertanda dari Allah agar saya tidak meneruskan dan membukakan harapan terhadap pria itu.

Saya juga tak bisa menilai. Biarlah Allah yang menilai keseriusan dan kejujuran pria itu pada saya awalnya. Dari lidadhnya, mungkin dia boleh berkata jujur dengan menggunakan dalil-dalil Al-Qur'an. Saya terima penjelasannya. Tapi, hati saya tak bisa menerima ketidaklogisan dari pemikirannya tersebut. Kalau memang dia bersungguh-sungguh, tentunya dia tidak akan mungkin memberatkan saya dengan segala macam embel-embel. Hello, ketemu langsung juga belum, kenapa lantas tahu-tahu langsung bahas hal-hal yang sangat gak logis dan riskan seperti itu? (Maaf ya saya tak bisa menjelaskan perkaranya).

Pria itupun sempat bilang memang, kalau tak sanggup, dibatalkan saja rencana ta'aruf ini. Saya jadi berpikir kembali, laah, kok jadi seolah-olah saya yang jadi "terdakwa" yang harus memutuskan segala sesuatunya? Saya awalnya, mencoba ngikutin ke arah mana pemikirannya, coba mengiyakan walau sesungguhnya hati saya benar-benar menolak keras. Saya lelah. Saya pun menyudahi semuanya.

Kemudian, saya diamkan. Saya tak lagi menggubris teleponnya. Mbah muda saya pun mulai mengontak saya dan beliau tampaknya juga sama ragunya dengan saya. Oke fine. Semua udah terbongkar, udah jelas. Ya Rabb, terima kasih kepada-Nya yang telah menyelamatkan saya dari ketidaknyamanan ini.

Nah, mungkin cukup sekian penggalan cerita saya ini. Yang jadi pelajarannya adalah, jangan pernah lupa untuk selalu memasang alarm dan jangan lupa untuk terus istikharah ketika sedang didekati seorang pria atau hendak dilamar. 

Saran saya sih, jangan mudah percaya. Selidiki dulu segala hal mengenai pria tersebut sedetil-detilnya. Jangan sampai ada yang terlewat. Ketika sudah yakin, mungkin kalian bisa meminta untuk bertemu, tapi jangan naruh hati padanya dulu. 

Sebagai perempuan, kita ini bisa jadi terlalu mudah dipengaruhi melalui perasaan. Sebab, itulah kelemahan sekaligus kelebihan seorang perempuan. Jadi, seperti yang pernah saya bilang pada postingan lawas, seimbangkanlah logika dan perasaan kita.

Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk-Nya dan membimbing kita untuk meraih cinta sejati dari-Nya dengan cara yang ahsan, di waktu dan tempat yang tepat. 

Saya tahu, orangtua saya mungkin akan kecewa. Itulah sebabnya, saya tidak ingin menceritakan perkara ini pada mereka agar mereka tidak menaruh harapan terhadap perkenalan saya dengan pria itu yang berujung seperti ini. Bagi, saya, biarlah saja saya yang kecewa di awal, daripada menyesal di akhir. Nggak akan tahu kan kalau misalnya saya tetep keukeuh dalam urusan ini lalu menikah dengannya tapi Allah ternyata nggak ridha. Saya nggak bisa ngebayangin betapa semakin bertumpuknya kekecewaan demi kekecewaan itu nantinya. Saya pun juga tidak ingin membuat orangtua saya kecewa dengan pilihan saya.

Biarlah
Biarlah seperti ini
Saya tak mengapa
Malah merasa bersyukur
Dengan begini, saya dapat belajar
Mungkin kemarin saya sedang kufur, 
makanya Allah memberi ujian pada hati saya lagi
Tapi, sekarang...
berkat keraguan yang besar itu,
saya merasa hati saya sangat lega sepenuhnya
Saya bahagia
Saya harus memperbaiki diri lagi
agar pria yang datang selanjutnya akan lebih baik lagi
dan benar-benar pantas untuk menikah dengan saya
Saya yakin, Allah pasti akan memberikan
jika saya pun mau berusaha

