Thursday, May 9, 2013

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (8)

Sudah menginjak pertemuan ke-11. Untuk mata kuliah teori BK, selasa depan insyaallah kami akan memasuki sesi praktek konseling. Untuk mata kuliah Pengantar Psikologi sendiri, masih ada tersisa satu kuis, satu diskusi dan review materi di pertemuan ke-13 nanti.

Selama belajar bersama mereka, kami telah menuai banyak suka dan canda. Nyaris tidak ada duka dan luka. Tidak lama lagi, kontrak mengajar saya pun akan berakhir. Insyaallah Juni nanti. Itu juga berarti sebentar lagi saya juga akan pindah ke Malang. Tinggal menunggu rumah laku terjual.

Sedih, bila harus berpisah dengan teman-teman BKI STAIN. Saya memang bisa saja meminta perpanjangan kontrak, namun, tuntutan hidup yang lain juga harus saya jalani.

Iis, Nurmadinah, Nurkumala, Anti, Fitri, Ayu, Fajrul, Tanwir, Jamal, Kadir, Faisal dan Arif. Meski mahasiswa yang kutangani hanya berjumlah 12 orang, tetapi rasanya seperti saudara. Kedekatan emosional di antara kami sudah cukup kuat terjalin, apalagi di antara mahasiswi.

Hingga saat ini, sejauh ini, aku masih saja belum mampu memberikan yang terbaik. Meski mereka menunjukkan progres yang cukup baik dan meningkat, aku masih merasa bahwa apa yang kuberikan belumlah bisa dibilang apa-apa.

Namun, aku pernah berpesan pada mereka. Semoga apa yang telah kita pelajari bersama, walaupun itu hanya sedikiiiiit saja, itu semua dapat menjadi kado perpisahan untuk mereka. Ilmu yang pernah kita tuai bersama semoga dapat menjadi bekal yang berarti untuk masa depan.

Pengalaman ini sungguh sangat menantang dan tidak akan pernah terlupakan. Menjadi dosen junior, dikelilingi mahasiswa yang baik, ramah dan cerdas adalah nikmat yang tiada terkira. Mudah-mudahan mereka kelak bisa menjadi orang besar di periode masing-masing. Suatu hari, aku ingin mendengar cerita mereka. Bagaimanapun juga, mereka tetaplah sahabat-sahabatku.

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.