Saturday, March 9, 2013

WHO’S VERONICA RATNA NINGRUM?

Tebak-tebak gak berhadiah…., siapakah Veronica Ratna Ningrum?

Ada yang tahu? Atau ada yang udah pernah kenalan secara langsung?

Upps, ya iyalah perempuan. Namanya aja nama perempuan.

Hayo, siapa? Nggak bisa jawab? Baiklah, akan kubantu menjawabnya. Smile

Veronica Ratna Ningrum adalah seorang wanita berambut panjang dan berkulit bersih sebersih. Beliau juga merupakan salah satu klien personal branding di agensi Indscript Creative.

“Veronica adalah pribadi yang gesit dan tidak pernah lelah. Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk mendapatkan solusi pada setiap persoalan. Karakter ini sangat baik untuk bisnis yang dia jalankan” (Kemal, Investor).

Bagi yang bergelut di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar atau membaca nama ini. Betul sekali! Veronica adalah seorang business woman. Lebih tepatnya adalah konsultan marketing.

Sebelum menjadi konsultan marketing seperti sekarang, beliau pernah bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, event organizer, rumah sakit, televisi dan sejumlah perusahaan asing lainnya.

Dari berbagai pengalamannya dalam dunia finansial, bisnis dan servis, beliau akhirnya dipertemukan oleh pemilik bisnis Vey Catering. Pemilik bisnis tersebut memintanya untuk menjadi konsultan, membantu mengembangkan bisnis mereka. Veronica tentu saja menerimanya dengan tangan terbuka. Hingga akhirnya, Vey Catering berjalan dengan sukses dalam bisnis katering di tengah maraknya persaingan berkat bantuan Veronica Ratna Ningrum.

Setelah misi tersebut berhasil, Veronica tidak lantas berhenti di satu titik itu saja. Beliau berusaha untuk mencoba dan mencoba lagi. Beliau mulai tertarik dan makin jatu cinta pada dunia konsultan marketing. Ia pun memutuskan untuk berkarir di bidang tersebut.

Bagi sebagian orang, mungkin mendengar kata “marketing” pasti memunculkan asumsi dan persepsi bahwa dunia tersebut pasti tidak terlepas dari yang namanya uang dan perbankan. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan “uang” tentu saja tidak mudah. Namun, perkembangan bisnis dalam dunia marketing di zaman sekarang ini sudah semakin pesat ditambah dengan munculnya berbagai perusahaan jasa perbankan dan investasi baru. Para generasi muda pun sangat tertarik untuk menerjunkan diri ke area ini. Lebih dari itu, tidak jarang pula kita temui tokoh-tokoh penting yang sukses dan sudah mendunia di bidang bisnis marketing seperti halnya Veronica Ratna Ningrum.

Mengapa Veronica memilih bidang marketing? Itu karena beliau telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang perbankan. Selain itu, baginya marketing adalah sesuatu yang menantang. Itulah yang menyebabkan beliau membanting stir dari yang semula hanya bekerja sebagai seorang karyawan perbankan kemudian beralih menjadi pebisnis independen di bidang konsultasi marketing.

Hal ini juga berawal dari mimpi masa kecil seorang Veronica. Ketika kecil, beliau sudah lebih dulu merencanakan sebuah impian besar yaitu menjadi pengusaha sukses dan ternama. Bila melihat dari segi ekonomi keluarga, beliau cukup mampu untuk meraih apa yang dia inginkan sekalipun tanpa bersusah payah, termasuk meraih impiannya. Namun, bagi seorang Veronica, kesuksesan tidak bisa dipandang dari latar belakang ekonomi maupun status sosial keluarga. Kesuksesan itu justru harus dikejar sendiri dengan penuh ketekunan, kedisiplinan tinggi, pantang putus asa, terus meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar dan tentu saja berdoa.

Veronica memulai karirnya di bidang bisnis marketing sejak 2006 silam. Dari pengalaman itulah, beliau kemudian menciptakan suatu kekhasan dalam pelayanannya yaitu “one stop service” sebagai konsultan marketing. Seluruh kliennya berhak mendapatkan jasa yang memuaskan terhadap kinerja Veronica. Dengan adanya konsep jasa ini, klien tidak perlu lagi bersusah-payah melakukan eksekusi pada setiap konsep yang ditawarkan. Untuk menjalankan bisnis inipun, Veronica memiliki tim handal. Hal ini tentu saja menghasilkan efektifitas tinggi sehingga para klien tidak perlu repot-repot terjun langsung menangani permasalahan yang ada. Sebaliknya, para klien tersebut hanya tinggal duduk manis sembari mendapatkan laporan pelaksanaan serta eksekusi konsep dari Veronica dan timnya.

Lalu bagaimana dengan klien dari Veronica sendiri?

Sebagian besar kliennya di sektor jasa konsultan marketing ini tidaklah jauh dari dunia perbankan. Veronica memiliki sejumlah klien loal dari bank lokal serta bank luar. Beliau membantu mereka untuk mengembangkan program acquisition, redemption, loyalty rewards bagi apra customer dan program lainnya. Keseluruhan program ini dirancang dengan tampilan yang beda dan unik sehingga setiap bank memiliki program dan konsep yang khas.

Kiat sukses Veronica dalam jasa konsultan marketing adalah mengutamakan para customer dan memposisikan mereka layaknya seorang raja. Dalam interaksinya terhadap seluruh klien/customer, beliau berusaha memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda. Beliau juga selalu berusaha menjadi pendengar yang baik layaknya sahabat bagi klien. Beliau juga tidak pernah segan untuk menebarkan inspirasi dan ilmu yang dimiliki bagi siapa saja yang ingin terjun di dunia bisnis. Sebab, Veronica memiliki target yaitu menyebarkan seluas-luasnya setiap ilmu marketing yang dimilikinya.

Di balik “kerahnya” sebagai wonder woman yang memiliki banyak kesibukan, rupanya ibu satu anak ini hobi traveling. Amerika, Asia dan Bali menjadi kawasan krusial sekaligus tempat berlibur dambaan Veronica. Tidak hanya itu, dari berbagai tempat yang tersebar di tiga kawasan tersebut, beliau mampu melihat dan mempelajari dunia bisnis melalui kacamata berbeda. Selain hobi ini, beliau ternyata hobi membaca juga. “Dari hobi itulah, saya bisa menyerap banyak ilmu dan mendapatkan ide untuk terus berkembang,” ujarnya saat tengah diwawancarai oleh pihak Indscript Creative.

Latar belakang pendidikan marketing yang pernah dikenyam di negeri Paman Sam, membuat Veronica semakin mencintai jalur karir ini. Beliau akan terus memacu semangatnya untuk menjadi pebisnis sukses, lebih sukses lagi ke depannya. “Seorang anak harus lebih sukses dari orangtuanya,” tegas Veronica di akhir perbincangan dengan Indscript Creative.

“Berikan yang unik dan berkesan bagi customer Anda. Setiap customer adalah raja, dan raja selayaknya mendapatkan layanan terbaik.” (Veronica Ratna Ningrum)

Personal Branding Agency, Indscript Creative
Manajemen Veronica Ratna Ningrum, 268ED6C1

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.