Ya Rabb, lindungilah kami

:)

NB (tulisan di bawah ini saya tulis pada tahun 2016-saat ini):

Mohon maaf untuk postingan ini sudah cukup lama saya posting sejak 2014 lalu, buat semua pihak yang memberikan komentar saya mohon maaf tidak bisa membalasnya semua. Bagi saya, ini sudah masalah lalu yang pada tahun-tahun ini sudah tidak penting lagi untuk saya bahas. Bila di luar sana masih banyak yang menjadi korban atau nyaris jadi korban seperti saya, mohon berhati-hati. 
Saya juga sudah tidak lagi berurusan dengan si penipu sejak postingan ini berlaku hingga tahun 2016 saat ini. Saya tidak punya cerita apa-apa lagi dengan si penipu sejak postingan ini berlaku. Jadi, bila ada yang bertanya lagi, maaf saya tidak bisa menjawab karena saya tidak ingin membahasnya lagi. Sekian terima kasih.

46 comments:

  1. Alhamdulillah...Allah masih menyayangi dan menjaga mbak...hwaiting mbak..insya Allah dapat ganti yang terbaik untuk mbak..

    ^_^

    ReplyDelete
  2. Saya juga baru saja mengalami hal yg hampir serupa mbak... :(

    ReplyDelete
  3. sabar dan sadar... klo udh bgtu kebongkar aslinya...

    ReplyDelete
  4. Nina: pengalaman pertama mencoba menjadi seperti sosok St. Khadijah nawarin ta'aruf duluan namun akhirnya membatalkan dgn masalah yg mentok.. aamiin, you, too ^^

    Rhosa: Iya kah? yang sabar ya, Rhosa :) let's move on, insya Allah ada ganti lebih baik

    Annur: iya, ukh... bukannya ingin berburuk sangka. saya juga gak bermaksud mengatakan bhwa dia bohong atau gimana, namun menyelidiki terlebih dahulu siapa org yg ingin melamar kita itu wajib karena sifat manusia itu sulit diubah. mungkin dia serius, tp tdk seharusnya dgn cara membebani masing2 pihak apalagi nyari solusi yg gak wajar.

    mungkin dia memang baik, tp dari cara komunikasi kami, sy gak bisa terima jika seorang laki-laki men-judge perempuan padahal baru tahap akan ta'aruf.

    ReplyDelete
  5. haha kayak cerita ane :v ane pgn ngajakin para kaum ukhti taarufan tp terkadang ada beberapa mindset wanita yg mengatakan 'taaruf?' bukankah itu untuk org yg serrius atau untuk org yg mau menikah? lantas saya menjawab ya saya memang serius kalau pada akhirnya taarufan ini lancar kita akan kejenjang pernikahan lantas sang wanita seperti terkejut dan tidak menganggap apakah ini benar apakah tidak yap kembali ke individu wanita nya ada yg tau apa itu taarufan atau mau dan ada yg tidak tau atau tau tp malah 'terkejut'

    ReplyDelete
  6. Mba,,mslh to yg sy hadapi skrg..sy brkenalan dgn pria yg mengaku pilot lion air,memang dy slu posting foto.a..dn memberikan id card serta ktp.a..tp yg bkin sy ragu skrg dy akan mengajukan cuti dn meminta sy untk menambhkan kekurangan uang.a untk proses persyaratan nikah..tlg bntu sy mba apkh ne bnr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ga bener mbak. Jgn diladeni lg klo dia menghubungi mbak

      Udh byk yg jd korbannya

      Delete
  7. Sama halnya dgn saya saat ini pria yg mengaku pilot ingin melamar sya dan dia meminta sya mengrimkan ktp dan no rek sya via bbm,,untk persyratan cuti nikah..dan scra otmts gaji dia lgsg msuk rek sya sbgai clon istrinya..dan sya hrus membantu membyar uang pengajuan cuti sbsar 3jt dan pendaftaran cuti 1jt..apakah bnar seperti itu?tlg bntu sya

