Wednesday, October 25, 2017

MATEMATIKA: YAY OR NAY

"Do not worry about your difficulties in Mathematics. I can assure you mine are still greater."
-Albert Einstein-

Saya pikir, tidak ada mata pelajaran/mata kuliah yang mengajarkan hal buruk pada manusia. Namun, gak semua mata pelajaran atau mata kuliah bakal disenangi oleh semua orang, kan? 

Gimana dengan Matematika? Mata pelajaran satu ini pasti bakal kita temui di mana pun, bahkan mulai dari TK hingga kuliah, kita pasti bakal ketemu sama pelajaran satu itu. Ya kan? Kalian yang udah kuliah pun pasti bakal ketemu Matematika dalam bentuk Statistik meskipun kuliahnya di jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial.





Flashback ketika masih sekolah dulu. Waktu TK hingga SD, saya suka banget belajar berhitung, ya penambahan, ya pengurangan, perkalian sampai pembagian. Senang aja gitu rasanya pas belajar Matematika, apalagi waktu guru ngasih pertanyaan, siapa yang bisa jawab harus ngacungin tangan supaya bisa dapat nilai. Saya juga masih ingat pas kelas 4 SD, saking semangatnya, saya sampai dimarahin guru karena angkat tangan terus pas guru saya ngasih pertanyaan. Kok yang jawab, saya mulu, yang ngacung pertama saya mulu, yang lain ke mana??? Sian deh gueeh.. Kok ya lagi semangat-semangatnya mau jawab pertanyaan di saat semua murid lagi malas, eh malah kena marah. Ya udin deh ah ya, saya diam aja habis itu.

Tapi, pas masuk SMP, saya merasa pelajaran Matematikanya kok ya makin rumit ya. Gimanapun juga, mau gak mau saya harus lebih giat belajar Matematika karena saat itu saya terpilih sebagai wakil sekolah untuk mengikuti ajang pemilihan siswa dan siswi teladan. Tiada hari tanpa briefing dan pengayaan. Tiap pulang sekolah, saat semua teman udah pada pulang, saya dan satu teman saya yang jadi wakil untuk siswa (laki-laki) gak bisa langsung pulang karena masih harus ikut pengayaan, belajar materi-materi soal yang akan diujikan saat perlombaan. Kebayang malas dan capeknya otak ini Tuhan digenjot tiap hari. Tapi, udah lumayan sih pas terpilih jadi juara III murid teladan bareng temen saya yang cowok itu. Seneng sih iya, cuman sayangnya saya jadi ketinggalan banyak pelajaran di kelas karena setiap minggu, gak pasti hari apa, pasti bakal diijinin cabut dari kelas buat ikut briefing,  pengayaan, dan lomba. Lombanya waktu itupun memakan waktu berpekan-pekan. Yah, kebayang dah rasanya sekolah, masuk cuman bentar habis itu disuruh ke kantor depdiknas, habis itu disuruh balik sekolah lagi ikut pengayaan di saat yang lain udah pada pulang ke rumah.

Saya juga masih ingat waktu kelas VIII atau II SMP, saya pernah mendapat penghargaan karena terpilih sebagai siswi dengan peringkat I umum sekolah. Sontak, temen-temen pada lingak-linguk heran, kaget, speechless, sisanya ikut seneng, sisanya lagi gengges bin gempar gak terima saya dapat rangking I umum. Bahkan temen sekelas yang merasa saya rebut kedudukannya juga sempat gak terima kenapa saya rangking I??? Zzz.... okay, sabar aja ya. Pikir saya, di mana pun sekolahnya, di mana pun berada, pasti ada kok orang yang suka dan gak suka sama diri kita.

