Wednesday, June 10, 2015

LAGU BISA MENYESATKAN

Pernah dengar atau pernah tahu lagu Gloomy Sunday yang heboh di era 1940-an? Ya ya ya.... lagu yang pernah dipopulerkan oleh penyanyi jazz, Billy Holiday ini menuai kontroversi  karena di Inggris dan beberapa negara lain, banyak korban berjatuhan akibat bunuh diri setelah mendengarkan lagu ini. Ada yang bilang suara si penyanyinya seolah mampu menyihir dan menghasut untuk bunuh diri. Huaaah...tapi memang liriknya itu ngenes banget sih.

Bukan cuman lagu Gloomy Sunday, Nina Bobo juga ternyata menyimpan misteri. Beberapa minggu lalu, saya pernah membaca postingan seseorang di Facebook mengenai misteri lagu Nina Bobo ini. Hiii... menurut penjelasan dari artikel itu, kalau nyanyiin lagu Nina Bobo sama aja kayak manggil arwah si Nina. Hiiii sereem yaa.

Baru dua atau tiga hari kemarin gitu, di grup WA akhwat LISFA (grup yang terdiri dari seluruh akhwat yang pernah tergabung dalam lembaga rohis zaman S1 dulu mulai dari angkatan baheula sampai angkatan terkini), saya memperoleh pemberitahuan dari salah seorang akhwat yang dulu pernah jadi MR saya. Beliau menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati terhadap salah satu lagu Barat. Saya nggak usah sebutin deh judulnya. Tapi, senada dengan lagu Gloomy Sunday, lirik lagu yang ini nih ternyata bisa menyesatkan kalau disenandungkan apalagi dihayati. Parahnya kalau orang yang dengerin lagu ini sok-sok English tapi nggak tahu artinya apa, bisa-bisa.....

Salah satu bagian liriknya seperti berikut ini:

There's no religion that could save me
No matter how long my knees are on the floor
So keep in mind all the sacrifices I'm makin'
Will keep you by my side
And keep you from walkin' out the door

Sebagai seorang yang punya keyakinan agama, terutama Islam (karena saya muslimah jadi saya pakai sudut pandang agama sendiri), lagu ini bisa menyebabkan orang murtad loh. Naudzubillahi min dzalik. That's why, kenapa pada postingan sebelumnya mengenai lagu juga, saya udah pernah bilang kalau musik dan Al-Qur'an itu bisa saling mengusir. Ketika seseorang lebih banyak mendengarkan plus menyanyikan lagu, hapalan Al-Qur'an yang ada dalam hatinya lama-kelamaan bisa saja terkikis. Ini udah hapalan Al-Qur'an, gimana kalau udah keimanan seseorang? Wiiiiw.... haduuh parah..parah....

Bagi teman-teman yang masih suka denger lagu, hati-hati saja apalagi yang cinta banget sama lagu Barat atau Korea yang notabene berbeda bahasanya. Kalau udah suka sama sebuah lagu, mending cermati dulu arti tuh lagu apa sih. Kalau udah tahu liriknya bisa menyesatkan walaupun musiknya aduhai, mending tinggalin.

Itu saja sih yang mau saya sampaikan. Sekali lagi, hati-hati. Lebih baik, kurangi atau tinggalkan. Mungkin agak sulit ya untuk benar-benar menghindari lagu. Ketika kita pengennya nggak dengerin lagu tapi di satu tempat (di restoran, kafe atau lainnya) ada yang muter lagu, yaa kita juga nggak bisa seenaknya melarang mereka. Tapi, minimal kalau lagi sendirian, lagi sedih, jangan biasakan menyembuhkan luka batin dengan mendengarkan lagu. Lebih baik, mulai dari sekarang biasakan diri ketika sedih atau banyak masalah, larinya dengan cara yang baik dan positif seperti membaca buku-buku bermanfaat atau sekalian membaca Al-Qur'an, ambil wudhu dan shalat.

2 comments:

  1. alhamdulillah akhirnya udah tw juga ukth. drdlu emang. sya sudah hampir brapa tahun kosongan mp3 lagu. hanya ada kajian dan bberapa surat al-quran. Karna memg sebenarnya isi lagu yg liriknya menyesatkan banyak.
    Tapi lebih baik dengerin al-quran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ukh, aku jg gaptek soal lagu, baru bbrp hari lalu dikasih tau ummahat (temen) soal tuh lagu

      sip sip bener banget.

      Delete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.