    ReplyDelete
  8. Wah wah saya juga baru saja mengalami ini mbak. Tapi parahnya saya sudah kirimkan foto ktp saya. Haha parahkan. Habis awalnya dia kelihatan alim banget. Jadi mau nggak mau akhirnya percaya juga deh. Tapi untungnya belum sempet transfer uang atau apapun ke dia. Ngeri. Apalagi dia sampe fotoin ktpnya dia, terus segala macem atributnya dia juga. Akhirnya terjadilah cekcok panjang lebar, yang akhirnya tetap saya yang jadi terdakwa. Dan dia juga ngancem mau nyakitin saya sama keluarga saya. Awalnya sih takut dan bimbang. Tapi akhirnya tetap mutusin hubungan sama dia. Mending jalin hubungan sama yang jelas jelas aja mbak. Yang kita udah tau bener asal usulnya. Terima kasih postingan ini menyelamatkan saya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah berarti byk jg yah yg nyaris jd korban org2 seperti mereka.

      kalo saya waktu itu baru dikenalkan saja. dari awal saya juga sudah tidak yakin, tp just intermezzo aja ngetes apakah dia itu benar baik atau buruk sesuai bisikan hati nurani sy. untungnya waktu itu sy jg langsung cut duluan sblm terjadi apa2 krn hati jg sudah tidak yakin selepas istikharah.

      Allah emang maha baik, alhamdulillah mbak udah lepas dari org2 seperti itu

      Delete
  9. Mbk lok aq br nglamin skrg in, aq bnr" bngung tlg dong bntu aq, aq knal laki" yg ktnya pilot, dia mw ngjuin cuti utk ktm sm aq, dia mnt almt rmhku n nm lengkapku gwatnya uda aq kasih, tp aq ragu ap bnr dia pilot ato pramugara, inisialnya H.P. ap ad yg prnh trtipu oleh org in, mhon bntuanya. bisa hub aq niayeppo@gmail.com, tlg bgt aplg mbk yg bkin blog in yg mw nlg aq aq sgt brtrimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq juga skrg lg mengalami ini.aq kenal ama cwo ini d dunia maya.dia bilangnya pilot dan dia mau serius ama aq.dia minta uang cuti 5jt .tpi aq bilang aq gk pu
      Nya uang segitu.trs tuh cwo bilang klo kmu gk punya uang segitu 1,5jt gk apa2.nanti biar sisanya dia pinjem ama ortunya..tpi hti aq sampai skrg masih ragu dia beneran apa bohongin.soalnya omongannya menyakinkan bngt..Maaf kita bisa curhat gk

      Delete
    2. Hetuato pratama.. ceritanya jg sama. Astaghfirllah

      Delete
    3. mba niayeppo sy kirim email mengenai H.P. Entah org yg dimaksud sama atau bukan, mba bisa bls email dr sy. moga mba cepat melihat pesan ini.aminn

      Delete
  10. wah hampir sm yg dialami oleh tmn sy mba... tmn sy jg dikenalin sm ktnya pilot lion air dan dia ingin mengajukan cuti terus tmn sy hrs transfer uang 5 juta krn tmn sy gak pny uang 5 jt eh jd di turunin menjadi 2 jt. Parah bnget si cowo ini sudah bnyk menipu cewe2 mba. banyak bgt korbannya. nm aslinya Andi Muhammad dia gak pny akun fb. jd akun2 fb yg seliweran adalah palsu yg memakai foto andi muhammad itu. padahal aslinya baik banget dan oknum yg gak bertanggung jawab telah memakai foto nya andi muhammad dgn akun palsu seperti rizal anggara, mohammad fareel, dll jadi berhati2 mba ...

    ReplyDelete
  11. Ya Allah adzab segera penipu ini..dia biadab dan tidak bermoral...karena sudah banyak berbuat kejahatan kepada wanita-wanita yang seharusnya dihormati dan dijunjung tinggi martabatnya..orang yang sedang sakit dan lemah ekonominya tetap dia jadikan korbannya... teman-teman semua tolong aamiinkan..

