Sunday, July 13, 2014

PASCA TES S2 PROFESI PSIKOLOGI

Alhamdulillah, masih dikasih kekuatan juga untuk nulis blog. Sekadar bercerita aja sih, padahal aslinya kepala ini sudah pusing. 

Pagi hingga sore tadi, saya ikutan tes masuk S2 Profesi di Aula Kampus I UMM. Yang daftar profesi ternyata membludak. DUA RATUUUUS ORAAAANG MEEEN! Dan, kalian tahu berapa yang disaring?? Kursi profesi itu hanya membutuhkan 20 orang. Yang 9 orang sudah terduduki kata dosen (ini sih operan dari yang Februari lalu gelombang akhir daftar tapi belum masuk kelas) jadi otomatis tinggal mencari siapa "pemenang" 11 kursi.


Ya Rabb,, tesnya tuh ya amazing banget. Ada Bahasa Inggris yang setara dengan TOEFL, Tes Potensi Akademik, trus tes grafis (disuruh gambar orang dan pohon gitu laah kayak biasanya), tes mengarang simpel dan khusus pendaftar profesi ada tes tambahan yaitu TSA (saya gak tau kepanjangannya tapi materi TSA ini pure teori psikologi banget) dan terakhir adalah wawancara.

Saya udah pasrah aja untuk tes TPA dan Bahasa Inggris itu. Alhamdulillah untuk yang tes TSA tadi, lebih mudah dan cepat ngisinya karena semua yang pernah dipelajari masih nyantol di otak hingga sekarang (padahal hari sebelumnya gak belajar teori psikologi apapun hehehe).

Untuk tes mengarang, karena saya kebanyakan mikir jadinya kurang 1 paragraf, yaaa amppun ngarang doang kok ya saya bisa blank sih. It's okay, semoga tidak mempengaruhi nilai yaa aamiin.

Dan, kenapa saya pulang jam setengah lima sore, itu karena saya dapat antrian paling akhir untuk wawancara. Syukurlah, dosennya sendiri yang request untuk wawancara sama saya aja karena udah kenal jadi gak perlu bertele-tele. Menyenangkan lah setidaknya karena nostalgia dengan dosen lama (tapi beliau gak ngajar nanti soalnya mau S3 di UGM). Wawancara tadi cuman ngobrol biasa, malah cerita-cerita soal aktivitas. Karena sekarang aktif nulis buku, ibu dosen jadi tercengang, "Saya baru tahu loh kalau kamu suka nulis buku." Trus, ibunya ngasih support semoga bisa lulus masuk ke kursi profesi deh ya.

Pas selesai wawancara mau pamit pulang gitu, dosen laki-laki kami, si Pak Zainul nyeletuk ke saya, "Habis ini tahajjud yang banyak, doa yang banyak biar lulus yaak." Hmm so sweet... hehehe ya kan udah kenal jadi enjoy aja gitu ya mereka.

Well, beberapa hari ini istirahat dulu, berdoa sebanyak mungkin semoga tanggal 16 Juli pas pengumuman ada nama saya nyantol di papan, aamiin.

Sudah ngebet banget pengen S2.

In sya Allah, udah siap lahiiir batiiiin maaah dari tahun-tahun lalu, jadi udah gak perlu dipertanyakan lagi saya punya gambaran apa nggak, siap apa nggak dan gimananya. Kalo udah passion dan panggilan hati itu, semua in sya Allah bisa dipermudah jalannya. Satu sih harapan saya, semoga di sela-sela kuliah, saya bisa tetap produktif nyari bahan untuk nulis (yaa kan buku-buku saya juga mayoritas pasti ada bahasan psikologi di dalamnya jadi sambil kuliah, sambil ngumpulin bahan untuk naskah buku baru).

Kalau ditanya soal nikah lagi nikah lagi (untung sih tadi cuman ditanyain udah nikah apa belum, dan nggak nanya lebih ke dalam-dalam hehe), itu maah saya serahin sama Allah. Kalau toh Allah udah netapin waktu jodoh saya datang, in sya Allah akan dimudahin kok meskipun saya nyambi kuliah.

