Saturday, June 8, 2013

CATATAN HATI DOSEN JUNIOR (12)

Kemarin sore adalah jadwal UAS matkul Pengantar Psikologi, tepatnya pukul 13.30 WITA di kampus STAIN Parepare. Kemarin pun sekaligus hari perpisahan antara saya dan teman-teman mahasiswa/i BKI.

Tak terasa sudah di ujung waktu. Kurang lebih 5 bulan ditambah 4 bulan di tahun 2012 lalu sudah terlampaui. Dan, tugas akhir saat ini sisa menghitung nilai akhir dari dua mata kuliah yang saya pegang.


Kemarin suasana terasa beda. Meski masih dalam musim UAS, namun semangat kekeluargaan dan kedekatan kami tampak begitu kental. Candaan tidak henti-hentinya saya lihat saat pertama datang hingga ujian berakhir. Oiya, di tengah ujian, teman-teman memang sering bercanda, ada yang ribut dan ngomong sendiri. Tapi, itu tidak jadi masalah buat saya asalkan mereka tidak menyontek atau diskusi satu sama lain.

Kemarin begitu banyak hal seru dan lelucon konyol yang terjadi di tengah ujian. Masih ingat kan dengan mahasiswa introvert yang saya ceritakan selama ini? Saat giliran gelombang shift dua memasuki ruang ujian (berjumlah 5 orang), terjadi insiden tidak penting yaitu tutup bolpoint salah seorang mahasiswa cowok terjatuh. Mahasiswa ini teman dekat si mahasiswa introvert itu. Eh, pas jatuh, si mahasiswa introvert ini membungkukkan badan. Kupikir dia akan memungut dan mengembalikan pada temannya itu. Tidak taunya, dia malah sengaja membuang tutup pulpen itu lebih jauh dari tempat jatuh semula. Emang sih, kadang rada usil, tengil tapi tetap saja, kelakuan konyol dan uniknya itu malah membuat kami semua tertawa termasuk saya. Sehingga suasana ujian sama sekali tidak menegangkan karena ulahnya. Tidak hanya itu. Ada juga mahasiswa yang bertanya tentang maksud dari beberapa soal ujian. Dia bertanya lalu saya jawab bahwa sepertinya itu sudah cukup bisa dipahami karena pernah saya beri juga soal yang serupa saat mengadakan kuis. Lalu, dia berkata bahwa dia sudah paham tapi saat saya bertanya apa benar dia paham, eh... dengan senyum malu, dia menutup muka dan menggelengkan kepala. Tampaknya dia lupa-lupa ingat dengan materi tersebut dan beberapa dari kami pun ikut tertawa lagi.

---

Selain cerita di atas, saya juga ingin bercerita tentang menghadapi teman-teman mahasiswa. Terkadang repot juga menghadapi teman-teman apalagi di kelas itu mereka terbilang memiliki keunikan yang berbeda namun konyol. Ada yang digojloki satu sama lain, ada yang cinlok bahkan pacaran hingga nomor hapenya saja sama cuma beda satu angka di belakang, ada yang hobinya curhat melulu sampe temen yang selalu dicurhatin itu bosen dan bilang jangan sering-sering curhat napa, dan ada pula yang rada usil ya seperti si introvert itu.

Dan, lebih dari itu, mereka tanpa sadar sudah curhat pada saya (di tiap sesi sharing usai materi kuliah) kalau ada di antara mereka yang diam-diam mengagumi sesama teman kelas dan menyukainya. Tapi, lucunya, mungkin hanya saya saja yang tau sedang yang lain tidak.

Menghadapi mahasiswa yang terlibat cinlok apalagi pacaran itu yang rada susah. Kalau mereka berantem pas lagi materi kuliah, bawaannya yang satu ribut, yang satu lagi malah ngeyel minta pembelaan. Duuuh, seperti anak SMA keliatannya. Tapi, mau bagaimana lagi. Mereka memang wataknya sudah seperti itu. Kalau ditegur pun, mereka mendengar dan paham cuman di pertemuan berikutnya pasti akan melakukan hal yang sama. Meski demikian, seribut apapun mereka, mereka tetap mampu menerima materi dengan baik dan terlihat di beberapa nilai kuis di pertemuan2 akhir setelah UTS.

Huffft... and finally, saya harus berpisah dengan mereka. Sampai-sampai kemarin ada yang nyeletuk, "Kak, gak ada kata-kata terakhir apa gitu kek, kan ini hari terakhir kita?"

Hehehe.... iya juga sih, tapi saya cukup mengirimkan SMS ke mereka semua dan tidak lupa sebelum pulang, kami take a picture bersama.

Gak bakal lupa deh masa-masa seru dengan teman-teman BKI..... Hiksss... :( entah kapan saya pindah tapi sedih juga tidak bisa memperpanjang kontrak ngajar karena harus waspada kalau2 perpindahan dimajukan. Heum, I'll be miss you guys, miss you so bad later.... Semoga kita bisa bertemu lagi ya ^_^

Para Personil BKI STAIN PAREPARE SEMESTER DUA ^^





WITH ME.....



No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.