    ReplyDelete
  12. Wah2 ternyata byk bgt korbannya..tiati skg ini dy masih berkeliaran d jejaring SKOUT dgn ID Radika Anggara..2 minggu yg lalu sy knalan sm dy...tp untungnya sy tdk percaya secara hari gini mana ada pilot cakep cari jodoh d medsos..ampe sy nemuin blog ini jd smakin yakin klo dy penipu. ternyata modus ini udah dr 2014 y n korbannya udah banyak nsempat d tulis d redaksi kompasiana yg temanya scramerr cinta..dy pake id or akun yg beda2 gt..Intinya buat para perempuan yg baik klo pgn dpt calon suami yg baik caranya jg harus dperbaiki..jgn cari d medsos tp minta tlg ortu, teman yg sdh qt knal baik or guru ngaji qt...yg insyallah terpercaya;).

    ReplyDelete
  13. Saya juga alami yg sama dan saya msh di hub dan di BBM dgn pramugara maskapai lion air(ngakux)inisial namax A.F dan A.F ingin bertemu dgn saya dan sya juga di minta untuk bantu pengajuan cuti A.F dan saya juga di minta sejumlah uang yg kata sebagai jaminan dan ntix gaji 2 taon A.F yg blm di ambilx akan msk ke rekening saya dan saya akan jadi jaminan jika A.F melanggar dlm kontrak kerja A.F,saya hrs ikutin prosedurx dan di minta sebagai calon tunangan A.F jika ingin di proses secara tembak saya hrs kirim no rekening saya dan fc KTP saya.....saya niatan ingin laporkan hal.ini ke maskapai lion air dan selidikin A.F ,mkax sampai skrg saya biarkan A.F msh hub saya dan BBM saya agar saya bisa laporkan dan saya ada bukti....

    ReplyDelete
  14. Baru beberapa hari yang lalu adik saya mengalami penipuan ini dengan jumlah 1jt dengan alasan untuk membantu adiknya yg sakit keras dan menggantinya tgl 16 nanti ,dia tidak bisa mengirimkan uang karena terikat dengan pekerjaan mengaku sebagat pilot lion air dengan akun baru I F dan dia bicaranya memang meyakinkan sekali dan saya baru sadar pas saya rajin browsing tentang pramugara dan pilot lion air dan terjawablah sudah ini adalah penipuan saya berteman langsung dengan mas andi di Instagram saya ikhlas tp yg saya heran laki laki ini terus menghubungi dan masih merengek meminta uang dengan alasan yg sama dia tidak tau kalo adik saya sudah sadar .entah apa yg dia pikirkan kenapa melakukan hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelakunya itu bukan Mas Andi. Si pelaku asli itu cuma nyuri foto mas andi dan sengaja pakai foto mas Andi utk akun penipuannya. Mas Andi juga udah confirm kalau dia hanya punya akun IG dan Path, selebihnya nggak.

      saya juga udah pernah sempat liat foto asli si pelaku, entah dia ceroboh mengunggah atau gimana tp udah ketahuan kok

      yang sabar ya Mas Aziz, semoga stlh ini bisa lebih berhati-hati lagi

      Delete
    2. Bs tlg email sy foto aslinya gmn soalx dy penipu hebat, andidewi83@gmail.com
      Tlg ya makasih penting

      Delete
    3. Yg katanya kenalan dg h.p tlong email ya riskadamayyanti@yahoo.com..sama mbak yg pnya blog kirim foto aslinya orng itu dong...soalnya yg aq lihat d fb andi dg yg aq kenal beda fotonya

