Wednesday, April 3, 2013

GANGGUAN MOOD PART 2 (GANGGUAN BIPOLAR)

Nah, berikut ini adalah sambungan dari artikel Gangguan Mood Part 1. Langsung saja kita bahas.

Apa sih gangguan bipolar itu?
Orang dengan gangguan bipolar ibarat mengendarai roller-coaster, emosionalnya berayun ari satu ketinggian, rasa girangnya mencapai pada titik kedalaman an depresinya muncul tanpa adanya penyebab eksternal. Epsiode pertama dari gangguan ini dapat berupa manik, bisa juga depresi.


(picture by google)



Apa itu episode Manik?

-Episode manik yaitu merupakan suatu periode peningkatan euforia yang tidak realistis, sangat gelisah dan aktivitas yang berlebihan, yang ditandai dengan perilaku yang tidak terorganisasi dan hendaya dalam penilaian.
-Episode manik biasanya bertahan beberapa minggu hingga beberapa bulan, umumnya lebih singkat durasinya dan berakhir secara lebih tiba-tiba daripada episode depresi mayor.
-Selama episode manik, mereka mengalami elevasi atau ekspansi mood yang tiba-tiba dan merasakan kegembiraan, euforia atau optimisme yang tidak biasa.
-Mereka tampak memiliki energi yang tidak terbatas dan menjadi sangat suka bergaul, dan bisa sampai pada tahap menuntut dan memaksa terhadap orang lain.
-Perubahan moodnya terlalu berlebihan, misalnya menjadi sangat bergembira hanya karena “Ini adalah hari Rabu!”.
-Pada episode manik, seseorang menjadi sangat bersemangat sampai akan memperolok orang lain dengan lelucon yang kadang keterlaluan.
-Cara bicaranya menjadi sangat cepat, pikiran-pikiran dan pembicaraannya seering melompat-lompat dari satu ide ke ide yang lain (rapid flight of ideas), sampai orang lain kesulitan untuk menyelanya.
-Mereka juga dapat menjadi sangat dermawan.
-Tidak dapat duduk tenang atau tidur nyenyak. Jam tidurnya sangat sedikit. Tidur larut malam dan bangun lebih pagi, tapi dengan energi yang tetap penuh dan tetap merasa cukup istirahat. Bahkan bisa tidak tidur berhari-hari tanpa kelelahan.
-Walau energinya berlebih, mereka tampak tidak dapat mengorganisasi tindakan mereka secara konstruktif. Rasa girang mereka mengganggu kemampuannya untuk bekerja dan untuk mempertahankan hubungan yang normal.
-Memiliki perasaan self esteem yang tinggi berkisar dari over confidence hingga kecenderungan waham kebesaran.
-Mereka memiliki keyakinan yang tidak sejalan dengan kemampuannya, misalnya mereka merasa sangat mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dunia, sementara latar belakang dan kemampuannya tidak mendukungnya.
-Perhatian mereka mudahh dialihkan oleh stimulus-stimulus yang tidak relevan seperti detak jam atau langkah sepatu orang.
-Mereka cenderung mengambil banyak tugas, lebih dari yang mampu mereka tangani.
-Memiliki resiko permasalahan yang tinggi, sebagai akibat dari misalnya kecerobohan menyetir, petualangan seksual, atau menghambur-hamburkan uang. 

(picture by google)
Lalu apa aja sih tipe-tipe gangguan bipolar?
Gangguan Bipolar terbagi atas beberapa subtipe yaitu:

a) Gangguan Bipolar 1
-paling tidak mengalami satu episode manik secara penuh
-di banyak kasus, inivividu mengalami perubahan mood antara rasa girang dan depresi diselingi dengan periode berupa mood normal

b) Gangguan Bipolar II
-diasosiasikan dengan bentuk maniak yang lebih ringan
-seseorang mengalami satu atau lebih episode depresi mayor dan paling tidak satu episode hipomanik (lebih ringan dari manik)
-tidak pernah mengalami episode manik penuh

Oke, sekarang udah finish ya artikel tentang GANGGUAN MOOD, semoga bermanfaat dan terima kasih

Artikel by Y.Paresma W., S.Psi :)

1 comment:

  1. waw.. hahaha, bahaya inihhh, kalo baca2 artikel begini Aya jadi ragu diri AYa ini gimana, gagaggaagg, apalagi kalo numpang baca punya Mas, pas lagi stase jiwa, ampuuuuun...

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.