Semangat..semangaaat... Optimis duluan, semoga bisa lolos. Dua setengah tahun lagi resmi jadi psikolog, aamiin. Ilmunya bisa lebih dimanfaatkan lagi untuk masyarakat dan semoga kelak bisa nulis buku psikologi ilmiah dan tetep nulis psikologi populer juga as usual, aamiin. Semoga rezeki diperlancar (sambil kuliah, saya juga lagi nyiapin dana nih buat buka lapak dagangan karena kalo kuliah magister psikologi kan nggak boleh nyambi kerja jadinya cari alternatif lain gitu hehe). Alhamdulillah juga setidaknya nggak begitu ngerepotin ortu karena bisa bantu bayar uang kuliah, paling nggak bayar registrasi sama matrikulasi nanti saya bayar pake uang sendiri. Alhamdulillah juga Allah ngizinin ketiga naskah baru untuk terbit. Mudah-mudahan royaltinya bisa cukup untuk kuliah sampe tuntas dan untuk berbisnis bantuin ortu. At least, saya juga udah niatkan sih, nyicil nabung duit untuk menikah (untuk pre-marital check-up nya nanti dan mungkin untuk lainnya walaupun sedikit yang penting ada). 

Nikmat mana lagi yang akan saya dustakan ya Rabb? Engkau udah berbaik hati bangeeeet pada hamba-Mu ini, jadi ridhai hamba-Mu ini ya Rabb, biar bisa menjaga dan menjalankan semua amanah ini dengan istiqamah dan semoga diberi kekuatan, kesehatan serta kesabaran. Aamiin aamiin

11 comments:

  1. Halo mbak.. salam kenal.. tertarik banget baca unek2 mbak selesai ujian.. saya Ririn.. kebetulan saya lg mempersiapkan dri untuk ujian seleksi magister psikologi profesi di bulan juli nanti.. jujur saya deg2an bgt mbak.. saya kebingungan mengenai ujian yg pure teori psikologinya (Ujian keprofesian).. boleh mbak sharing gimna ujian mengenaii teori psikologinya mbak?? terima kasih...oh ya mbak, kalo boleh tau mbak ambil kekhususan profesi apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy ambil klinis krn mmg d kmpus kami khusus klinis kalo profesi

      pelajari aja teori2 waktu zaman S1 yg pure teori sama applied theory-nya

      semangat ya semoga berhasil

      Delete
  2. Assalamu Alaikum.. Salam kenal mbak. Sy juga ingin ikut tes d umm. Profesi psikologinya khusus klinis yah? Jadi nantinya double degree mbak? Sebenarx sy ingin menelepon kontak person untuk tanya2 mengenai persyaratannya, tp sy tdk menemukan d webnya. Selain itu apakah sertifikat TOEFL n TPA tidak berlaku dsna? Tesnya nanti sehari yah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam
      slm knl jg ya
      oh mau tes d umm. Hmm.
      Iya mmg khusus klinis. Sy ambil program profesinya.

      Ada program sains, program profesi dan ada double degree jg (double degree itu sains plus profesi..2 program..2 kuliah..2 tesis dan 2 gelar).
      klo toefl dipake kok cm km tesnya d kampus aja sih wktu itu.

      Tesnya biasany sehari full dr pagi sampe sore tergantung jg dr brp byk yg lamar.

      Semoga sukses yaa

      Delete
  3. Assalamualaikum mbak. Salam kenal. Sy mau nanya kau di profesi umum, diajarkan berbagai macam tes jg yh? Apa aja mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam.
      profesi umum maksudnya apa ya?

      Delete
    2. Profesi umm maksudnya mba. Di ajarkan tes2 jg? Oiya ada tdk no.tlp mba yg bs sy hubungi. Banyak hal2 psikologi umm yg ingin sy tanyakan.

      Delete
    3. banyak. itu diajarkan sebelum masuk kuliah, pada saat matrikulasi.
      mhn maaf nomor sy jarang aktif.
      klo mo nanya silakan ke email aja emmakim28@gmail.com ya :)

      Delete
  4. Salam kenal. Sy jg dr sulawesi mba, kmrin hbs tes profesi psikologi di umm. Sy mau tanya harga sewa rumah dkt kampusnya nnti (rumah sederhana, krn Sy ada keluarga) brp Mba? Atau mungkin mba ada referensi untk sy hubungi. Terima kasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dari sulawesi juga
      ouh kalo harga sewa rumah saya kurang tau mba, kalo kontrakan mungkin ada cuman kalo deket2 kampus itu adanya di perumahan dan itu mahal2 semua mbak. kalo di daerah perumahan yang agak jauh ke daerah sengkaling itu per tahunnya range-nya sekitar 12-13 jt ke atas mungkin mbak

      Delete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.