      Delete
  15. Curhat ya mba', Mba' aq skrng lgy jalan ma cwok kenalx di medsos juga, inisialx M.A.B, trus kmren dy mnta kirimin duit bwt biaya berobat katax, ya udah aq kirimin karena kshn lw trnyta dy sakit beneran, awalx aq blng g da aq cma punx 200rbu nmax juga anaka kosan tpy dy blng nanti diganti ya udah aq kshirx aq ngirim 700rb mba', trus skrng aq tanyain ke dy lw serius ngmng lngsunh ke ortuq kta dy iya nanti bcara asal aq yg ngsh tw dluan, ktaq lw serius lngsunh ktmu ja mba' trus blngx lw mw ktmu rus bntuin dy ngurusin cutix, aq hrus nlpon atasanx ma.ngasih no. Ktp ma no. Rek aq, aq mulai curiga trus nyari2 di intrnet ktmu blog ini, aq mulai ragu dan merasa lucu mba', kta aq ke dy biar nunggu kmu cuti ja wlwpun thun depan, di sosmed beetalk nma akunx "Gilham" mba' tpy fotox sma ma yg akun rizal anggara itu, aq pernah nanx2 soal foto2 dy yg da di mna2 katax itu ulah tmen dy, mba' tolong diksh solusi dunk,

    ReplyDelete
  16. Beberapa minggu yg lalu aq knln sma yg ngkux pilot lion air namax sofyan..bingung jg dpt akun fb sy drimna.?
    Komunikasi lncr..bbm,tlfn hampir tiap hari hubungi saya.
    Ujng2nya apa ktax dia lgi nyari cln istri.istrix yg prtma udh mnggl,ortunya pun gitu udh mnggl krna kclknn.gak tau jg bohong apa ngak.dosa banget tuch org klw sampai bhng ....
    Knlnpn smkn ke thp serius,dia akhrx ngjkn nikah,smpi akhx mau ikt agamaku jg,aq pun trkjt ada ya cwok dlm dunia maya ngjkn nkh aplgi ngkux sorg pilot.
    Aq mulai curiga dan aq sldki afa cwek pstng fotox mirip kya dia tp namax beda kenalan ke aq nmax sofyan akun yg lain heriyanto permana pdhl ada jg lgi akn yg nmax heryanto permana..
    Aneh kn...ya udh aq bilang aja ke laki itu dasar modus
    Eh dia tiba2 ttp akun fb dan dlcnt bbmx aq.
    Ya bentrok dech kita ber2... sampai akhrx dia marah2 lah ktax aq ini udh di ceritaain ke abangx bt jdi istrix gitu.ya sy hax diam.....,tapi dia gak prnh minta duit zich..
    Mslhx sampai saat ini dia udh gak hbngi aq dan aqpn gak mau hbngi dia.
    So mnrt tmn2 gimana?yg udh pux baxk pnglmn mngni hal pnpn sprti ini...

    ReplyDelete
  17. Klw aq knlx sama sofyan ngkux pilot lion jg
    Ada yg knl gak dngn org ini
    Tpi aq prnh jg tmnkn postingan foto yg sama dgn sofyan...,yg prhx fotox sama
    Tapi akun heryanto permana jg ada...
    Pernah gak tmn2 knln sama org ini
    Ceritax sama kyk tmn2 jg di ajakin nikah,tapi klw aq dia gak minta duit...
    Yg ada stlh aq lht semua akun yg mirip dia aq marahi trs tiba2 aja akun fb yg sofyan di blokir.bbm ku pun di dlcnt
    Tpi dia msh tlfn ktax klw gak prcya sy krm semua surat2x sama ktp apalah...
    Nich ginana ya apakah sy trsn aja sambil xri tau modusx dia sbnrx apa?
    Tapi udh brpa hri dia gak ada kbr...
    Udh malu kali ya ketahuan gitu

    ReplyDelete
  18. Mb curhat...kejadian q sama sperti mbak2 datas mlh dia mint foto n aq beri pula...aq hrus gmn ya...

    ReplyDelete
  19. aku mau cerita dong, apa bener untuk pengajuan cuti itu ada biaya nya? sebanyak 7juta, soalnya saya sedang menjalani nya sekarang, dia sih nggak minta hanya saja dia bilang uangnya kurang. saya minta tolong untuk pencerahannya.
    dia mengaku sebagai salah satu pramugara lion air yang sedang bertugas di surabaya. dan diabilang mau ambil cuti untuk tunangan.

