Wednesday, September 19, 2012

ROHIS IS NOT TERRORIST

         Baru beberapa hari yang lalu kami marak menyaksikan bahwa di salah satu stasiun TV ada oknum yang memberitakan hal yang keliru tentang ROHIS. Ada apa sih sebenernya dengan ROHIS?? Apa benar kalau mereka yang masuk ROHIS itu adalah calon TERORIS?? Tidak hanya itu, santer pula berita terkait film penistaan terhadap Rasulullah SAW.

        Dalam waktu yang bersamaan, kami bersama kawan aktivis dakwah ramai ngeposting artikel di milis grup kami terkait penghinaan tersebut. Memang benar kata seorang akhwat yang juga salah satu rekan aktivis kami, selama ISLAM itu masih BERNAPAS, mereka yang ada di luar sana tidak akan pernah puas untuk menghinakan agama Allah bahkan tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang muslim juga bisa saja.melakukannya. Namun, yakin saja, Allah pun tidak akan pernah duduk DIAM. Dia pasti akan menghinakan pula orang-orang yang telah menistakan agama-Nya.

       Mengapa mereka men-judge bahwa mereka yang tergabung dalam organisasi ROHIS itu adalah kader-kader TERORIS? Apakah mereka benar-benar tahu apakah esensi dari ROHIS itu sendiri? Bila tidak cukup tahu atau bahkan sok tahu, kenapa tetap nyolot? Oke, oke. Mungkin bagi beberapa pihak yang tidak pernah menyentuh "ranah" ROHIS bisa jadi juga berpikiran yang sama seperti mereka. Tapi, tahukah mereka? Rohis itu bukan hanya sekadar tempat nongkrong biasa, bukanlah tempat orang-orang jahat, bukanlah suatu organisasi yang berisikan kegiatan-kegiatan untuk "mencuci otak" orang sedemikian rupanya, bukanlah tempat membentuk pribadi yang ditakuti, pemberontak apalagi sampai dikatakan TERORIS. Itu sungguh paradigma yang sangat dangkal yang pernah saya dengar.

          Kami pribadi justru sangat bersyukur bisa tergabung dalam ROHIS. Menjadi seorang aktivis dakwah itu benar-benar menuntun kami ke arah yang lebih baik. Tidak hanya sekadar itu, ROHIS sudah seperti istana atau rumah kedua kami. Di dalamnya, kami menemukan kesejukan, berada di sekeliling orang-orang dengan keteguhan prinsip yang luar biasa yang benar-benar tulus ingin menolong agama Allah. Mempunyai saudara seiman yang sungguh luar biasa, sangat luar biasa. Ketika kami dihadang oleh beragam hamparan masalah duniawi, ROHIS menjadi tempat kami untuk bisa bertafakkur, mengevaluasi segala kesalahan yang telah diperbuat dan menuntun kami untuk membangun pribadi yang lebih baik lagi. ROHIS pun yang menyatukan ukhuwah kami antara satu dengan yang lain sehingga terasa semakin indah dari hari ke hari. Yang lebih berkesan lagi adalah, ROHIS telah menjadi salah satu wadah yang benar-benar memperkenalkan kami lebih dekat lagi dengan TUHAN dengan jalan terus saling memotivasi satu sama lain dalam mengkaji ilmu-Nya yang MAHA LUAS. Dari ROHIS lah, apa yang tak pernah tersentuh dan terpikirkan malah jadi terhiraukan.

          Waktu kami kuliah dulu, Organisasi ROHIS menjadi salah satu tujuan favorit para mahasiswa. Jadi, yang nggak ikut ROHIS bisa dibilang ketinggalan zaman. Bahkan, tampuk kepemimpinan yang mewadahi seluruh organisasi kampus baik formal maupun non formal dihasilkan berkat kerja keras dengan seluruh kawan-kawan ROHIS. Meskipun medan perjuangan yang kami temui di lapangan tidaklah seberat dan sedahsyat sebagaimana yang pernah dilalui oleh para Rasul beserta sahabat-sahabatnya, sekecil apapun medan yang kami temui, itulah lahan di mana kami dapat menyebarkan kebaikan yang lebih banyak dan lebih luas demi menegakkan agama-Nya. Subhanallah :) Yang lebih mencengangkan lagi, dunia ROHIS bisa jadi sebagai salah satu perantara bertemunya jodoh seperti yang dialami oleh beberapa kawan kami, eittss tapi bukan cinloook lho ya, bukan sama sekali. Mereka yang bahkan tadinya tidak tahu menahu tentang organisasi kami malah mengklaim bahwa ROHIS itu adalah salah satu tempat mulia yang mana di dalamnya terdapat mutiara terpendam (istilah untuk sosok calon istri yang shalihah). MasyaAllah, kami bahkan sempat tertawa geli mendengar mereka menyatakan hal itu. Tapi, itu juga menjadi do'a buat kami, insyaAllah. :)

           Lalu apa aja sih sebenarnya kegiatan dalam ROHIS itu? Yang jelas semua kegiatan atau program yang kami jalankan adalah kegiatan yang insyaAllah bermanfaat, gak hanya untuk kami tetapi juga untuk semua, tanpa terkecuali. Ada banyak sekali kegiatan yang kami lakukan dan meskipun antara ROHIS yang satu dengan yang lain berbeda program, tetap visi dan misi kami adalah SATU. Berbagai kegiatan itu pun tidak hanya berpusat pada satu titik saja yaitu pengkaderan akan tetapi juga mencakup lingkup yang lebih luas seperti kajian keilmuan baik itu ilmu pengetahuan umum terkait materi kuliah masing-masing hingga materi keislaman yang juga memberikan sumbangsih cukup besar terhadap pembentukan tauhid, aqidah dan kepribadian/ akhlaq sebagai seorang muslim sejati. Tidak hanya itu, kami juga sering mengadakan kegiatan kecil namun sangat berarti seperti aksi penyebaran bunga gratis pada saat bertepatan hari ibu sampai kegiatan berskala besar seperti lomba-lomba akademik, training motivasi, bedah buku hingga seminar nasional. Jadi, apa masih kepikiran kalau ROHIS itu sarangnya TERORIS??

          Itu semua bukanlah rekayasa belaka. IT'S REAL and IT'S WORK. ROHIS is not TERRORIST. Bila  pun ada pihak yang menyatakan bahwa ROHIS itu adalah seorang teroris, itu adalah cara berpikir individu-individu tertentu yang terlampau keliru terhadap esensi dari ROHIS itu sendiri. Coba deh terjun langsung dan terlibat dalam ROHIS, apa iya masih berprasangka kalau ROHIS itu adalah TERORIS?? Once again, ROHIS bukanlah sarang TERORIS. ROHIS adalah tempat untuk mencetak pribadi-pribadi berkualitas yang dapat menjadi tonggak bagi masa depan, agamanya, serta bagi bangsa dan negaranya.

             
        

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.