Thursday, March 11, 2021

PENGALAMAN TES CPNS KEMENKES 2019-FORMASI PSIKOLOG KLINIS

 Malang, Kamis, 11 Maret 2021

“You need to spend time crawling alone through shadows to truly appreciate what it is to stand in the sun.” ― Shaun Hick



Assalamualaikum....Haloo.. Sudah lama banget nggak berbagi curhatan di blog ini.  Ada kabar apa ya di tahun 2021 ini?


Sudah setahun lebih nggak ngeblog, vocab saya jadi kurang kaya nih. Anw, Alhamdulillah per Desember 2020 lalu, saya lulus CPNS 2019 di Kementerian Kesehatan dan per Januari 2021 saya ditempatkan di Satker RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Saya juga nggak menyangka bisa lulus tes CPNS dan di usia saya di pengujung 30 tahun 2020 lalu (tahun ini mah udah 31 tahun per Januari lalu wkwk). Gimana siiih kok bisa lulus CPNS?


Oke, jadi di postingan ini saya curhat tentang pengalaman aja ya. Saya beberapa waktu ini jarang banget baca-baca jurnal jadi nggak berbagi tulisan yang berbobot dulu yaa. Bukan malas sih cuma karena sekarang ini saya masih proses adaptasi dengan jam kerja dan jam pulang, jadi tiap pulang ke rumah tuh mata udah ngantuukkk maksimal. Actually sih memang karena perjalanan menuju ke tempat RSJ memang memakan waktu sekitar 35 menit setiap harinya jadi sudah cukup lelah di perjalanan.


Ohya, saya berterima kasih banget bagi siapapun teman-teman yang sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan ringan di blog saya ini. Beberapa hari lalu juga ada yang notice kok saya jarang bangeeet update di blog. Heheh..makasih ya atas atensinya. I appreciate it.


Baiklah, sekarang saya mulai cerita aja ya. Jadi, sejak resign dari tempat kerja yang lama, saya memang gencar ikut tes CPNS lagi di tahun 2019 lalu. Sebelumnya, saya minta petunjuk sama Allah, apakah saya perlu lamar formasi dosen lagi ataukah ini saatnya saya mencoba jalur fokus pada formasi sebagai praktisi sesuai profesi saya yaitu Psikolog Klinis? Setelah melalui perenungan dan berbagai pertimbangan berdasarkan sejumlah pengalaman (baik maupun kurang baik) selama mendaftar sebagai dosen di berbagai Universitas, saya pun memutuskan untuk mencoba memasukkan lamaran pada formasi Psikolog Klinis. Alhamdulillah pun saya sudah memiliki STR-PK (Surat Tanda Registrasi-Psikolog Klinis) seperti yang dipersyaratkan jadi saya punya kesempatan besar untuk memasukkan berkas lamaran pada posisi tersebut.


Saat itu saya mendapatkan notif dari salah seorang teman baik semasa kuliah S1 yang saat ini bekerja di RS Hermina di Malang. Dia, memberikan saya notif berupa link dan lampiran pengumuman pembukaan CPNS Kemenkes 2019. Saya lihat di situ ada dibutuhkan Psikolog Klinis untuk ditempatkan di tiap Rumah Sakit yang berada di bawah Kemenkes. Saya awalnya sempat berpikir, ini kok cuma 1 orang ya yang dibutuhkan? Cukup berat juga persaingannya jika demikian. Lalu saya telusuri lebih jauh informasi terkait RS mana saja penempatannya. Saya pun mulai menganalisa dan menimbang. Setelah berdebat dan kontemplasi panjang bersama pikiran saya sendiri, akhirnya saya putuskan untuk FIX OKE saya masukkan berkas lamaran untuk formasi PSIKOLOG KLINIS di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Malang. Pertimbangan saya adalah pertama: lagi-lagi soal biaya. Di tahun 2020 sejak covid menghadang, saya sudah tidak berpraktek secara mandiri, penghasilan saya hanya berasal dari nebeng rentalin motor saya kepada adek saya dan alhamdulillah cukup lah untuk sehari-hari dan untuk ditabung sebagai dana darurat aja ketika dibutuhkan sewaktu-waktu. Jadi, saya nggak mungkin memaksakan diri untuk memilih formasi di RS di luar Malang dan praktisnya, kalo ada di Malang ya kenapa nggak dicoba aja dulu kan daripada langsung jauh? Jujur, saya nggak pengen merepotkan ortu dengan meminta uang ngekos harus bolak-balik untuk melamar pekerjaan sementara saya hanya punya pegangan uang yang tidak banyak. Ya. Saya memang orang yang terbilang realistis kalo sudah menyangkut uang. Kalo nggak atau memang lagi ngirit ya kenapa harus dipaksakan. Daripada ujung-ujungnya saya minta lagi dengan kondisi ortu yang saat ini memang penghasilan bertumpu pada rental motor, ya saya pikir saya akan tampak mendzolimi keluarga saya kalo sampai memberatkan mereka hanya untuk kepentingan diri sendiri.