    ReplyDelete
  20. tidak Udah di percaya.. semua x penipu, saya sudah mengalami x

    ReplyDelete
  21. Astagfirullahaladzim
    Alhamdulillah Allah telah menyelamatkanku :-)
    Terima kasib atas petunjukmu Ya Robb
    Aku hari ini ngalamin hal sprti ini mengatasnamakan syepvin simarmata dan febri pramanda pramugara lion air

    ReplyDelete
  22. Astagfirullahaladzim..
    Terima kasih Ya Allah engkau telah berikan aku petunjukmu..
    Baru saja ngalamin ini hari ini atas nama syepvin simarmata dan febri pramanda pramugara lion air

    ReplyDelete
  23. buat mba niayeppo sy ada email ke mba mengenai inisial H.P. InsyaAllah bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tlg aq jg mbk senasib soalnya andidewi83@gmail.com
      Makasih sblmx mbj

      Delete
    2. wah mbak kayanya nih cowok lagi merajalela, beberapa hari lalu sya jga dpt bbm kya gtu,yg ada foto org itu kirim ke email sya donk krna sya mau samain orgnya. ini email sya mbak tasyapipit@gmail.com

      Delete
    3. Aq juga saat ini sedang mengalami hal itu... makasih forum ini... Allah Maha besar...

      Delete
  24. Su ckrng jg lagi mengalaminya mba'2,dy atas nama J C pramugara air asia dng rute internasional.modusx jg sama,deketin ngambil hati blngx duda pny anak 1 istrix meninggal krn kecelakaan.ujung2x jg blng serius dan ngajak nikah sy,bahkan baru 1 minggu kenalanx.sy jg disuruh urus ijin cutix,sy disuruh telp atasanx yg ternyata menjelaskan bahwa untuk perijinan cuti menikah itu ad biaya admin+akomodasi senilai 7,7jt itu harus dibayarkan untuk proses pengalihan deposito gaji si penipu itu yg sblmx sdh minta foto ktp dan nomer rekening.krn si penipu terus merong rong memohon biar bs di acc dan segera nikah,sy pun bingung krn tergiur fisik dan profesi yg menjanjikan masa depan cerah.akhirx sy blng bahwa segitu sy ga pny ada 1 jt dan sy transferlah ke rekening atasanx,dan ga sampai disitu,beberapa saat sy dikirim form pengalihan deposito dengan logo BANK INDONESIA bermaterai jg pdhl yg sy tw BI itu kan pny tugas yg jauh lebih penting drpd ngurusin deposito dan setelah sy cek memang BI tidak pernah mengurusi deposito.semakin curiga sy krn kesanx memaksa...tp yg ga habis pikir,kok ya bs mengatasnamakan maskapai penerbangan yg sdh besar namax.apakah pihak dr maskapai tersebut tidak berusaha melacak orang yg sdh membuat nama baik maskapai internasional itu jelek ya...mohon bisa ditindak lanjuti biar tidak jatuh korban lagi.

    ReplyDelete
  25. Ternyata sudah sejak lama ya aksinya, dan sy termasuk salah satunya yg kena tipu
    semoga cepat terbingkar ya pelakunya,,, kasian smakin byk korban

