Thursday, April 18, 2013

PANDUAN MEDITASI DARI ADJIE SILARUS

Adjie Silarus. Seorang pria muda penyuka warna putih ini adalah lulusan Universitas Gajah Mada Fakultas Psikologi. Pria smart ini telah lulus mengikuti latihan meditasi kesehatan dengan menyelesaikan OMM 365, yaitu 1 tahun penuh mempelajari tentang One Moment Meditation, menguasai dan memahami tentang Meditative Mind serta Mindfulness. Dari pengetahuan meditasinya tersebut dapat dirangkum menjadi Panduan Meditasi dari Adjie Silarus untuk dijadikan panduan bagi orang lain yang membutuhkan.

Apa, sih, meditasi itu? Yang ada dalam pikiran Anda pastilah sesuatu yang tidak jauh dari posisi duduk seperti bersila, diam dalam keheningan. Sedangkan menurut kamus, meditasi adalah latihan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suara, objek, visualisasi, napas, gerakan, atau perhatian sendiri dalam rangka meningkatkan kesadaran atas saat ini, mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, serta meningkatkan pertumbuhan pribadi dan spiritual.

Daripada bingung bagaimana caranya, berikut ini akan sedikit dipaparkan mengenai Panduan Meditasi dari Adjie Silarus :
  1. Sejenak hening, dapat dilakukan untuk memberantas stres dan meredam kemarahan. Dengan posisi duduk di kursi seperti biasa, posisi kaki menyentuh lantai, kedua tangan di atas lutut, duduk tegak dan punggung tidak bersandar. Pasang timer 1 menit, pejamkan mata dan fokus pada napas. Sejenak hening pun dapat dilakukan sembari duduk di lantai. Jika dengan duduk di lantai, ambillah posisi bersila senyaman mungkin. Sejenak hening merupakan meditasi paling sederhana dan sangat mudah dilakukan. Teknik ini dapat dilakukan di manapun dan hanya 1 menit per hari. 
  2. Teknik bernapas. Pada teknik ini, kita berkonsentrasi untuk menyadari saat menghirup dan menghembuskan napas. Saat menghirup napas, katakanlah pada diri sendiri, “Menghirup napas, saya tahu saya sedang menghirup napas”. Dan saat napas dihembuskan, katakanlah, “Menghembuskan napas, saya tahu saya sedang menghembuskan napas”. Ketika latihan, tidak perlu mengatakan semua kalimat tersebut melainkan menyingkatnya dengan mengatakan “masuk” saat menghirup napas dan “keluar” saat menghembuskan napas. Lakukanlah minimal 1 menit agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita. 
  3. Harmonisasi pikiran. Dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : berdiam diri, konsentrasi, memotivasi diri, tekun dan sabar, serta mengolah kebahagiaan yang ada dalam diri. 
Itulah tadi sekilas Panduan Meditasi dari Adjie Silarus. Semoga tiga panduan di atas dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan informasi tentang meditasi.





Personal Branding Agency, Indscript Creative

Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.