Sunday, September 21, 2014

CURHAT ANAK MAPRO PSIKOLOGI: JURNAL DAN TESIS

Setelah subuh hingga jam segini, fujitsu masih setia menanti saya (tentunya dalam keadaan lepas baterai). Minggu lalu, kami mendapatkan banyak tugas, salah satunya diminta untuk segera mencari tema penelitian untuk tugas karya ilmiah dan tesis. Makanya, dari subuh tadi, saya pantengan internet buat download jurnal yang sesuai dengan minat saya.

Kemarin, secara dadakan, kami sudah ngumpulin tema penelitian kepada dosen pengampu matkul Asesmen Psikologi 1. Waktu itu, saya sebutin aja beberapa yang saya minati, di antaranya; anak yatim, perceraian dan masokisme.

Pertimbangannya, dari ketiga tema tersebut, saya cukup tertarik dengan dunia psikologi anak. Saya juga punya saudara yang tetangganya itu punya anak yang suaminya udah meninggal. Semenjak ayahnya meninggal, anak ini memilih untuk putus sekolah dan sosialisasinya terhadap teman-teman sebaya berkurang. Dia punya adik dan adiknya itu modelling juga ke kakaknya ini. 


Saya juga tertarik dengan tema masokisme berhubung dulu saya punya teman sekolah sekaligus tetangga di Parepare yang punya gejala masokisme, tapi yang non gangguan seksual alias murni suka melukai diri karena ada alasan lain. Cuman... karena teman saya ini tampaknya sekarang udah sembuh, jadi saya bingung mau nyari penderita masokisme di mana ya. Kalau nyari di RSJ, juga rada susah karena kebanyakan di RSJ itu penderita skizo, depresi, epilepsi, mental organik dan sejenisnya. Masokisme pun juga jarang banget ada yang masuk RSJ.

Jadi, untuk saat ini saya nyari referensi mengenai psikologi klinis anak dulu...

Terus, karena ini program profesi, jadi tesis dan karya ilmiahnya kudu pake eksperimen atau intervensi atau asesmen. Jadi, udah bukan kayak anak S1 yang penelitiannya pake korelasi, hubungan, efektifitas dan sebagainya. Mengenai intervensi tersebut, saya jadi kepikiran dengan passion pribadi. Yap, writing. Dulu, saya juga pernah chatting dengan adik tingkat yang skripsinya tentang expressive writing. Akhirnya, saya pun tertarik untuk mempelajari model art intervention tersebut.

Euum.. untuk judulnya masih saya pikirkan lagi susunan kalimatnya. Ada laah pokoknya, nggak mau bilang sekarang, nanti aja biar nggak ada yang nyontek judulnya hihihi :D :p.

Tadi pagi itulah, saya kalap nyari dan download bejibun file jurnal internasional mengenai expressive writing dan kaitannya dengan trauma pada anak yatim. Alhamdulillaah dapat banyak, masih sekitar 36 jurnal internasional (bahasa inggris) dan nasional yang sudah di-download dan di daftar referensinya masih ada sekitar 50-an lebih yang belum saya coba buka. Ada sih yang pas buka disuruh bayar, duh duh... mahal, mending nyari yang gratis.

Nah, untuk kurikulum sekarang, tesis itu menggunakan referensi minimal 25 jurnal internasional dan selebihnya ditambah pula dengan referensi jurnal nasional serta buku-buku terkait. Mengingat juga bobot tesis ditambah sebesar 20 SKS, jadi kudu maksimal ngerjainnya. Semogaaa deh semester dua proposal saya udah bisa selesai jadi bisa tenang ketika memasuki musim praktik kerja dan praktikum nanti.

Oh iya, kalau teman-teman punya jurnal nasional atau internasional atau pernah menulis penelitian mengenai menulis ekspresif dan kaitannya dengan trauma pada anak, mohon share dong hehehe. Makasih yak ^__^

4 comments:

  1. Assalamualaikum Mba, saya mau nanya kan katanya tesis dan karya ilmiah mapro psi mesti pake eksperimen atau intervensi/ asesmen gitu. nah semisal mau pake intervensi apakah intervensinya mesti dari intervensi yg udah ada di teori psi sebelumnya atau gmn ya mba?

    Saya rencana mau buat proposal tesis buat daftar lanjut mapro tp buta banget ttg gimana tesis di mapro psi itu sendiri, hiks :'(
    oh iya mba, kalo boleh minta infonya dong kalo tesis di lingkup Mapro klinis anak itu biasanya seputar apa aja ya? Apakah yang mesti berhubungan dengan "abnormalitas"? hehe

    Aku kepikiran tema tertentu tapi tuh masih ragu karena ngerasa "ini bisa ga sih jadi judul?, sbnrnya nyambung ga ya sama klinis?" karena minim bangeet pengetahuan di mapro.

    Maaf banyak nanya ya mba, terimakasih :D

    ReplyDelete
  2. @mba Syifa : Saya punya pertanyaan yang sama dengan mba, untuk tahun ini saya mau masuk. Udah dapet caranya? Mohon informasinya ke WA ; 081245268646

    ReplyDelete
  3. Saya punya pertanyaan yang sama min.
    {Assalamualaikum Mba, saya mau nanya kan katanya tesis dan karya ilmiah mapro psi mesti pake eksperimen atau intervensi/ asesmen gitu. nah semisal mau pake intervensi apakah intervensinya mesti dari intervensi yg udah ada di teori psi sebelumnya atau gmn ya mba?

    Saya rencana mau buat proposal tesis buat daftar lanjut mapro tp buta banget ttg gimana tesis di mapro psi itu sendiri, hiks :'(
    oh iya mba, kalo boleh minta infonya dong kalo tesis di lingkup Mapro klinis anak itu biasanya seputar apa aja ya? Apakah yang mesti berhubungan dengan "abnormalitas"? hehe

    Aku kepikiran tema tertentu tapi tuh masih ragu karena ngerasa "ini bisa ga sih jadi judul?, sbnrnya nyambung ga ya sama klinis?" karena minim bangeet pengetahuan di mapro.

    Maaf banyak nanya ya mba, terimakasih :D}
    Kira2 gimana solusinya?
    Mohon di repply

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.