Pertimbangan kedua: tentang persaingannya. Saya memilih formasi Umum dan syukurnya di RSJ Lawang adanya ya formasi Umum. Saya mulai memprediksi bahwa sepertinya persaingan di Malang tidak akan se-ketat (banget) di RS Jogja, Bandung apalagi Jakarta. Secara ya kan, saya tahu banget lulusan sana tuh jago-jago banget. Jadi, keputusan memilih RSJ Lawang insyaAllah saat itu (dan juga sekarang) adalah keputusan tepat yang juga berasal dari petunjuk Allah. Saat beberapa minggu setelah memasukkan berkas administrasi tahap awal, saya melihat siapa aja sih yang memasukkan lamaran ke RSJ Lawang? Ya, sesuai prediksi saya, wkwk.. nggak ada maksud menerawang cuma kadang intuisi nggak salah juga sih. Pendaftar khususnya di formasi PSIKOLOG KLINIS yang memilih RSJ RW ada 6 orang termasuk saya dan salah satunya ada teman sekuliah saya di kampus. Lainnya saya nggak kenal sih walau sesama profesi.


Pemberkasan administrasi tahap awal waktu itu, saya memang hectic wira-wiri ke sana kemari. Saya maksimalkan ikhtiar dan nggak putus untuk tetap rutin sholat sunnah (gak hanya sholat wajib) setiap hari seperti biasanya (memang dari sejak kuliah udah terbiasa) dan saya juga mencoba merutinkan sedekah dan mengencangkan faktor lainnya. Sebelum tahap administrasi awal dibuka pun, saya sudah sejak 2019 pertengahan rajin mendownload materi di internet dan belajar setiap harinya. Ya belajar TIU, TWK dan TKP. Pun hingga masuk tahun 2020, saya tetap belajar sambil menunggu tahap selanjutnya yaitu tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Saya sudah 2 kali ikut tes CPNS sejak 2017 dan 2018 dan paham saya gugurnya di TIU, saya pun getol belajar maksimal di TIU sampai rajin ikut tryout gratis maupun berbayar.


Alhamdulillah Allah berikan jalan. Saya pun mulai SKD di awal tahun 2020, saya lupa Januari atau Februari ya wkwk... Saat itu SKD berlangsung di Bapelkes Surabaya. Saya diantar oleh Bapak, Mama dan adek saya yang cewek (adek yang cowok di rumah ngurus rentalan). Saat di perjalanan menuju Surabaya karena Bapak dan kami semua nggak paham jalan di Surabaya ya akhirnya ngandelin Maps, ndilalah sempat kena tilang di lampu merah Darmo apa di mana ya itu. Lalu, saya tambahin uang Bapak (kami bagi dua) buat bayar tilang karena ya saya juga ikut salah sih soalnya saya baca Maps tapi ga ngeh soal lampu merahnya itu yang ternyata salah lampu merah (harusnya nggak ikuti lampu merah yang satunya malah ngikuti eehhh ya ditilang deeeh karena dikira menerobos). Lalu, kata Mama dan Bapak, nggak papa ditilang, diikhlaskan wes, semoga nanti berkahnya Emma bisa lulus, Aamiiin.. Saya pun terharu sambil mengaminkan.


