Friday, March 22, 2013

WOMANMARKETER: SENTUHAN WANITA DI DUNIA MARKETING

a61e1b603c544b029c3beedbccc9f4e7

Yuk kita bahas seputar dunia marketing lagi Smile.

Masih bingung gak sih? Bisa dijelasin gak peran marketing itu apa sih?

Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha. Untuk itu, posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak harus dipegang oleh orang yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal bisnis maupun hubungan sosial.

images (3)

 

Kalo di Indonesia sendiri, apakah marketer wanita itu masih terbilang langka? Apa bedanya dengan marketer yang memang kebanyakan pria?

Ahli marketing di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh pria. Jarang terlihat marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan kiprahnya. Padahal sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi dalam dunia marketing. Ahli marketing wanita  biasanya memiliki kepekaan membaca peluang pasar, keluwesan berinteraksi secara sosial, serta memiliki kemampuan dalam menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Hal inilah yang membuat wanita memiliki peluang besar untuk tampil ke permukaan sebagai ahli marketing.

Siapa sih woman marketer paling kreatif dan terbeken di Indonesia?

Jawabannya adalah: Veronica Ratna Ningrum.

Veronica Ratna Ningrum adalah salah seorang WomanMarketer yang berhasil membuktikan, bahwa sentuhan kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk. Kepiawaiannya merancang suatu konsep strategi pemasaran dan mengeksekusi strategi pemasaran, mengantarnya menjadi seorang WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.

Sejauh mana peran wanita termasuk Veronica sendiri dalam dunia marketing?

Menurut Veronica, sentuhan seorang WomanMarketer akan memberikan nuansa yang khas, sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta lebih luwes dalam memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi Veronica sendiri, selain diuntungkan oleh keluwesannya dalam berinteraksi dengan klien maupun orang lain, dia juga diuntungkan oleh dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran sebuah produk. Tidak ada istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia mengerjakan sebuah proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen di atas segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan istimewa.

Ada nggak sih resep khusus dari Veronica agar mampu menjadi seorang marketer yang baik dan berkualitas?

Tentu saja. Beliau tidak segan untuk membagikan ilmu yang telah banyak diperoleh dan dikenyam selama terjun dalam bisnis marketing.

Menurut Veronica, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut soal kualitas produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa nyaman. Marketer yang baik juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan.

Demikianlah sentuhan Midas ala Veronica, sang WomanMarketer bermasa depan cerah ini, dalam menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi setiap kliennya.

Gimana? Anda tertarik untuk menjadi WomanMarketer seperti Veronica? Atau, Anda malah ingin memutar stir karir lalu menggeluti bidang marketing?

Personal Branding Agency, Indscript Creative

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini.