Tuesday, June 11, 2013

HIJAB SYAR'I CULUN, BENARKAH?

Menuliskan judulnya saja membuat hati saya remuk redam. Bagaimana tidak, di zaman serba modern saat ini, berbagai model hijab dengan segala pro kontra dan kontroversinya cukup menjadi 'pukulan' bagi para akhwat yang masih bertahan untuk mengenakan hijab secara syar'i.

Saya memang tidak begitu menyukai model hijab modern yang muter sana muter sini, gulung sana-sini. Namun, entah mengapa, di luar sana, masih banyak kalangan yang menganggap seorang wanita yang mengenakan hijab syar'i itu terkesan 'culun' malahan tidak jarang pula ada yang menertawai. 

Beginilah, bila ingin melakukan sesuatu yang baik maka ujiannya akan jauh lebih besar daripada harus mengikuti ke mana arus itu berada. Mengenakan hijab tanpa embel model-model ini itu, pakaian yang longgar, tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, mengenakan rok lebar--masih saja dianggap sebagai sesuatu yang 'kampunga' atau ketinggalan zaman. Bukankah di Al-Qur'an sudah jelas tata cara hijab yang sesuai dengan yang Allah sampaikan? Lalu, mengapa masih saja ada yang mencemooh?
Dulu, awal mengenakan jilbab di kelas dua SMA hingga semester awal kuliah, saya memang tergolong orang yang cuek, jarang pakai rok, dan jilbab pun masih belum memenuhi perintah Allah. Namun, sejak bergabung di rohis, berusaha mempelajari Al-Qur'an sedikit demi sedikit, akhirnya cara berpakaian dan berjilbab saya ubah total. Yang tadinya pakai jeans, celana pensil dan denim ketat, saya mulai beralih menyingkirkan semua itu dan saya ganti dengan rok. Jilbab yang transparan mulai saya dobel begitu juga dengan baju saya sedikit demi sedikit mengenakan gamis, mengenakan kaus kaki dan atribut pendukung lain. Sesederhana itu tapi terus terang membuat saya sangat nyaman bila dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Namun ternyata, saya betul-betul tidak mengerti cara pandang sebagian orang di luar sana. Mau saya berpakaian seperti mama Dedeh pun masih banyak pula menuai ocehan di kalangan mereka. Tapi, setelah dipikir-pikir, untuk apa juga menanggapi ocehan orang lain. Kalau memang tidak ada yang salah, kenapa saya harus malu atau mengatai diri saya seperti yang dikatakan oleh orang lain? Ya, saya tidak butuh penilaian dari orang lain. Lebih baik saya dianggap culun di mata manusia daripada di mata Allah.

Ya sudahlah ya, terserah apa kata orang, kata DUO MAIA, "MEMANG ANA PIKIRIN?!" :D hehehe....
Daripada memedulikan komentar orang yang tidak jelas asal-usul dan hukumnya, lebih baik terus berjalan di jalan yang sudah Allah titipkan di hadapan kita. Tetap bersabar karena jalan menuju surga itu sangat... sangat sulit. Bismillah, semoga kita bisa tetap istiqomah, aamiin...

32 comments:

  1. gak juga, emang awalnya ada aja yg nganggep gitu, tapi istri sy pun happi dg pilihannya dg berjilbab besar, sampe di bawah dada, gak milih berjilbab gaul, gak syar'i, terlalu bersolek. semoga banyak yg sadar dan paham akan pilihannya berjlbab

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap aamiin... semoga ya

      wah alhamdulillah kalo istri bapak masih istiqomah, semoga seterusnya demikian ya^^

      Delete
  2. hAHAHA.. Ga culun kok, malah lebih anggun, daripada yang lilit sana sini, punuk onta sana-sini(astaghfirullah, lindungilah hamba-Mu ini ya Allah)leher keliahatn dsb, Naudzubilahi min dzalik. Semoga dijauhkan. Semoga Allah ijinkan kita senantiasa istiqomah mengenakan yg seperti sekarang ini, Aamiin... Semoga Allah jaga, Allah lindungi, Aamiin Aamiin Aamiin....

