Wednesday, May 15, 2013

TUTORIAL HIJAB DOBEL PARIS GRADASI BALAPAN

Assalamu'alaikum, jumpa lagi. Hari ini, sesuai janji kemarin, saya mau posting tutorial hijab syar'i model gradasi dobel paris lagi. Untuk postingan tutorial kali ini, model jilbabnya yang mempunyai sulam/bordiran di pinggirannya. Dan, disusul dengan model balapan. 

Maksud dari balapan itu adalah, kalau biasanya kita memasang jilbab atau ngedobel jilbab paris pasti lapisan dalamnya dibikin lebih kecil atau menjorok ke dalam dibanding lapisan luarnya kan? Nah, di tutorial kali ini mengusung tema balapan dengan gaya lapisan dalam yang agak menjorok ke luar daripada lapisan luarnya. Ini akan memberi kesan tambahan pinggiran atau border untuk jilbab yang berpinggir sulaman itu sendiri.  Jadi, bagi yang punya jilbab paris dengan motif sulaman tapi tetap mau syar;i, bisa mencoba tutorial yang sangat mudah ini.

Nah jangan lupa, sediakan/pilih jilbab mana yang akan dipakai (sesuai selera ya :) )
 Yang satu jilbab sulaman dan yang jadi lapisan
pasangannya sebaiknya pilih jilbab polos ya

Pertama, bentangkan jilbab warna polos. Setelah itu, disusul dengan lapisan kedua
di atasnya yaitu jilbab yang bermotif. Motifnya menghadap depan ya
(jangan dibalik menghadap ke belakang). 

Masuk ke proses lipatannya. jadi jilbab yang sudah ditumpuk tadi coba periksa dulu
kedua ujung yang akan menjadi segitiganya. Karena modelnya balapan,
jadi pastikan ujung jilbab lapisan dalam lebih panjang
daripada ujung jilbab sulaman atau jilbab luarnya

Setelah langkah kedua di atas, jilbab yang tadi langsung dibalik saja
kemudian dilipat membentuk segitiga. Bila lipatan bagian dalamnya agak tidak simetris,
abaikan saja, yang penting bagian yang akan
ditampilkan (bagian luarnya) sudah rapi seperti di langkah kedua tadi.

Nah, setelah itu angkat lalu kenakan jilbabnya. Penampakan belakang
dari jilbab ini akan tampak seperti gambar di atas. Bagaimana? Tetap cantik kan?  

Nah, itulah tadi secuil tutorial hijab model balapan ala gradasi dobel paris. Bagaimana, cukup menarik, tidak? Ini bisa diterapkan bilamana ukhti-ukhti sekalian punya jilbab sulaman atau bordiran yang terkesan agak kependekan bila dipakai secara tunggal. Dengan teknik balapan yang jauh di luar mainstream cara berhijab ini, jilbab sulaman yang tadinya pendek akan terlihat lebih panjang.

Kalau semisal kalian tidak suka menampakkan jilbab motifnya untuk menjadi lapisan luar, ya tinggal dibalik saja dengan teknik dobel biasa. Jadi, jilbab sulamannya yang berada di lapisan dalam sedang jilbab polos di luarnya.

Oh ya, kalau misalkan masih tampak transparan, lipatan dalam dari jilbabnya bisa disesuaikan ukurannya. Atau, lebih baik lagi, pilih jilbab paduan yang lebih panjang dari sebelumnya agar tetap panjang menutup dada.

Pastikan, pilih warna-warna yang soft atau cenderung natural untuk jilbab sulaman yang warnanya agak mencolok. Seperti tutorial di atas. Jilbabnya itu berwarna oranye cukup cerah, sehingga saya padukan dengan jilbab polos putih tulang. Bila ingin terkesan gelap, bisa kalian padukan dengan jilbab warna senada yang lebih gelap dari itu. Misal; oranye cerah dan oranye tua. As your pleasure ya^_^

Okeh selamat mencoba.
Stay syar'i, stay beauty

4 comments:

  1. Cantik, meskipun agak mainstream ya ^_^ soalnya biasanya kan dobelannya di dalem gak keliatan, kalau ini justru di perlihatkan. Thanks tips nya :)

    ReplyDelete
  2. makasih kaka .. postingannya sangat bermanfaat,,. insyallah saya mau mencoba

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.