Horornya, pernah saya dihadang salah seorang yang fans berat sama temen saya yang selalu rangking I di sekolah itu. Nah, pas giliran sehabis pengumuman, dia tahu rangking I umum itu jatuh ke tangan saya, dia gak terima. Dia sampe gak tanggung-tanggung ngehadang saya pas pulang sekolah terus nodong saya pake sejumlah pertanyaan. Bahkan parahnya lagi, dia menuduh saya pakai jampi-jampi dan itu dia pake acara teriak-teriak di depan umum. DI DEPAN UMUM, DI DEPAN ORANG BANYAK LO YA, dia teriak, EHHHH EMMA PAKE JAMPI-JAMPI, MUSTAHIL DIA RANGKING SATU. ITU FITNAH!!!

Ya, yang namanya manusia, saya kezel dong ya. Yang bikin saya makin kezel adalah dia itu laki-laki (tapi rada bences) yang mirip kayak lambe turah. Gak habis pikir, gimana ekspresi dan reaksi orang-orang sekitar ketika dia dengan heboh dan garingnya ngata-ngatain saya kayak gitu. Dia udah mempermalukan dan memfitnah saya di depan murid-murid seantero sekolah. Tapi, temen-temen saya yang baik pada saya bilang ke saya untuk gak usah ngehirauin apa kata orang. Mereka meyakinkan bahwa pemilihan itu sifatnya fair dan gak ada satupun yang berhak merasa dirugikan.



Semenjak itu, saya jadi mulai malas belajar Matematika. Malas lantaran beberapa minggu setelah pergantian semester, ada beberapa orang yang menyebarkan isu gak benar mengenai pemilihan peringkat umum sebelumnya. Beberapa teman ada pula yang ikut termakan isu itu sampai meragukan kemampuan saya. Saya hampir berada pada titik tersudutkan, terpojokkan. Bayangin aja, pagi-pagi baru tiba di sekolah, beberapa murid udah kongkow di depan kelas sambil bisik-bisik tapi matanya sinis ke saya. Bodohnya, saya merasa semakin ngenes. Gimana gak ngenes karena teman saya yang selalu rangking dulu itu adalah kelompok belajar saya di kelas (dulu kami sistemnya di kelas adalah duduk berkelompok-kelompok mulai awal hingga akhir semester). Acapkali dia masih mecucu bin mendelik yang kemudian membuat saya ingin saja tukaran kelompok. Tapi, teman-teman yang lain senantiasa nguatin saya diam-diam, minta saya untuk gak nyerah gitu aja dan yakin pasti kelak si teman saya yang marah tadi bakal sadar bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh posisi terbaik di sekolah dengan kemampuan belajarnya yang mumpuni.

Saya ngangguk-ngangguk aja dan pasrah. Belum lagi, makin banyak tugas kelompok yang terbengkalai cuman gara-gara masalah "rangking". Yang tadinya si temen saya yang marah itu adalah ketua kelompok, mendadak mau ngundurin diri dari posisinya dan melimpahkan tugas presentasi ke saya. Saya cuman gak habis pikir kalo ternyata bersekolah pada masa itu sangat kompetitif dan gak mudah untuk bisa pertahanin posisi yang udah diraih mati-matian.

Kejadian beneran. Ketika tiba hari presentasi tugas kelompok Matematika, dengan langkah gontai, saya maju ke depan kelas. Bapak guru Matematika (yang mana beliau adalah mantan guru Mama sekaligus teman Mama jaman dulu) sempat menertawai saya yang bertingkah sok lemah lunglai pas presentasi. Pas kelompok lain mengajukan pertanyaan, saya sebagai ketua tentu punya rasa gengsi jika harus terus melimpahkan tugas menjawab pertanyaan ke teman-teman. Minimal sih saya harus menguasai bahan dan bisa menjawab dengan tegas. 

Namun, belum juga saya jawab, semangat saya langsung down ketika Bapak guru nyuruh saya untuk jawab semua pertanyaan tanpa harus minta persetujuan atau bantuan opsi jawaban dari anggota kelompok. MAMPUS gak sih? Udah diketawain guru, temen saya yang masih marah itu acuh gak acuh, belum lagi sorak-sorai dari kelompok lain yang nungguin jawaban dari saya. 

Dengan kekuatan bulan dan bintang bismillah, dengan kalimat terbata-bata, saya mencoba menjawab. Saya paham jika ada teman yang masih gak sreg sama jawaban yang saya kasih tapi alhamdulillahnya tanpa diminta, mereka mengerti posisi dan keluhan saya. Mereka ternyata udah tahu mengenai isu yang beredar tapi sebagian dari mereka justru memaklumi. Maklum jika saya gak bisa maksimal presentasi karena satu, saya gak expert untuk pelajaran Matematika, dua, saya masih terjebak dalam suasana tidak menyenangkan pasca pengumuman peringkat di semester lalu.


Sehabis presentasi, si Bapak guru nepuk pundak saya sambil ngasih wejangan. Wejangannya apa? Saya disuruh lebih gigih lagi belajar Matematika. Belum sempat saya mau ngucap syukur karena tadinya saya kira bakal dimarahin, eh gak taunya si Bapak guru bilang, "Yan, nanti kamu yang jadi wakil di lomba Olimpiade Matematika ya. Kamu harus ikut. Saya udah usulkan kamu." Errrfffgghh..... Entah harus sedih atau marah atau bahagia. Rasanya campur aduk aja perasaan kala itu. Belum lagi disuruh ikut Olimpiade Matematika. MATEMATIKA LAGI??? Padahal jauh-jauh hari, saya udah minta izin ke guru Biologi buat didaftarin Olimpiade Biologi. Saya udah persiapkan untuk Biologi, mati-matian belajar Biologi supaya nilai saya gak meragukan dan supaya bisa ikut sebagai wakil Olimpiade Biologi. Tapi, lagi-lagi, mengapa saya harus dipaksa untuk gak memilih? Mengapa harus Matematika lagi???

Saya cuman senyum dengan raut wajah yang jelas gak ikhlas sewaktu dengerin usulan si Bapak guru tadi. Pengen ngelus dada aja, Pak...

Berasa mimpi buruk tau gak sih. Pagi-pagi harus selesaiin tugas kelompok Matematika yang terbengkalai, harus presentasi dadakan, diketawain, dan disuruh ikut Olimpiade Matematika. Purrrrfeect...

Berjalannya waktu, saya jadi dapat pelajaran berharga. Saya udah pasti dan sangat jelas gagal maju ke babak final Olimpiade Matematika. Belum lagi nilai ulangan blok Matematika saya belakangan banyak yang hancur. Terang aja sih kondisi psikologis saya serasa goyah tak menentu. Bahasa hiperbolanya, seolah sedang berada di titik nadir. Gak tahu kudu semangat dengan cara apa lagi. 

Belum lagi, di ujian Bahasa Inggris, (bukannya sombong tapi ini cerita sebenarnya), kebetulan saya dapat nilai paling tinggi di antara seluruh kelas, dan kemudian guru meminta saya untuk ngajarin teman-teman yang membutuhkan, belum lagi saya kudu diminta pertahanin nilai itu hingga akhir sekolah. Belum lagi ada guru Bahasa Inggris satunya yang minta saya untuk gak pelit bagi ilmu. Apa Pak? Jadi, Bapak pikir saya pelit? Saya gak pelit Pak, cuman saya berusaha untuk gak memberikan contekan, sebisa mungkin supaya tetep fair dan saya juga berusaha untuk gak pernah mau nyontek lagi kalo ada ulangan Matematika (iya dulu saya sempat nyontek sih, tapi udah belajar ngendaliin diri). 

Inilah hidup, menjadi manusia yang sewaras mungkin menyadari bahwa hidup gak melulu harus optimis. Kadang, terlalu optimis itu juga gak baik. Kadang, apa yang kita harapkan ternyata gak kenyataan. Bukan karena salah kita yang gak memperbanyak usaha namun karena situasi yang mengharuskan kita untuk gak membuat banyak pilihan. Seperti halnya ketika saya harus terjebak mengikuti Olimpiade Matematika, harus memikul amanah rangking I umum, mendapatkan nilai Bahasa Inggris (yang kebetulan pada saat itu) nilainya sempurna di antara ratusan murid di sekolah dan masih banyak lagi peristiwa kurang menyenangkan yang bersinggungan dengan dunia akademis di sekolah saat itu.


Bersyukurnya, pas udah mau lulus SMP, teman saya udah gak marah lagi. Kami juga udah gak sekelas lagi karena yang masuk peringkat 10 besar diacak untuk menempati beberapa kelas. Saya waktu itu kedapatan masuk di kelas III.1 (waktu kelas III SMP). Saya merasa merindukan aroma kompetisi yang dulu karena terbukti di kelas tiga, saya teramat santai, sering dapat rangking 1 kelas, ngerasa kekurangan challenges. Ya, saya bersyukur aja sih punya teman-teman pintar dan pernah disinisin teman pintar. Itu berarti saya masih punya kemampuan dan saya menghargai kemampuan saya itu.

Saya pun sadar, mungkin saya gak suka sama pelajaran Matematika akibat pengalaman masa lalu yang gak banget terkait Matematika. Akhirnya, saya malas-malasan setiap ketemu dengan deretan angka yang banyak.

Buat kamu yang gak suka sama pelajaran Matematika, gak masalah kok. Hidupmu gak lantas bakal ending. Kamu masih bisa pelajari dan kembangkan potensi di subject lain yang kamu minati. Mungkin pada bidang ilmu sosial atau bahasa. Kamu juga gak mesti kok jadi anak IPA. Entah keajaiban apa waktu SMA saya bisa masuk kelas IPA. Jujur, saya sering dapat nilai bagus pada matpel Fisika dan Kimia kala itu tapi gak banget untuk Matematika. Nilai ilmu pengetahuan sosial saya pun jauh melambung tinggi namun saya harus mati-matian untuk tetap survive di kelas IPA.



Saya petik aja sebagai pelajaran. Kalo udah tahu saya lebih pintar di ilmu sosial, seandainya saya masuk kelas IPS dulu ya, mungkin saya akan selalu merasa puas, mungkin saya hanya bakal semakin terjebak dengan zona nyaman seperti waktu kelas III SMP. 

Pas masuk SMA kelas IPA, saya semakin kewalahan. Sempat dapat rangking III umum, tapi setelah itu makin menurun. Entah karena semangat yang juga kian surut atau hal lain.

Sekali lagi, saya katakan, gak masalah kamu gak suka Matematika. Tapi, ketika tiba waktunya kamu harus berhadapan lagi dengan subject itu, maka persiapkan diri, challenge dirimu sendiri sebagai ajang untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas diri. Gak papa kok kalo nilai Matematika rendah. Yang penting ada niat untuk terus belajar.

Bila perlu, coba temukan metode belajar yang bisa membuat kalian betah dengan Matematika. Belajar kan gak harus selalu di dalam kelas. Bisa belajar dari objek-objek yang ditemuin di kehidupan sehari-hari, belajar bareng temen, belajar di internet atau lainnya. 

Kalo kamu pernah membaca artikel bahwa ada penelitian yang menyatakan anak yang gak pintar di Matematika itu karena kekurangan zat besi atau salah ibunya mengandung, stop, jangan terlalu terhasut oleh hasil penelitian. Sekalipun mungkin itu benar, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk ogah belajar sama sekali.

Saya juga gitu. Sampai saat ini, saya masih terus belajar. Kadang iseng-iseng nyoba jawab soal-soal yang ada di internet. Itung-itung buat jaga-jaga aja barangkali someday saya dapat panggilan kerja, berharap bisa mendapatkan nilai lebih baik lagi pas ikut tes kerja.

Intinya, jangan pernah menyerah. Terus belajar tingkatkan kualitas diri, minimal dari diri dan untuk diri sendiri. Gak usah dengerin kata-kata orang yang menyudutkan. Tetap recharge diri sendiri dengan hal-hal yang positif dan optimislah dengan kadar sewajarnya.

Yap, sekian dulu ya cerita kali ini. Terima kasih udah nyimak.


No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.