Sunday, December 16, 2012

PERJALANAN GC HARI INI

Kawan, kumohon, mari bersama-sama berpikir luas "OUT OF THE BOX". Tampilkanlah kemampuan kalian ketika aku memberikan tugas tersebut.

Once again, aku tidak ingin berdiri sebagai "dosen". Aku ingin berada di tengah-tengah kalian, mengajak kalian untuk menunjukkan bahwa kalian adalah manusia-manusia hebat yang Allah kirimkan padaku.

Tidakkah kalian pikir bahwa ketika--kerap kali--kalian berkata hal-hal negatif yang cenderung merendahkan diri kalian itu sama saja kalian mematikan kemampuan hebat/luar biasa yang sebenarnya ada dalam diri kalian.



Sudah sembilan pekan kita bersama, berbagi ilmu, pengalaman, perasaan, suka duka, tangis dan bahagia, ayolaah, pekalah terhadap diri kalian sendiri juga. Jangan hiraukan kritikan mematikan dari orang-orang yang tidak paham akan dirimu.

Tolong, buanglah rasa "merendahkan diri" yang kalian tuturkan dari bibir kalian. Kalian hebat, kalian pantas untuk menjadi "terpandang" dengan kemampuan luar biasa yang masih tersembunyi dalam diri kalian.

Ya, kesabaranku memang diuji. Sudah sekian lama aku mengobservasi kalian luar dalam dan mencoba menelisik potensi kalian masing-masing. Kalian sebenarnya punya senjata yang unik tetapi kalian sulit untuk menemukan amunisi yang tepat bagi senjata tersebut.


Jika dilihat dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, alhamdulillah, kalian sudah lebih hebat, lebih maju, lebih pantas dari pekan-pekan sebelumnya. Aku yakin itu. Aku yakin kalian mampu menjadi orang-orang luar biasa nantinya.

Kalian memang belum tahu bila pertemuan kita hanya tersisa satu tahun lagi. Sebelum aku benar-benar pindah, aku memang tidak memberitahukan hal itu kepada kalian agar aku dapat melihat "kemurnian" polah yang kalian ciptakan tanpa adanya intervensi dariku. Aku yakin, kalian mampu menemukan jati diri kalian, menemukan kelebihan kalian. Aku yakin apa yang menjadi kelemahan kalian, itulah yang nantinya akan menjadi kelebihan kalian. Dan, itu semua butuh proses, butuh kepekaan, butuh kesabaran, butuh kreativitas, butuh inisiatif.

Bagaimana bila nanti aku tidak lagi ada di sisi kalian? Pergi meninggalkan kalian untuk mengejar jejak-jejakku yang terus meneriaki langkahku untuk mencarinya di luar sana. Bagaimana jika tidak ada seseorang yang bisa menggantikanku untuk berbagi bersama kalian? Tidak selamanya kita harus bertemu, kawan. Perpisahan itu pasti ada.

Kalau saja kalian tahu, mungkin kalian akan lebih rajin daripada saat ini, tetapi sungguh itu tidak murni. Itu hanya akan muncul sebagai sebuah topeng bagiku. Itulah yang menjadi alasan mengapa aku berusaha untuk bertahan tidak memberitahukan hal ini pada kalian sebelum aku benar-benar pergi, aku ingin diri asli kalian, bukan keterpaksaan.

Aku yakin, kalian akan menjadi generasi yang hebat di balik beragam kisah-kisah pilu yang pernah kalian sampaikan padaku. Aku yakin kalian mampu menyelesaikan setiap permasalahan kalian. Aku yakin, yakin, sangat yakin.

Ini bukan hanya semata dari observasiku selama ini, semua observasi yang kadang tampak baik tetapi sebenarnya baik atau sebaliknya dan itu tidak menutup kemungkinan juga terdapat kesalahan. Aku mohon maaf.

Aku berada di tengah-tengah kalian bukan untuk menggurui, melainkan berbagi dan mengajak kalian untuk melangkah bersama menuju bintang masing-masing.

Suatu hari nanti, insyaAllah, aku yakin kalian semua akan menjadi orang-orang sukses di periode masing-masing.

Satu hal terakhir yang mungkin suatu saat akan kututurkan, ingatlah kebersamaan kita, jangan pernah lupa bahwa kita pernah sama-sama tertawa dan menangis. Aku bangga dengan keunikan kalian, kawan.



--For rekan2 di Guidance Club STAIN Parepare-- :) ^_^

3 comments:

  1. Semoga ini menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi banyak orang


    keripik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, terima kasih mbak Alisya. Anyway, resep2nya maknyus bangetd sih mbak :D bikin aku jd ngiler aja ngunjunginnya hihihi ^__^

      Delete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.