    ReplyDelete
  26. Saya bukan korban,cuma dari awal ada yg ngajak kenalan di sosmed, dia mengaku seorang pilot lion air, dia bernama rizal anggara, awalnya saya gk percaya, saya pancing2 terus, sampe akhirnya dia kirim foto ktp,nametag kerja,surat keterangan bahwa dia seorang pilot di lion air, kemudian parahnya, dia ngajak married, dia tiba2 bilang mau dateng ke rumah hari senin ini, tanggal 27 juni 2016 ,dia mau ngajuin cuti, , nahh aku makin penasaran ya, masa iya orng cakep pilot mudah bgt bilang mau married, akhirnya dia tlpon, , aku tanya, km ulang thn kapan sih, dia jwb nanti desember, , yg janggal di ktp dan identitas lain dia lahir tgl 23 juli,, next,, aku tanya alamat,, dia jawab di dago resort, dan di ktp alamatnya di gedebage bandung perumahan temen aku ,yg jelas2 gak ada nama rizal anggara d sana, nexxtt, aku minta dia foto, , dia kirim.foto, , dan bodohnya dia,dia kirim foto d atasnya ada tgl, dan itu foto udh lama bgt, dia bilang barusan, , oke saya iyakan saja, , next,, saya minta video call,alasannya banyaak banget, yg paling parah, dia bilang gapunya kuota, , ,masuk akal gak udeh bberapa hari bilang gapunya kuota,sedangkan dia adalah seorang pilot, dan bilang gapunya uang buat beli kuota,, nexxxtt aku minta dia foto hidangan berbuka, , masa iya pilot bukanya gorengan sama d pinggir ada magiccom tmpat nanak nasi, bilangnya buka d luar, , hahha dan banyk kejanggalan lain, saat ini saya sedang menjebak dia, , ini adalah bentuk kriminal, yg harus segera d laporkan sama pihak kepolisian, , ada saran atau masukan, email ya rikas0286@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Duh kok kejadiannya hampir sama ya dengan nama rizal anggara tp kl yang ini pekerjaan pelaut kapal tangker di soromg ....kira kira orang yang sama ngk ya...hehheheehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Saya Baru Saja Hampir Jadi Korban sama seperti Mbak Namanya Rizal Anggara Pelaut Kapal Di Sorong Papua, Bisa lihat fotonya nggak Mbak kira2 sama nggak orangnya dia pakai nomer HP 082316194436 sama 082315942244

      Delete
  28. Ya bener tuh mbak saya juga hampir kena dengan nama Rizal Anggara pekerjaan Pelaut Kapal Bagian Teknik Mesin Di Sorong Papua ada fotonya dia nggak Mbak yg Ngaku bernama Rizal Anggara Pelaut di Sorong Papua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah Saya selidiki Mbak ternyata Foto yang mengaku sebagai Rizal Anggara pekerjaan Pelaut di Sorong Papua Sama Persis Dengan Foto-Foto yang ada di Akun FB Palsu Atas Nama Indra Pelayaran yang banyak beredar Di Internet, Dia juga sempet posting Foto lewat WAnya memakai Foto Abu Raja Taruna AMNI Makasar, karena saya sempat curiga dengan foto itu kayaknya beda orang deh ternyata betul setelah saya selidiki lewat Internet memang beda orang dia pakai Foto Indra dan Juga Foto milik Abu Raja Taruna AMNI Makasar.

      Delete
  29. Ass ka,
    Boleh sy minta contact kk? Ceritanya sm percis. Sy cuman mau tanya2 ko, ga ada niatan jelek. Makasih sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam
      maaf ya mbak Maya, ini postingan udah lama banget udah 2014 yg lalu dan saya juga udah tidak berurusan dengan si penipu itu sejak tulisan ini sy post. sy jg tdk ingin membahas mengenai masalah ini lg.
      semoga mbak Mbak Maya mengerti, terima kasih.

      Delete
    2. Mbak maya klo boleh nanya" dong, saya jg mau cerita sm nany" klo bisa hubungi saya di email handinihapsari@gmail.com makasih sebelumnya mbak

      Delete
  30. Ya ampuuuuuunnnn...
    Ternya orang mau cari duit..ada ajah cara gampang utk dapetinnya yaaahh..
    Hmm..sy baru ajah 3 hari kenalan d bbm...tak taunya dimintain uang administrasi cuti juga...dan ini besarnya luar biasa 13jt..hmm..
    Ceriranya sy sebagai penjamin karna dia udah ngomong mau melamar saya...
    Oooooohhhh..tadinya sempat prihatin dengar cerita tentang hidupnya..tapi setelah tau soal pengurusn cuti yg harus penjamin kirim foto copy ktp, pas foto, dan nomor rekening, serta biaya administrasi 13jt...jadinya saya mikir lagi...dannn....akhirnya kami putus hubungn krn saya ga mau memenuhi persyaratan yg diminta..soooo...mari berdoa biar kita dapat jodoh yang pasti n pas...Thank a lot God for the wise You gave to me...praise The Lord..

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.