Singkat cerita udah sampai di Bapelkes Surabaya, udah detik-detik mau masuk ke ruangan tes, saya berusaha tenang dan udah berdoa. Lalu setelah klik mulai soal, saya pengen bersujud banget, Oh Allah, ini soal TIUnya kebanyakan mampu saya kerjakan dan saya yakin saya pilih jawaban yang benar. Entah kenapa rasanya mudah aja gitu. Setelah selesai ngerjain semua, saya  udah feeling sih TWKnya ada yang salah jawab tadi, trus pas udah logout dari CAT, dan nilai saya... Waah, Alhamdulillah banget. Ini bagi saya sih dan saya nggak mau membandingkan dengan orang lain tapi saya bandingkan dengan nilai di tes SKD CPNS tahun-tahun sebelumnya, mulai ada peningkatan. TIU dari yang nggak passing grade mulu di tahun-tahun sebelumnya selalu dapat 60, finallya SKD 2019 ini TIU bisa dapat 115 (ini pencapaian banget bagi saya yang merasa sering gagal di tes Matematika). Nggak rugi deh udah belajar hampir setahun sebelum tes jadi membuahkan hasil. Mama dan Bapak bersyukur dan ikut senang mendengar nilai saya sudah lumayan.


Setelah itu, ada jeda menuju ke SKB. SKBnya waktu itu masih sama di Bapelkes Surabaya juga tapi yang tadinya mau digelar bulan Maret namun pandemi menghadang jadi molor sampai bulan Oktober. Ya nggak sih? CMIIW yaa duh kalo soal tanggalan ini nih agak lupa udah. Nah selama proses menanti jadwal SKB saya pun belajar materi kesehatan umum maupun materi psikologi sesuai profesi saya, itu saya lakukan setiap hari. Saya selalu sempatkan belajar setiap harinya walau hanya dua atau tiga jam gitu. Kalo udah, ya saya ulang lagi dari awal.

Saya berangkat SKB kali itu naik bus sendiri menuju Surabaya. Vibesnya beda aja sih karena lagi pandemi jadi Bapelkes tu tampak sepi karena memang jumlah peserta juga dibatasi. Sampai di sana saya di-tes rapid dong pakai ECLIA aja sih, trus hasilnya non-reaktif deh kayaknya. Lalu masuk ke ruangan. Saya sempat nggreges masuk angin ditambah duduk tepat di sebelah kanan saya tuh terpampang kipas angin besaaaar yaa jadi saya ngerjain soal waktu itu tuh sambil keringat dingin. Namun, dengan modal bismillah gaspool deh. Apapun hasilnya saya sudah pasrahkan ke Allah. Kalo memang takdirnya lulus pasti akan lulus kok, kalo sebaliknya ya udah berarti belum rejeki. Saya mikirnya praktis gitu aja sih daripada overthinking lagi.


Usai logout dari sistem CAT SKB, saya lihat skor saya lumayan sisa berdoa aja deh. Nah, waktu pengumuman kelulusan SKD itu tuh, dari 6 orang yang daftar hanya 2 orang yang lolos di tes SKD-nya termasuk saya. Saya ada di peringkat pertama juga nggak nyangka banget dan selisih skor dengan peserta di bawah saya alhamdulillah masih lumayan jauh jadi masih ada kesempatan.


Ohya, karena pandemi, jadi tes EBA (Executive Brain Assessment---saya juga kurang tahu sih model tes EBA itu seperti apa karena baru pertama ini mencoba formasi di Kemenkes) dalam SKBnya ditiadakan, jadi cuman SKB CAT dan Penelusuran Rekam Jejak aja. Rekam Jejak itu mayan sih kalo misal ada pengalaman kerja di pemerintahan di bawah lingkup Kemenkes sebelumnya bisa dapat skor 20%. Tapi saya nggak pernah kerja di lingkup Kemenkes jadi otomatis Rekam Jejak saya skornya 0. Nah, di situlah saya kencengin doa semoga aja siih tes kali ini benar-benar fair, dan kami berdua nggak ada Rekam Jejak wkwk. Eeeeh.. Setelah pengumuman kelulusan di November 2020 lalu, alhamdulillah saya tetap stay di peringkat pertama. Nggak nyangka, speechless, sujud syukur dan wah banget rasanya bisa membuktikan ke diri sendiri bahwa saya MAMPU, saya ternyata BISA LOH ASAL SAYA MAU RAJIN BELAJAR DAN NGGAK PUTUS ASA.