    ReplyDelete
  3. aamiin, iiiiih aya baru nongol pasti lagi sibuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. Haahhhaaa, 1. kemaren2 itu tiap hari pagi sampe sore di kamps terusss, ga bisa nulis, ga bisa ngisi blog, hanya bisa tertidur kelelahan... doakan aya yaaa...

      Delete
    2. my praying always be with u,,, syukurlah udah hampir selesai urusan aya, tinggal menunggu aya ngeposting pake kebaya dan toga nih ^^

      Delete
    3. Makasiiih ya Emma, makasiiiih banyak.. Doakan yaa hasilnya baik dan seperti yang Aya harapkan --bahkan sampe menjelang sidang pun masih saja deg2an dan beragam rasa menghampiri, tapi Aya hanya berdoa dan berusha semoga hasilnya sebaik yang Aya harapkan, biar biasa berbagi kabar bahagia, teruntuk kedua orgtua terlebih, aamiin aamiin aamiin

      Delete
  4. sepakat ukhty...!! emang siapa yg memerintahkan perempuan u/ berhijab? tentu Allah Subhanahu wa ta'alla. Jadi Allah yg berhak menilai amalan seseorang dn Allah telah menetapkan syaratnya. Sayang skali muslimah skrg hanya mengikuti tren dn bukan atas dasar ilmu, sehingga memakai jilbab tidak sesuai dgn syarat2 yg ditetapkan oleh Allah. pdhl 1 syarat sj yg tdk d penuhi, bisa jadi Allah tdk mnerima amalan qt. logikanya, kalo mau daftr krj, tentunya syarat yg d ajukan hrs dipenuhi smua sblm bsa d trima. Semoga qt ttap brada dlm lindungan hidayah Allah Subhanahu wa ta'ala..
    salam kenal emha... (dari alumni smansha '08) tp qt nd skelas dlu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, namun semua itu dikembalikan ke Allah saja sebb Dia yg bisa menilai baik buruk dan syar'i ato tidaknya
      yg penting niat berhijabny pure karena Allah :))
      waaah ini rosmaida bukan yaa???? :D

      Delete
    2. Hehe... tebakannya salah. ini dari teman sklasnya fitri (teman SMP ta), dlu sy kls IA 5. sempat ji dlu qt knalan. masih ingat sm saya (rahma/amma)?

      Delete
    3. aaaaaaaaaa.... amma????? apa kabar? duh maaf klo salah habisnyaaa nda kutahu... hehe
      iya masih ingat ^^ i miss youuuuuu ^^

      Delete
  5. kak' bleh nanya nga ?
    kira2 gmna cara brhijab yg baik mnurut islam, soalnya sya bru mmulai untuk brhijab, jdi blum tau sma skli tentang hijab syar'i ??
    mohon djwab yah kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya sudah berkunjung ke sini ^^.
      hijab syar'i atau yg sesuai dgn ketentuan syariat Islam itu dgn ciri-ciri:
      -menutupi aurat kecuali muka dan kedua telapak tangan
      -jilbab longgar dan panjang menjuntai ke dada
      -tidak menampakkan bentuk tubuh, bajunya lebih longgar, usahakan menggunakan rok panjang yg lebar, karena kalo pake jeans itu masih membentuk lekuk tubuh dan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan (ini sudah saya alami waktu masih pake jeans dulu, memang tidak sehat, dan sebaiknya dihindari karena pengaruh ke rahim ntar)
      -tidak tembus pandang/transparan
      -tidak memakai riasan ato make up yg tebal seperti bertabarruj ala orang2 kafir jahiliyah
      -plus memakai kaus kaki ya karena kaki juga aurat
      -tidak ketat

      insyaallah, ilmu syar'i itu diturunkan oleh Allah kepada para rasul-Nya berupa keterangan dan petunjuk , itu semua sudah ada kok dalam Alquran surah Al-Ahzab : 59 dan An-Nuur: 30-31.

      sekarang mmg byk sekali mode jilbab tapi tidak semua itu aman utk kesehatan dan sesuai syar'i

      semoga nyaman dan istiqamah ya berjilbabnya :)

