Saturday, June 1, 2013

DOA KETIKA MENGALAMI KESULITAN

Kita pasti pernah merasa memiliki masalah yang seolah berbuah jalan buntu dan kekalutan.
Saat kita mengalami kesulitan, tentunya pikiran kita akan cenderung lebih mudah terpengatuh oleh hal-hal negatif seperti mengeluh, melontarkan kata-kata buruk dan menganggap betapa sialnya diri ini. 

Apa yang bisa kita lakukan saat mengalami kesulitan? Banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah menentramkan hati serta pikiran dengan mewiridkan istighfar sebanyak-banyaknya. Di dalam istighfar itu mengandung banyak sekali khasiat dan rahasia yang mengagumkan. Dalam hal ini Nabi Muhammad saw. bersabda:

"Barangsiapa yang membiasakan istighfar (meminta ampun kepada Allah), niscaya Allah akan menjadikan (memberikan) jalan keluar baginya dari segala kesulitan (masalah-masalah sulit) dan memberikan (menggantikan) kesenangan dalam segala kesusahan, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga." (HR. Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah dan Hakim dari Ibnu Abbas ra.)

Selain istighfar, demikian pula, Al-Hakim meriwayatkan dari Sa'ad ra. bahwa Nabi saw. bersabda, "Maukah kalian kuberitahu sesuatu yang jika salah seorang kalian menghadapi kesulitan dan persoalan berat dan genting lalu berdoa dengannya, niscaya Allah memberi jalan keluar? Itu adalah doa Nabi Yunus as." 

Doa yang dimaksud adalah:
Laa ilaaha illa anta, subhaanaka, innii kuntu minazhzhoolimiin.... (Tiada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim."

Atau, dapat juga dengan membaca atau mewiridkan ayat-ayat Al-Qur'an sebagaimana telah diajarkan oleh Nabi saw. kepada kita berikut:
Nabi saw. bersabda, "Barangsiapa membaca ayat kursi dan penutup surah Al-Baqarah pada saat kesulitan dan ketika ditimpa kemalangan, maka Allah swt. akan menolongnya." (HR Ibnu Sunni dari Abu Qatadah ra.)

Semoga kita senantiasa dimudahkan dalam segala urusan kita dan dimudahkan pula dalam menghadapi segala cobaan serta kesulitan ya, aamiin aamiin yaa rabbal'aalamiin... ^_^ Ingatlah, setelah masa sulit ada masa kebahagiaan, setelah duka akan muncul duka, setelah hujan badai, akan muncul langit biru dan pelangi :)

1 comment:

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.