Saturday, August 30, 2014

SECANGKIR KOPI BULLY-COMING SOON

Dua hari yang lalu, SMS-an sama Mbak Luky (editor dari Quanta). Katanya, draft saya yang berjudul Secangkir Kopi Bully akan terbit paling lambat November dan paling cepat Oktober tahun ini.

Cepet banget yaaa! Emang sih dari awal Mbak Luky bilang ngeditnya Agustus awal kemaren. Udah selesai sih. Tapi, kupikir tuh prosesnya masih panjang, ternyata udah masuk proof 1 sekarang sisa bikin cover dan matengin tata letak bukunya trus dikirim ke percetakan berarti. Kereen deeeh Mbak Luky. Dapat editor yang kinerjanya cekatan, detil, cepat tapi tegas itu surga banget buat saya yang memang sangat cocok dengan cara kerja cepat tapi detil. 

Bukannya cepet-cepetan mau cepet terbit. Semua penulis tentu juga mau kaleees bukunya cepetan brojol di toko buku. Namun, alasan saya dan Mbak Luky mau cepet itu karena awal September besok saya udah mulai masuk kuliah (lebih tepatnya didahului oleh matrikulasi dan pelatihan psikodiagnostik). Jadi, kemungkinan besar fokus dan waktu saya untuk sementara akan lebih banyak dihabiskan di kampus. Selain itu, berhubung saya belum ganti smatphone, jadi saya bakalan nggak bisa buka sosmed atau e-mail selama kuliah berlangsung (kalau pun bawa si Fujitsu lifebook paling juga dipake buat ngerjain tugas).

Sekadar selentingan niih. Buku SKB ini bergenre nonfiksi disertai secuil kisah-kisah bullying di dalamnya. Tadinya mau dimasukkan sekitar 20 kisah sesuai draft aslinya. Namun karena Mbak Luky minta di-crop menjadi 10 saja, akhirnya, kisah di dalamnya hanya tersedia 10 tapi masih mencakup topik yang akan dibahas tentunya. Kisah-kisah tersebut adalah dokumen pribadi saya sebagai penulis. Dulu saya pernah cerita kalau saya ini adalah salah satu korban bullying. Nah, di buku ini saya nyoba untuk berbagi inspirasi dan semangat untuk korban bullying lainnya berdasarkan pengalaman saya semenjak TK hingga SMA. Trus, masih sama dengan konsep buku #CKUS (walau beda penerbit), saya juga menyisipkan sejumput tip inspiratif di belakang kisah tersebut biar ada semacam bahwan review atau evaluasi dari apa yang sedang atau pernah dialami.

Berhubung buku tentang bullying pun sekarang rada susah dicari, jadi saya terpikirlah untuk menerbitkan buku tema sejenis. Harapannya, semoga buku ini bisa mengempaskan rasa dahaga orang-orang yang lagi nyari buku bullying atau untuk referensi skripsi pun bisa karena ada teori-teori juga di dalamnya beserta conclusion (bagaimana mengatasi bullying dan cara menyembuhkan diri sendiri).

Kalo covernya udah jadi, udah fix... pasti akan saya posting di sosmed. Naah, buat para pembaca Paresma, jangan lupa yaaa koleksi lagi buku Secangkir Kopi Bully ini. Insya Allah akan tetap ada manfaat, keberkahan dan kebaikan di dalam buku tersebut.

So, stay tune with me yaak :D

3 comments:

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.