Wednesday, November 1, 2017

KENAPA NULIS TENTANG PSIKOLOGI?



Sering banget saya dapat email yang isinya nanyain tentang kuliah di fakultas psikologi itu kayak gimana, atau kalimat pujian something yang bagi saya, saya masih jauh belum apa-apa dibanding pujian yang mereka haturkan. Tapi, makasih ya buat semua pembaca yang udah sering mampir ke sini.

Kenapa sih kok saya bikin blog yang isinya banyakan postingan tentang psikologi? Kenapa gak ikutin blog lain yang isinya tentang printilan make up atau product review? Apakah awalnya bikin blog itu emang buat personal branding di bidang psikologi? Nyaman gak sih nulis yang bertema psikologi? Apa gak pusing tuh kudu nyari bahan tulisan dulu? Kudu baca jurnal dulu ya baru nulis?

Hmm... mungkin banyak yang sepintas nanya kayak gitu. Tapi, bentar ya, saya jelasin dulu. Awal saya ngeblog itu tahun 2011 kalo gak salah. Pada waktu itu, saya masih kuliah semester 8 dan masih magang di UPT BK kampus. Karena gak setiap hari dapat job, maka waktu luangnya justru lebih banyak dan itu kadang bikin saya cepet bosan. Terus, kepikiranlah buat bikin blog. Dulu pas ikut program aplinet dari kampus sih udah dapat tugas disuruh bikin blog cuman saya udah lupa passwordnya karena saat itu saya pake platform wordpress.com. Kemudian, saya akhirnya bikin lagi pake Blogspot karena menurut saya platform ini lebih simpel menunya dan enak aja gitu (bagi saya aja sih).

Awal-awal postingannya isinya tentang hal-hal yang bertema Islami. Ternyata postingan itu mendapat banyak view di luar dugaan. Tapi, makin lama, saya makin gak nyaman. Toh, simpel aja, saya juga bukan ahli agama. Kalo saya sok-sok an nulis tentang agama, pertanggungjawabannya nanti juga besar. Kalopun pernah saya nulis buku yang pake basic pengetahuan agama, itu karena saya tertarik untuk ngupas dari sudut pandang agama dan emang pas aja momennya.

Tapi, habis itu saya udah hapus sih beberapa postingan yang banyak pengunjungnya itu? Kenapa dihapus? Soalnya ada banyak komen pertanyaan juga dan saya gak expert jadi daripada salah jawab, lebih baik saya hapus. Hahaha flight mode on wkwkwk. Gak sih, beneran takut aja kalo salah jawab. Kan maluuu. 

Lambat laun, saya jenuh. Saya mulai memperbarui isinya dengan postingan curhat pribadi. Yah... isinya kisah saya selama (masih) berprofesi sebagai Dosen LB dulu. Saya juga mulai merampungkan tiga draft buku lama saya sebelum pindah ke Malang.

Makin hari, saya makin bosan dengan isi postingan yang itu-itu aja. Akhirnya kepikiranlah, kenapa gak posting hal-hal yang berhubungan dengan mata kuliah psikologi aja ya? Lagipula itu sih pikir saya, bisa lebih enjoyable karena selain nulis, saya bisa sekalian berbagi ilmu.

Yap, saya eksekusilah harapan itu. Jadilah, satu per satu postingan bernada nyikologis mulai publish. Dikit-dikit kalo ada cerita yang saya dapat dulu pas kuliah S1, saya tulis. Nah, pas saya mutusin lanjut kuliah profesi, maka makin banyaklah bahan yang bisa saya tulis berhubung rata-rata di kelas, kami gak cuman dapat materi tapi juga cerita-cerita yang bersinggungan dengan daily living namun masih nyikologis juga. Belum lagi, makin banyak email yang saya dapat dari temen-temen yang udah diam-diam mampir ke blog ini. Makin antusiaslah saya untuk menulis topik-topik psikologi sebanyak yang saya mampu.

Kalo ada yang nanya, apakah saya kudu buka jurnal dulu, kudu survei dulu, kudu belajar dulu sebelum nulis? Jujur aja, saya orang yang kalo lagi bosan itu suka banget buka-buka internet, baca artikel di berbagai situs. Gak jarang, saya juga baca artikel semi jurnal di beberapa situs internasional. Ternyata ada banyak penelitian baru yang menurut saya itu akan sangat bermanfaat bila saya mau bagi di sini dan saya tulis ulang versi bahasa saya. Banyaaak banget dan sayang kalo gak dibagi.

Saya juga gak merasa terbebani dengan tulisan yang saya posting karena saya memang orang yang suka belajar hal-hal baru. Tiap ada event/peristiwa atau artikela menarik berbau psikologi yang saya alami, baca atau dengar, saya langsung draft ke blog. Alhamdulillah kalo banyak yang tertarik baca. Tapi gak jarang juga sih mungkin ada yang malas baca karena kadang saya juga nulis hal-hal yang isinya tuh hasil-hasil penelitian.

Trus soal personal branding, saya pribadi awalnya mikir pengennya sih gitu. Mumpung mungkin gak banyak blogger yang mau rajin posting hal-hal berkaitan dengan keilmuan psikologi. Kalopun ada, mungkin bahasanya copast jadi agak berat dibaca. Awalnya. Tapi lama-lama, ngalir aja sih. Kalo saya on demand kayak gitu, mungkin saya gak bakal bisa dan mau nulis dari dulu. Soalnya kalo personal branding, buat saya itu kalimat yang berat untuk saya cerna. Berat karena ada tanggung jawab profesional yang mungkin kudu diemban. Harus merhatiin syarat ini itu segala macam. Bagi saya, udah ah, gak usah gitu-gitu, biar ngalir aja. Kalopun ada yang sebut saya kayak gitu alhamdulillah. Kalopun akhirnya saya tulis tagline blog ini sebagai blog psikologi atau blogger psikologi, anggap aja buat lucu-lucuan. Seru aja gitu, hehehe...


Kalo saya boleh kasih saran nih, kalo mau nulis ya nulis aja. Jangan menulis sesuatu yang membuat kita merasa terbebani atau at least gak bener-bener paham tentang itu. Perkara nulisnya mau pake survei dulu, baca jurnal dulu, atau jungkir balik dulu, ya gak masalah. Yang terpenting kita happy dan menikmati apa yang kita tulis. Semua orang punya style dan metode nulis yang beda-beda. Gak bisa dipukul rata kudu dan mesti sama. Kalo saya pribadi untuk tulisan bertajuk psikologi memang ada yang saya sertakan dengan hasil penelitian, ada yang saya cantumkan sumbernya dan ada yang gak saya cantumin namun saya sertakan nama penelitinya siapa (jadi pembaca bisa cari sendiri pake keyword nama itu di google supaya jari-jarinya dan pikirannya terlatih untuk curious wkwk), ada yang merupakan review dari artikel yang udah saya baca dan ada juga yang berasal dari obrolan sehari-hari yang masih berkaitan dengan fenomena psikologi.

Okke, sekian dulu ya. Semoga hari ini dilancarkan segala urusan kita, amin...

No comments:

Post a Comment

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.