Intermezzo sedikit ya, jadi melamar formasi di tes CPNS itu dulu bukan cita-cita saya, tapi ternyata Allah memberikan saya rejeki di CPNS 2019 ini. Pun, saya pernah kok ngerasa down karena merasa sebagai pengangguran yang nggak ada penghasilan pasti tiap bulannya, harus kerja serabutan terus, disuruh resign di tempat kerja sebelumnya dan udah dapat pengalaman semacam tidak dihargai oleh orang lain. Jadi, saya yakin pilihan dan jawaban Allah atas usaha kita itu pasti datang tepat waktu. Iya, waktunya tu tepat banget. Jadi uang simpanan darurat yang waktu itu saya kumpulkan saya pakai untuk CPNS ini buat biaya ngeprint bolak-balik, bensin ke sana kemari, akomodasi tes, jajan, dan kebutuhan harian kok juga pas habis banget sejak udah diterima CPNS hehe. Saya mikirnya mungkin sudah ada ganti yang lebih baik setelah ini. Sure, it comes true.


Per Januari 2021 lalu, saya udah resmi mulai dinas di RSJ Lawang. Saya ditempatkan sesuai SK di Instalasi Rehabilitasi. Posisi saya Psikolog Klinis Ahli Pertama dengan golongan III/b. Tugasnya notabene sih berhubungan dengan pasien psikotik rawat inap. Beda dengan psikolog yang ada di Poli Klinik Psikologi di bagian depan yang berhubungan dengan pasien rawat jalan. Even gak bertugas di Poli, saya merasa bahagia banget bisa ditempatkan di Inst.Rehabilitasi karena ada banyaaak hal yang bisa saya pelajari. Allah pun lagi-lagi Maha Baik, saya diberi kesempatan untuk mengisi struktur organisasi Inst.Rehabilitas nggak hanya sebagai psikolog klinis tetapi juga sebagai Ketua Tim Litbang Rehab. Bismillah semoga bisa amanah sampai akhir hayat dan akhir pengabdian kelak. 


Ohya sekarang ini per 18 Maret 2021 saya udah mulai mengikut LATSAR via blended learning jadi diawali dengan via daring dulu. Mohon doanya yaa, semoga semua lancar dan saya serta teman-teman seperjuangan lainnya bisa lulus dengan hasil sangat memuaskan pada latsar ini. Mohon doanya juga semoga bisa amanah dalam mengemban tugas sebagai Abdi Negara, dan doain juga yaa semoga setiap tahun bisa ngumpulin SKP/PAK sesuai target hehe. 


Semangat yaa buat teman-teman yang juga pengen mencoba berjuang di jalur CPNS. Nggak ada salahnya dicoba kok. Jauhi berita-berita hoax soal sogok-menyogok, itu mah hoax banget. Kalian pasti paham gimana perjuangan menuju ASN, jangan minta selalu dimudahkan namun kita ikhtiarnya sambil meminta untuk DIMAMPUKAN MENGHADAPI SETIAP PROSESnya.


Aamiiin..Aamiiin.



Best Regard,


Yanuarty Paresma Wahyuningsih

5 comments:

  1. thank you sharingnya ka. kalau boleh tau pakai buku apa belajarnya?

    ReplyDelete
  2. thank you sharingnya ka. kalau boleh tahu buku yg digunakan untuk belajar apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belajarnya hanya pakai berbagai latihan soal yang ada di google mbak, sama ikut2 tryout berbayar di akun akun informasi CPNS yang ada di IG

      Delete
  3. belajar skb nya pakai apa kak, saya lgi bljr skb tp masih binggung harus bljr dri mana

    ReplyDelete

Makasih banget ya udah mau baca-baca di blog ini. Jangan sungkan untuk tinggalin komentar. Senang bila mau diskusi bareng di sini. Bila ingin share tulisan ini, tolong sertakan link ya. Yuk sama-sama belajar untuk gak plagiasi.