Saturday, October 20, 2012

Hasil Bekerja 16 jam

Betapa nikmatnya menyisihkan waktu untuk bekerja dengan hobi. Belakangan ini saya juga demikian. Saya mulai menerapkan "16 jam", ya saya bekerja selama 16 jam. Bekerja dengan fisik, otak dan hati juga bekerja dengan hobi.

Ajaib! 16 jam yang saya terapkan beberapa minggu ini membuat saya lebih memahami diri saya termasuk apa kelebihan dan kesalahan yang telah saya perbuat.

Tempo hari, saya telah melakukan kesalahan sepele yang cukup fatal seperti yang saya tuliskan di Berkaca dari kesalahan sepele yang bersifat fatal .

Setelah memperbaikinya, saya bisa lebih detil lagi dan berusaha lebih cepat tanggap lagi dari yang kemarin. Dan, kemarin malam ketika masih sedang asyik menorehkan ide untuk sebuah proyek audisi menulis yang mana dana royaltinya akan disedekahkan ke yang membutuhkan, saya mendapatkan balasan dari "16 jam" dan evaluasi yang saya lakukan. Alhamdulillah, membacanya seperti tidak terduga sebelumnya. Dengan berbagai pertimbangan, salah satu naskah yang saya ikutkan di salah satu dari beberapa lomba yang saya ikuti akhirnya LOLOS di tahap I penjurian dan masuk menjadi nominator tahap II. 

Namun bukan itu sebenarnya yang membuat saya lebih tercengang. Saya lebih tertarik menelusuri beberapa kritikan dan masukan dari juri di tahap 1 terhadap naskah saya sehingga saya lebih mudah mengetahui apa yang menjadi pertimbangan baik dan buruknya. 

Ya, itu adalah modal berharga yang saya peroleh dari beberapa kritikus seni di perlombaan tersebut dan ke depannya, saya akan lebih perhatian lagi, lebih detil lagi, lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Menang atau tidak itu adalah keputusan juri tahap II. Saya sih optimis berharap bisa menang. Jika pun tidak menang, bagi saya, saya sudah menang karena telah lolos seleksi di tahap 1 yang mungkin saja ada beratus-ratus naskah yang disaring di situ, dan saya berhasil menjadi salah satu nominator di tahap 2.

Yap, itulah sekelumit dari bagian kisah saya selanjutnya menuju mimpi saya. A journey to my dream.

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.