Sunday, June 2, 2013

BERBAGI DAMAI DENGAN MEDITASI

Meditasi tidak hanya dilakukan oleh pemeluk agama tertentu. Meditasi pun tidak hanya dilakukan oleh orang yang melakukan yoga. Meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun yang menginginkan pikirannya tetap tenang dan terbebas dari stres, dan difungsikan untuk membantu mengembangkan kemampuan diri dalam menjalani hidup. Itulah yang dikatakan oleh Adjie Silarus

Adjie, meditator muda yang kerap mengisi sesi training meditasi Sejenak Hening di sejumlah perusahaan besar di Indonesia ini, selanjutnya mengatakan, “Meditasi tidak hanya dapat dilakukan di tempat tertentu, namun dapat dilakukan di mana pun. Dengan meditasi, akan diperoleh kedamaian dalam diri dan kita dapat bertindak lebih bijaksana.” 

Seseorang dapat merasakan kedamaian melalui meditasi, karena meditasi ibarat alat untuk menenangkan pikiran dan mempertajam intuisi. Seperti halnya air dalam bejana yang keruh, jika kita memberinya waktu untuk tenang dan mengendap, kita dapat melihat di mana sumber kekeruhan itu bermula. “Ini yang sering disebut dengan meditative mind, yakni pikiran yang dilatih melalui teknik meditasi, agar mampu memilah mana informasi yang perlu diperhatikan dan mana yang tidak,” ujar Adjie. “Sebab, seringkali orang menjadi stress dan tidak damai, karena pikirannya terlalu fokus pada informasi yang sebenarnya tidak penting.”

Ketika pikiran sudah terlatih untuk lebih tenang, maka seseorang dapat menemukan sumber-sumber penyebab ketidakdamaian pada dirinya, dan memilahnya. Pikiran yang terlatih juga mempertajam intuisi, sehingga seseorang dapat terbantu manakala harus membuat keputusan penting. Intuisi tersebut akan membantunya menentukan mana yang terbaik dari sekian banyak pilihan atau informasi yang diterimanya.

“Untuk itu, latihlah pikiran Anda melalui meditasi. Lakukanlah meditasi di mana pun Anda berada. Ketika Anda sedang antri di suatu bank, dan merasa kesal karena antriannya panjang, maka lakukanlah meditasi. Diamlah sejenak, berkonsentrasilah pada pernapasan. Hirup dan hembuskan napas selama satu menit. Rasa kesal itu akan hilang secara perlahan. Ajaklah orang-orang di sekitar Anda yang kemungkinan sedang merasa kesal juga untuk melakukan itu. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda sudah berbagi kedamaian dengan sesama,” ujar Adjie.

Berbagi pengetahuan tentang manfaat meditasi dengan orang lain, sangat besar dampak positifnya, terutama dalam sebuah keluarga. “Gunakan momen meditasi bersama sebagai cara untuk mengeratkan hubungan antar anggota keluarga dan menambah keharmonisan. Sisihkanlah waktu barang satu menit, di saat semua anggota keluarga berkumpul. Tempatnya bisa di ruang keluarga, atau di halaman belakang rumah yang berrumput, atau di mana saja yang dirasa nyaman,” ujar Adjie lagi.


Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.