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah...saya menemukan banyak sekali referensi dan petunjuk tentang bagaimana berjilbab Syar'i....semoga saya tetap istiqomah dan terus belajar...skrg sdg berusaha meninggalkan celana dan beralih ke rok atau gamis...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @geefan: alhamdulillah ^_^ aamiin, semoga istiqomah ya Ukhti oh ya salam kenal dan terima kasih udah mampir ke sini

      Delete
  8. Salam ukhuwah buat ukhti yanuarti,,aku Ĵчğå baru 2 th terakhir memutuskan u/ berhijab syar'I dan baru totaly menutup kaki baru 2 bln ini,,ujian keimanan mampir saat aku mulai menutup kaki 1 bln kemudian,,tapi Demi اَللّه aku merasa nyaman dan tenang dgn keadaan seperti ini walaupun cercaan terkadang dtng tampa di duga seperti celoteh jilbabnya lebar seperti kelelawar atau seperti istri'y teroris,,duh rasa'y sakit hati ini tapi aku berusaha think positive aja, aku cuma bergumam dlm hati bhwa mereka tidak lebih dari ơrαπƍ" Чªʼnğ bodoh dlm hal agama sehingga dng kebodohan mereka, mereka mngolok" ayat" اَللّه...niatkan semua karna اَللّه اِنْ شَآءَ اللَّهُ akan ada jalan menuju kebenaran...amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam ukhuwah juga Mbak Alia makasih udah mampir

      hehehe cuekin aja, orang mengoceh, anjing berlalu (eh #ngawur hehe)

      aamiin, insyaallah, semoga kita semua diberi keistiqomahan oleh Allah ^^

      Delete
    2. Assalamu'alaikum ukhti... saya izin share ya :)

      Delete
  9. Salam smngt Ўǻ̀ǻ̀ ukhti , sabar yaa ukh , ukhti bnr buat ttp istiqomah it brat bgt tp klo kita brusaha brsbar insya اَللّهُ , kitta akn ttp brsma-Nya ...pngalaman ana lbh skit d bnding Ɣğ ukhti critaiin , ana d trtwa'in trs khimarii ϑî tarik2 , tapii gpp .. Untungny ana msh pny sodara s'iman kya' antum ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dan salam semangat juga ukh Khatami... namanya cantik, islami banget hehe :)

      iyaaa insyaallah ukh.

      masyaallah, sampai segitunya kah, ukh? -_- keterlaluan... semoga aja mereka bs dapat hidayah jg ya ukh.

      :) keep smile ukhti...!!!

      Delete
  10. salam kenal ukhti :)
    izin share ya :)

    ReplyDelete
  11. dalam alquran jilbab itu seperti gamis kak. bukan memakai rok ataupun memakai potongan sperti baju dan rok. gamis kan dia lurus aja samapi ke mata kaki. menurut kakak gimna itu? jadi kita ga boleh memakai rok juga doooooong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang kalo liat di tafsir ada ulama yg mengartikan gamis lurus panjang dari atas sampe bawah.

      tapi ya bukan berarti ga boleh pake atasan sama rok, cuman kalo bisa yang lebih longgar, wallahu'alam sih.. soalnya aku jg kalo kerja pake atasan sama rok dan di luar itu baru pake gamis kadang2

      Delete
  12. Ya ukhti.. Semoga kita semua di-istiqomahkan dan diberi kesabaran.. Surga itu memang mahal ukhti.. Saya sendiri saat ini sedang down krn cacian dari org yg paling saya hormati dan sayangi akibat mengenakan hijab syar'I dan menjadi full time mom demi mentaati syariat.. Semogaa Allah membuka hati beliau.. Untuk taat pun perlu kesabaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah ukh tetep sabar karena istiqamah it juga sebuah ujian ukh hehe g gmpng utk memperolehnya. :) semoga kuat ya dalam segala cobaan dar-Nya

      Delete
  13. Salam kenal Admin..
    Artikel ini sangat bermanfaat bagi kami.
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi ya jualan saya kaos kaki muslimah klo ada yang mau silakan berkunjung :) moga makin banyak penunjung blognya dan makin bagus lagi artikelnya :)

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.